Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
AHMAD SYAIHU SANG PENYEBAR VIRUS GILA MENULIS ( Jawaban Tantangan :

AHMAD SYAIHU SANG PENYEBAR VIRUS GILA MENULIS ( Jawaban Tantangan : "PAK GURU BERBAGI BUKU PADA GURUSIANER SEJATI"

Terus terang ketika Pak Guru mengunggah tantangannya di Gurusiana yang berjudul “PAK GURU BERBAGI BUKU PADA GURUSIANER SEJATI” untuk membuatkan judul buku berikut sinopsis dan outline dari tulisan beliau yang jumlahnya ratusan sangat berat rasanya. Sempat kukatakan pada Batman Teacher “Widayanti Rose” ini lebih berat dari menurunkan berat badan, sementara beliau sendiri merasa lebih berat dari rindunya Dilan…ciyeee.

Tantangan Pak Guru benar-benar menggoda iman (Widayanti Rose) dan aku pun sangat terganggu olehnya. Hari-hariku terasa berat, tidur tak nyenyak (banyak nyamuk), makan pun tak enak (gak ada lauk) hingga akhirnya kucoba juga menjawab tantangan Pak Guru. Satu judul yang kupilihkan (semoga berkenan) untuk tulisan beliau yang selalu cetar membahana : “ “AHMAD SYAIHU SANG PENYEBAR VIRUS GILA MENULIS”. Judul ini tentunya kupilihkan untuk artikel-artikel Pak Guru yang selalu menginspirasi dan menyemangati semua orang untuk menulis.

Julukan penyebar virus memang pantas disandingkan dengan namanya karena tulisan-tulisannya yang begitu banyak untuk mengingatkan orang lain agar menulis. Seakan tak pernah kehabisan ide. Kumulai saja dengan Tips yang beliau bagi di gurusiana tepat dimana ketika aku bergabung dengan gurusiana dalam tulisan beliau “CARA MENGGAPAI RESOLUSI DI TAHUN 2018”. Aku yang saat itu baru bergabung sangat merasakan support yang tiada henti dari Pak Guru IPS sekaligus Wakasek di MTsN 4 Surabaya ini. Seakan mengerti apa yang berkecamuk didalam pikiran para penulis pemula, beliaupun tidak pernah kehabisan ide menyemangati dan terus menularkan virus agar semua orang menjadi gila menulis seperti dirinya.

Bahkan menjelang aku menuliskan tantangan ini , tulisan beliau untuk menyemangati gurusianer dari sejak pagi sudah nangkring di 5 besar ;”MUDAHNYA MENULIS di GURUSIANA SIAPAPUN PASTI BISA”. Berikut beberapa tulisan beliau yang selalu membuat orang tertantang dan bangkit semangatnya untuk menulis. (Kukatakan beberapa karena tidak bisa kutulis semua. Jumlahnya buaanyaaak bingits ):

1. KUIS SUNGGUHAN BERHADIAH 17 BUKU BENERAN, tanggal 7 April 2018. Tulisan ini sebagai kelanjutan dari tantangan beliau pada tanggal 5 April. Disinilah letak kelihaian Pak Guru “mengompori” orang lain untuk tertarik dengan tantangannya. Termasuk diriku yang merasa “panas” karena namaku disebutkannya di situ.

2. SUDAH MENULISKAH ANDA HARI INI ? Tanggal 1 April 2018. Berisikan langkah-langkah yang harus disiapkan untuk menulis. Ada langkah yang beliau sarankan yang membuat kita tidak bisa mencari alasan untuk tidak menulis.

3. MEWUJUDKAN RESOLUSI DI BIDANG LITERASI TAHUN 2018, tanggal 29 Maret 2018. Meski buku ini berisi tentang tekat beliau untuk mewujudkan resolusinya di taahun 2018, namun ulasannya membuat kita berpikir untuk juga bisa menulis seperti beliau.

4. KEBEBASAN MENULIS DI GURUSIANA DAN MEDIA GURU , tanggal 28 Maret 2018. Dengan gayanya yang khas beliau kembali menyebarkan viru gila menulis dengan mengatakan bahwa banyak sekali hal-hal yang dapat kita jadikan ide untuk menulis. Tulisan ini memberikan contoh hal-hal yang dapat dijadikan ide untuk menulis. Ditutup dengan kalimat pembakar semangat :”Maka, masih nunggu apalagi , segera menulis”. (Nah…lo, siapa yang gak malu , teruslah tidak menulis…hehehe).

5. APA YANG ANDA TULIS HARI INI ?, tanggal 21 Maret 2018. Dalam tulisan ini beliau mengulas menfaat menulis bagi gurusianer. Ada 8 manfaat yang beliau sampaikan. Nah jika ternyata menulis begitu memiliki banyak manfaat, mengapa kita tidak segera untuk menulis ?

6. MAU NULIS, TULIS APA SAJA PASTI BERGUNA, tanggal 19 Maret 2018. Dari judulnya kita tahu bahwa beliau ingin mnegatakan pada kita bahwa menulis itu mudah asal kita mau. Jangan mencari alasan untuk tidak menemukan ide karena apa saja bisa kita tulis dan pasti berguna.

7. MENYEMAI TULISAN BERBUAH BUKU, tanggal 18 Maret 2018. Jika belum menulis, segeralah dimulai. Yang sudah menulis, kumpulkanlah karena bukan tidak mungkin tulisan-tulisan itu akan bisa berubah menjadi sebuah buku yang akan menjadi jariah yang terus mengalir kepada kita terus menerus.

8. MENGAPA KITA HARUS MENULIS, tanggal 15 Maret 2018. Pak guru menyemangati kita agar mau menulis dengan mengungkapkan beberapa alasan yang luar biasa. Alasan paling utama yang beliau sampaikan membuat kita tidak mampu mengelak untuk tidak menulis karena alasan itu beliau kutip dari Al Qur’anul Karim surah Al ‘Alaq. Menulis merupakan kewajiban dan itu perintah Allah SWT.

9. MENULISLAH TIAP SAAT KARENA MENULIS SANGAT BERMANFAAT, tanggal 12 Maret 2018. Orang yang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan tentu juga dirinya. Maka orang yang baik akan selalu berusaha untuk bisa menulis karena menulis mendatangkan banyak manfaat.

Subhanallah, luar biasa. Aku berhenti di angka 9 bukan karena tulisan beliau dalam menyebarkan virus gila menulis hanya 9, tetapi karena angka hanya 9 (hehehe..) selainnya perpaduan dari angka 1 sampai 9 (Ini alasan ngeles). Yang sebenarnya , aku seperti kehabisan energy untuk mengupas tulisan beliau satu per satu karena jumlahnya yang sudah terlalu banyak. Padahal setelah angka 9 ini, aku menemukan artikel ke 10 yang sangat menarik. Kukatakan menarik karena berisi Cara-cara “MENSIASATI JAM RAWAN UNTUK MEMBACA DAN MENULIS SESUDAH TENGAH HARI”, yang beliau tulis di Madrasah ketika menunggu waktu ashar tanggal 7 Maret 2018. Disini pula aku semakin yakin menyebut beliau penyebar virus karena seakan memiliki energi cadangan yang tidak ada habis-habisnya dalam menyebarkan semangat menulis untuk semua orang.

Hanya Sembilan tulisan ini pun sudah bisa menjadi satu buku yang “heroik” untuk menyemangati semua orang terutama para guru untuk bisa menjadi “GILA MENULIS” seperti beliau. Masih ada ratusan artikel Pak Guru yang siap untuk dijadikan buku yang menawan hati. Ayo.., giliran siapa lagi ?

Semoga Bapak Drs. H.Ahmad Syaihu tetap sehat-sehat selalu dan memiliki pasokan energi yang cukup untuk terus menyemangati serta menyebarkan VIRUS GILA MENULIS yang dimilikinya agar menjangkiti semua orang. Serta senantiasa dalam Ridho Allah SWT.Baarakallah…Pak.

Rumahku, Semoga Virus Gila Menulis Terus Menjangkitiku, 11 April 2018.

#MUDAHMUDAHANBISADAPATBUKUEDISINGAREP#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih Bu Nana sudah membuat outline cantik buat keluarga besar Gurusiana tinggal dikembangakan sendiri sesuai passionnya masing-masing. Itu lah Pak Syaihu Gurusiana sejati. Bukunya yang belum berISBN pun sudah terbang dari Sabang sampai Mauroke.

11 Apr
Balas

Alhamdulillah ...Bunda. Baarakallah.

11 Apr

Alhmadulillah, Barokallah

11 Apr
Balas

Alhamdulillah, Baarakallah.

11 Apr

Tantangannya Pak Syaihu sdh dijawab ...selamat bunda

11 Apr
Balas

Tantangannya Pak Syaihu sdh dijawab ...selamat bunda

11 Apr
Balas

Alhamdulillah...,jazakillah. Baarakallah.

11 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali