Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Apapun Menunya yang Penting 4 Sehat 5 Sempurna
Dokumen Pribadi

Apapun Menunya yang Penting 4 Sehat 5 Sempurna

“Kriuk…kriuk…kriuk…” suara renyahnya kerupuk terdengar mengiringi nikmatnya menu dadakan yang sedang disantap. Kusebut menu dadakan, karena jika di akhir pekan gini, biasanya penghuni kulkas sudah kosong. Maka, bahan apa yang ada itulah diolah yang terpenting pola 4 sehat 5 sempurna terpenuhi.

Di saat bingung mikir mau masak apa, ada kiriman daun ubi dari tetangga. Akhirnya, tidak perlu mikir macam-macam lagi, jadilah sayur daun ubi tumbuk kebanggaan orang Medan.

Kemudian ada beberapa ekor ikan gembung yang disambal cabe potong. Ditambah kerupuk yang gurih dan renyah, eee…menu dadakan ini ternyata jadi terlihat wah dan klop rasanya.

Makanan merupakan prioritas yang utama dalam kehidupan sehari-hari. Karena makanan berfungsi sebagai sumber energi, untuk petumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Meskipun sederhana, konsep yang perlu diperhatikan dalam menyusun menu makanan adalah terpenuhi zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, Karena sesungguhnya yang menyebabkan tubuh kita sakit, jika terjadi kekurangan ataupun kelebihan zat-zat tertentu didalam tubuh.

Tidak ada jaminan bahwa makanan yang mahal merupakan makanan yang sehat. Hal ini lebih mengacu pada pengetahuan tentang bahan-bahan makanan beserta kandungannya sehingga dapat disusun menu makanan sehat.

Pola makan masyarakat Indonesia mengikuti konsep 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan serta susu. Konsep sesuai dengan zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh.

Hmm…yummy, sayur daun ubi tumbuk yang penuh vitamin karena didalamnya pastinya ada daun ubi yang mengandung zat besi, vitamin A, B 17, C, kalsium dan fosfor.

Belum lagi buah cepokak dan kecombrang yang dicampurkan bersamanya, yang juga mengandung vitamin A yang tinggi. Ditambah ikan sambal sebagai sumber protein dan lemak. Klop sudah komposisi menu dadakan ini, ditimpali gurih dan renyahnya kerupuk. Hmm….alhamdulillah.

#edisimenudadakandiakhirpekan#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 6 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah terhidang sudah menu istimewa yang full barokah karena menyajikannya atas izin-Nya dan penuh cinta.. selamat berakhir pekan bu Nana

07 Oct
Balas

Alhamdulillah, njih bunda. Menu akhir pekan yang dadakan, namun insyaallah 4 sehat 5 sempurna. Jazakumullah khoiron katsiro kunjungan dan doanya bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

07 Oct

Sayangnya saya sdg puasa, nanti dikirim pas maghrib bisa ya

07 Oct
Balas

Hehehe...Pak guru bisa aja. Ntar tumpah pak di Samudera Indonesia, gak nyampe ke Gresik. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...pak Haji.

07 Oct

Hmm yummi..buah cepokak itu apa bun?

06 Oct
Balas

Buah cepokak nama lainnya rimbang atau takokak, buahnya bulat-bulat kacil warna ijo, bunda. Sering juga ditauco. Di Purwokerto apa namanya ya...? Jazakumullah khoiron katsiro, salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

07 Oct

Oh, kalau itu di Purwokerto namanya "lenca", kalau dikuyah seperti ada yang meletus dan sedikit pahit ya Bun?

07 Oct

Semoga makanan yang kita santap berkah dan dijadikan sebuah energi untuk terus melakukan hal positif beribadah kepada Sang Kholik

07 Oct
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro untuk kunjungan dan doanya pak guru. Sudah lama ndak muncul di gurusiana. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

07 Oct

Wowwwww nikmatnya walau dadakan, aku gak kebagian yah. Selalu saja afa kreasi menu kakakku ini, sama dengan tulisan nya selalu menginspirasi. Barakallah, smoga sehat selalu utk kak Rai

07 Oct
Balas

Hehehe...selalu begitu untuk urusan lambung. Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro deqquuu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...deqquuu.

07 Oct

Waduh Bu, bikin lapar..

07 Oct
Balas

Lapar..., pak guru ? Yuk makan...hehehe. Jazakumullah khoiron katsiro kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Oct

Sepertinya enak Bun....menu sehat untuk keluarga...Barakallah Bun...

07 Oct
Balas

Memang enak...lhooo, bunda, hehehe. Menu dadakan.Jazakumullah khoiron katsiro kunjungannya bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Oct

Daun ubi tumbuk kesukaan suami, anak kami menyebutnya sayur petak petak.. Keren, buk. Salam dari aceh barat

07 Oct
Balas

Alhamdulillah. Hehehe....ini artikel dari tadi siang mau diposting bunda, tapi ndak jadi-jadi. Di akhir pekan selalu ada tamu, ya ndak bisa buka laptop. Takut lupa, ya malam ini diposting . Makan sahur...hehehe. Salam juga dari Medan, bunda, Saya pikir, orang aceh ndak suka, rupanya suka juga. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali