Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
ASYIKNYA BELAJAR IPA : MENDEMONSTRASIKAN MEKANISME PERNAFASAN DENGAN MODEL PERNAFASAN BUATAN

ASYIKNYA BELAJAR IPA : MENDEMONSTRASIKAN MEKANISME PERNAFASAN DENGAN MODEL PERNAFASAN BUATAN

Belajar IPA tanpa praktikum ataupun demonstrasi serasa masakan tanpa garam ataupun bagaikan langit tak berbintang. Hambar , kalau tidak mau dibilang NONSENSE alias omong kosong. Hari ini anak-anak kelas VIII-1 akan mendemonstrasikan mekanisme proses pernafasan dengan model pernafasan buatan yang akan mereka buat sendiri. Dengan metode demonstrasi dan eksperimen diharapkan siswa lebih mudah memahami dan mempraktekkan teori yang sudah didapatkannya.

Seperti biasa di tahap pertama , aku menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi yang diajarkan. Untuk metode demonstrasi dan eksperimen sebelum memulai kegiatan, guru juga harus menyampaikan aspek-aspek penilaian sehingga memotivasi siswa dalam melakukan demonstrasi dan eksperimen ini.Berikutnya pemeriksaan kelengkapan alat dan bahan yang dibawa oleh tiap-tiap kelompok juga dapat menjadi salah satu aspek penilaian. Dalam hal ini juga membiasakan siswa untuk bisa berbagi tugas dan memiliki tanggung jawab masing-masing.

Dalam waktu 2 jam pelajaran ini ,diharapkan siswa bisa menyelesaikan rangkaian model pernafasan buatan dan kemudian bisa menjelaskan bagaimana mekanisme pernafasan pada manusia. Kelas VIII-1 memiliki jumlah siswa 38 orang dan kubagi menjadi 8 kelompok. Anggota kelompok yang terlalu banyak akan membuat kerja kelompok tidak efektif karena bisa jadi membuat ada anggota yang tidak kebagian tugas sehingga menganggur yang nantinya akan menimbulkan kebosanan pada dirinya.

Adapun sintak dari metode demonstrasi ini adalah sebagai berikut :

1. Setelah disampaikan tujuan pembelajaran dan pemeriksaan kelengkapan bahan yang dibawa oleh siswa, selanjutnya dijelaskan bagaimana merakit dan membuat model pernafasan buatan yang dimaksud.

2. Siswa bekerja didalam kelompoknya dan saat itulah guru bisa berkeliling mengamati kinerja siswa dan membantu jika terjadi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam merangkai alat model pernafasan tersebut.

3. Pada kesempatan ini juga bisa digunakan oleh guru untuk memacu rasa kompetitif antar kelompok dengan mengumumkan kelompok mana yang sudah selesai terlebih dahulu dan hasil karya terbaik.

4. Setelah semua kelompok berhasil menyelesaikan rancangannya, maka tiap tiap kelompok berkewajiban menjelaskan bagaimana cara kerja model pernafasan yang sudah mereka buat bersama.

Belajar dengan metode demonstrasi ini selain mengasyikkan, meningkatkan keterampilan motorik siswa , menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi dan tentu saja memupuk rasa kerja sama antar anggota kelompok. Sehingga dengan metode demonstrasi ini guru dapat melakukan berbagai aspek penilaian baik dari aspek kognitif, psikomotorik, dan tentu pula afektif atau sikap.

Alhamdulillah, tepuk tangan anak-anak karena gembira melihat rangkaian model pernafasan yang mereka buat ternyata berhasil.Terlihat ada pancaran kebahagiaan di wajah-wajah mereka. Begitupun dengan diriku. Aku pun menjadi lebih semangat untuk terus mencari cara agar pembelajaran didalam kelas terasa asyik dan menyenangkan. Wallahu a’lam bishshowab.

Budisatrya, Teruslah berkreasi, 13 Februari 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Guru hebat

14 Feb
Balas

Alhamdulillah...Bunda, terimakasih. Baarokallah...Bund.

14 Feb

Berinovasi terus bu...perlu dicontoh.

14 Feb
Balas

Alhamdulillah....,terimakasih Bunda. Baarokallah....

14 Feb
Balas

Semakin bervariasi model pembelajaran yang kita gunakan, siswa akan semakin tertarik. Lanjut ya Bu

14 Feb
Balas

Betul Bunda, terimakasih...Bund. Baarokallah....

14 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali