Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Apa Saja Bisa Dijadikan Media Pembelajaran
Afiq, siswa kelas IX-1 SMP Budisatrya Medan, asyik menjelaskan jenis-jenis penyerbukan dengan menggunakan bunga krisan plastik yang ada di meja guru sebagai media pembelajaran. (Dokpri)

Apa Saja Bisa Dijadikan Media Pembelajaran

Meski mereka mengatakan, “ Mengerti, Buuuk...” Namun ekspresi wajah mereka membuat keningku berkerut. Itu terjadi ketika aku asyik sendiri dengan metode klasik berceramah tanpa media pembelajaran.

Dari sana aku belajar bahwa media pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam membantu menyampaikan materi pelajaran.

Apa pun yang ada di sekitar kita dapat dijadikan media pembelajaran. Karena memang media pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memusatkan perhatian siswa, sehingga terangsang perhatian, daya pikir, perasaan, dan kemampuan serta keterampilan siswa yang kemudian akan mendorong terjadinya proses belajar.

Yang terpenting, seorang guru harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang media pembelajaran tersebut. Maka, guru harus memahami bahwa media pembelajaran sebagai alat komunikasi yang dapat menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif.

Tak tertinggal pula, memahami bagaimana fungsi media pembelajaran dalam kaitannya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, guru juga dituntut untuk mengerti sepenuhnya seluk beluk proses belajar yang akan dialami siswa.

Sarana yang paling sederhana pun dapat dijadikan media pembelajaran. Karena sesungguhnya nilai dan manfaat sebuah media pembelajaran tergantung pada hubungan antara metode yang digunakan dengan materi pelajarannya, bukan pada harga media tersebut. Sehingga pemilihan jenis dan teknik yang ditambah usaha inovasi pada media pembelajaran harus dilakukan dengan cermat dan teliti.

“Ayo....Juan, berikan bunga-bunga itu pada Afiq. Supaya Afiq bisa menjelaskan jenis-jenis penyerbukan pada tumbuhan biji.” Sang bunga krisan yang terbuat dari plastik yang semula menghiasi meja guru itu pun akhirnya berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. Mereka menggunakannya untuk menjelaskan berbagai macam penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan biji.

Dengan adanya media pembelajaran, suasana belajar menjadi hidup dan tidak membosankan. Harapannya, tujuan pembelajaran pun akan mudah tercapai.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisibelajarmengajar#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 21 Agustus 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sepakat Bunda apapun bisa dijadikan media pembelajaran. Walaupun mungkin seserhana tapi ketika itu bisa membuat siswa semakin paham dengan materi..kenapa tidak? Begitu kan Uthi?Salam sehat dan sukses selalu untuk Uthi di Medan

22 Aug
Balas

Betul...Bunda. Semoga kita akn selalu bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran. Jazakillah khoir untuk kunjungnnya. Salm sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

22 Aug

Setuju Kak, media amat membantu dalam memahami pembelajaran. Karenanya diperlukan guru kreatif macam Kakak nih. Ups penggunaan partikel 'pun' yang masih salah apa pun bukan apapun dan itu pun bukan itupun. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta semoga rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

22 Aug
Balas

Betul...betul....betul, masih salah. Jazakillah khoir ...Deqquuuu. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

22 Aug

Tetapi....koq gak bisa diedit...yaaa.....? Bagaimana....ini...???

22 Aug

Alhamdulillah..., sudah bisa. Mungkin karena jaringan lelet...ya..Deq. Sekali lagi,jazakillah khoir....ya Deq.

22 Aug

Luar Biasa Bunda. Memang demikianlah seharusnya. Pembelajaran dengan media yang tepat(tidak harus mahal/apa adanya) tetapi tepat dalam menggunakan akan membuat pembelajaran terasa lebih menggairahkan.

22 Aug
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir Pak Guru. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

22 Aug

Yes bunda Rai, apapun bisa dijadikan mesia pembelajaran tinggal disesuaikan dengan materi tidak perlu mahal yang penting efektif efisien dan teoat sasaran. Terimakasih paparannya bun, barakallah. Sehat dan sukses selalu bunda Rai dan keluarga.

22 Aug
Balas

Alhamdulillah, ada Bunda Rita ikut mampir di sini hingga menguatkan tulisan. Jazakillah khoir, Bunda. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda Rita.

22 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali