Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Apa dan Bagaimanapun Shalat Tetap Wajib Hukumnya
Sumber:abumuhammadblog

Apa dan Bagaimanapun Shalat Tetap Wajib Hukumnya

Orang yang sakit juga harus membersihkan tubuh, pakaian dan tempat sholatnya dari najis sehingga dalam keadaan suci. Namun jika hal itu tidak memungkinkan maka ia sholat seadanya, dan sholatnya sah tidak perlu mengulangi lagi. Jika demikian, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melaksanakan sholat.

Setelah shalat, akupun mulai menjelaskan pada mereka bagaimana shalatnya orang yang dalam keadaan sakit. Kumulai dengan menjelaskan bahwa shalat hukumnya wajib, bagaimanapun keadaan kita. Berbeda dengan puasa, zakat, ataupun haji meskipun hukumnya juga wajib tetapi ada keterangan tambahan yang mengikutinya yaitu dalam keadaan “mampu” melakukannya.

Apa dan bagaimanapun keadaan kita, shalat tetap wajib dilaksanakan. Jika tidak mampu berdiri , kita diperbolehkan shalat dengan cara duduk, dan jika tidak bisa duduk boleh pula berbaring. Jika seseorang dalam keadaan koma pun, maka baik waktunya, berwudhu maupun shalatnya dibantu/dituntun oleh orang lain dan ia sholat dengan hatinya.

Hadits Rasulullah SAW ketika ditanya tentang tata cara shalat orang yang sakit: “Shalatlah dengan berdiri. Jika kamu tidak sanggup, shalatlah sambil duduk. Jika masih tidak sanggup, shalatlah sambil tidur miring” (HR.Bukhari) Dalam riwayat An Nasa’I ada tambahan: “Jika engkau tidak bisa, boleh sambil terlentang”.

Jika tidak bisa rukuk dengan sempurna, dibolehkan rukuk dengan cara membungkukkan badan sesuai dengan kemampuannya. Begitu pula jika tidak dapat sujud secara sempurna , diperbolehkan sujud dengan cara membungkukkan badan sesuai dengan kemampuannya

Bahkan dalam keadaan berperang pun kita tetap diwajibkan melaksanakan shalat. Jadi, sangat disayangkan jika ada orang yang dalam keadaan sehat wal afiat tidak melaksanakan shalat. Lebih menyedihkan lagi ada pula yang dalam keadaan suka ria dan berbahagia (pesta pernikahan, misalnya) tidak melaksanakan shalat dengan berbagai alasan.

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara berwudhu dan shalatnya orang yang sakit. Karena sering kali orang yang sakit tidak melaksanankan shalat disebabkan keterbatasan dan ketidak tahuannya. Jangan sampai terjadi ketika kita sakit tidak melaksanakan shalat dan tanpa kita duga, ketentuan Allah saat itu berlaku pada kita untuk menghadapNya, sehingga kita meninggal dalam keadaan tidak melaksanakan shalat. Nauzubillah…

Orang yang sakit juga wajib berwudhu seperti orang yang sehat. Hanya saja jika ia tidak bisa bersuci dengan air karena ada halangan atau takut bertambah sakitnya, atau memperlama penyembuhan maka ia boleh bertayamum. Bila tidak mampu bersuci sendiri maka ia bisa diwudhukan atau ditayamumkan oleh orang lain.

Orang yang sakit juga harus membersihkan tubuh, pakaian dan tempat shalatnya dari najis sehingga dalam keadaan suci. Namin jika hal itu tidak memungkinkan maka ia shalat seadanya, dan shalatnya sah tidak perlu mengulangi lagi. Jika demikian, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melaksanakan shalat.

“ ….Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran…..” (Al Baqarah: 185}

“Maka bertaqwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatilah…..” (At Taghaabun: 16)

Semoga kita termasuk pada golongan orang-orang yang tetap melaksanakan shalat dalam keadaan apa dan bagaimanapun. Sehingga kita terhindar dari ancaman Allah SWT bagi orang yang tidak melaksanakan shalat . Sebagaimana firmanNya dalam surah Maryam 59:

Wallahu a’lam bishawab

#edisiingatkandirisendiri#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 6 Agustus 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Senang bisa membacanya

07 Aug
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....pak guru.

07 Aug

Subhaanallaah.. Keren banget bunda... Barakallah bunda. Semoga terus sehat njih salam ta'dzim dari nanda yang di Blitar..

07 Aug
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katisro untuk doanya. Aamiin ya robbal alaamiin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....nanda.

07 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali