Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Ada Banyak Janji Literasi yang Harus Kupenuhi

Ada Banyak Janji Literasi yang Harus Kupenuhi

Gurusiana merupakan rumah besar para guru yang dalam kurun waktu setahun ini telah menjadi tempatku berbagi cerita, bertukar informasi dan pengalaman, serta tempatku menimba ilmu dari para guru VIP seantero negeri.

Gelombang literasi yang kudapat di rumah besar ini, bersemoga dapat menghidupkan geliat literasi di dalam dada. Jejak langkah yang mereka hentakkan dalam membumikan literasi di bumi pertiwi ini, dapat pula kiranya kuikuti.

Sungguh tak layak bagiku jika aku datang dan pergi sesukaku, meski tak ada aturan yang tertulis di gurusiana akan hal itu. Namun, nama yang kusandang sebagai seorang guru mengharuskanku untuk menjunjung tinggi tata etika di dalam rumah besar ini.

Tak ada maksud ataupun keinginan untuk datang dan pergi sesuka hati. Namun, kesemuanya lebih kepada rasa yang ada di dalam hati. Kupikir, apalah artinya diri ini di tengah rumah besar berpenghuni guru VIP yang penuh prestasi.

Bukan tak ingin aku mengabarkan keadaan diri ini, namun sudut hati terdalam selalu berharap keadaan ini tak kan berlangsung lama. Pun, karena aku juga takut akan kebosanan yang muncul karena para gurusianer hanya harus membaca keluh kesahku saja.

Memenuhi janji literasi meskipun janji itu hanya terucap di dalam hati, menjadi kewajiban yang harus kutunaikan. Berat rasanya pundak ini jika janji itu tiada bisa kupenuhi satu per satu. Ada banyak cerita yang sudah kuukir di gurusiana. Cerita itu harus bisa kurajut satu demi satu sebagai salah satu cara untuk penuhi janji.

Sepekan lebih satu hari kuberdiam diri, mengumpulkan banyak energi untuk tunaikan janji. Sungguh melemah diri ini sejak kecelakaan yang menimpa meski telah lima purnama terlampaui.

Ada rasa sungkan yang muncul di hati ketika tukang urut selalu mengingatkan pembengkakan yang berulangkali terjadi, agar diriku tidak lelah lahir dan batin. Di tengah kewajibanku harus tuntaskan materi pelajaran yang tertinggal, tidak lelah lahir batin, bagaimana mungkin ?

Alhamdulillah, meski energi ini benar-benar terasa habis yang kemudian memunculkan gigil tiada henti ditambah hipotensi namun semester ganjil telah kulampaui dengan bahagia yang tertinggal di hati.

Tak ada pilihan terbaik kecuali memanjakan diri ini. Aku pun tak ingin zholim pada diriku sendiri. Delapan hari, kupikir cukup sudah memasok energi untuk bisa tunaikan janji.

Bismillahirrohmaanirohiim, semester genap segera dimulai esok hari. Aku harus pandai berbagi energi pada setiap lini. Agar satu per satu janji pun bisa kupenuhi. Sehingga tak akan ada lagi beban berat yang menggayuti.

Wallahu a’lam bishowab.

Tulisan ini pun sebagai ucapan terimakasih tak terhingga untuk doa tulus teman-teman gurusianer yang tidak bisa kusebutkan satu persatu namanya. Jazakumullah khoiron katsiro, saudaraku.

#edisipenuhijanji#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 7 Januari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bunda, terpenting adalah kesehatan bunda. Semoga lekas sembuh, janji literasi sejalan saja. Saat bunda tidak hadir dirumah besar gurusiana, kami merasakan rindu yang begitu sangat, mengharapkan kehadiran bunda seolah kehilangan saudara di rumah besar gurusiana. Semoga Allah berikan kesabaran dan kesehatan sehingga bunda bisa vit kembali.

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakallah khoir untuk dukungan dan doa dari Pak Guru. Semoga Pak Guru juga sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan

Aamiin ya Allah

07 Jan

Alhamdulillah, sudah membagikan tulisannya lagi bu Hajjah, semoga selalu sehat dan terus berkarya

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakallah khoir, Pak Haji. Semoga sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan

Alhamdulillah...Bunda Rai telah kembali, doa tulus kami panjatkan Bund, sehat selalu, namun kita lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk diri kita. Jaga kesehatan jangan berlelah -lelah, dan tetap semangat Bunda. Maafkan kami yang sering usil, mengganggu istirahat Bunda. Ukur badan sendiri ya Bund , kesehatan tetap nomor satu...sehat terus Bunda...barakallah...

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir, bu guru. Berkat doa bu guru dan teman-teman insyaallah saya akan sehat selalu. Betul, bu guru. Kita harus bisa mengukur ketahanan tubuh kita sendiri. Semoga bu guru juga sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan

Alhamdulillah, Kak Rai sudah menulis lagi, akankah ini pertanda sudah mulai membaik? Semoga demikian. Memang senang melihat dan membaca tulisan Kak Rai yang selalu indah terangkai, namun lebih senang melihat Kak Rai sehat. Apalah artinya senang sesaat bila kenudian harus kembali berduka karena mendengar kondisi Kak Rai yang melemah. Biarlah janji itu belum terpenuhi sekarang, namun kesehatan terus membaik. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk dukungan dan doanya, deq. Insyaallah berkat doa dari deqquuu dan teman-teman, kakak akan sehat-sehat selalu. Semoga sehat dan sukses selalu, deq. Barakallah.

07 Jan

Alhamdulillah bunda Rai sudah berbagi lagi. Semoga segera pulih kaki bunda, sehat walafiat seperti sedia kala, sukses selalu. Terimakasih atas inspirasi nya.

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir, Bunda Rita. Semoga kita sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda Rita.

07 Jan

Alhamdulillah rangkaian kata yang indah sudah kembali...Serasa ada yang hilang namun kami tetap menunggu di sini. Memang sudah menjadi hak tubuh untuk beristirahat dan menyeimbangkan kembali ..Semoga dengan istirahat yang cukup, Bunda Rai akan memiliki energi kembali untuk menorehkan kata di rumah besar ini...Dan terbukti hari ini kerinduan itu terobati...Sehat selalu dan menginspirasi..Barakallah...

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir, Bunda Rini. Semoga kita semua sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

07 Jan

Alhamdulillahirobbilalamin...semoga kesehatan, keselamatan senantiasa dikaruniakan untuk, Bunda. Ya, Allah sembuhkan, sehatkan dan kuatkan kedua kaki Bunda Rai...

07 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alamiin. Jazakillah khoir, Bunda Fila. Semoga kita sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda Fila.

07 Jan

Alhamdulillah, mulai hari ini shalatnya tidak duduk di kursi lagi. Bersyukur kepada Allah berterima kepada semua sahabat-sahabatku.Barakallahu lakum

07 Jan
Balas

Alhamdulillahirobbil alaamiin. Semoga selalu bersyukur kepada Allah dan jazakumullah khoiron katsiro untuk semua sahabat tercinta. Jazakallah khoir, untuk mbah buya. Semoga sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali