Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Belajar Membaca dari Memilih Kolang Kaling

Belajar Membaca dari Memilih Kolang Kaling

Alhamdulillah, tugas-tugas di sekolah sudah selesai dengan telah dibaginya rapor semester genap. Walau tentunya perlu ada evaluasi di tiap-tiap akhir tahun pelajaran guna perbaikan di tahun pelajaran berikutnya. Hari ini, Minggu 10 juni 2018 merupakan hari minggu terakhir di bulan Ramadhan bertepatan dengan 25 Ramadhan 1439 H. Hanya dalam hitungan sebelah jari tangan ramadhan segera berakhir. Semoga sepeninggal ramadhan kita tetap dalam keberkahan dan kemuliaan dengan predikat taqwa.

Seperti biasa kegiatanku di hari minggu pagi adalah belanja bumbu-bumbu dapur ke pasar tradisional dekat rumahku. Ahaa…pemandangan yang menarik sudah mulai ramai ketika menjelang lebaran. Pedagang kolang-kaling yang dikelilingi para ibu-ibu duduk memilih kolang-kaling. Aku pun ikut bergabung didalamnya. Naluri “membaca”ku mulai bekerja, kuperhatikan ibu-ibu yang duduk berkeliling dengan masing-masing memegang keranjang hasil pilihan kolang-kolang di satu tangan dan sebelah tangannya didalam ember memilih kolang-kaling. Aku tersenyum didalam hati, ketika melihat ternyata hampir semua ibu-ibu memilih kolang-kaling yang bukan di daerah “kekuasaannya”. Maksudku, para ibu-ibu selalu mengambil kolang-kaling yang tidak berada di dekatnya tetapi di tempat yang agak jauh darinya (di dekat ibu-ibu lain).

Membaca kejadian di sekitar, membuat kita bisa mengambil pelajaran daripadanya. Hasilnya bisa positif tetapi bisa pula negatif, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Hasil “bacaanku” dari memilih kolang-kaling ini ada beberapa versi :

Memilih kolang-kaling dengan melihat ke tempat orang lain dan merasa di tempat itu lebih banyak yang bagus, padahal orang lain pun melihat dan mendapatkan yang bagus di tempat kita tetapi kita tidak melihatnya.

1. 1. Hal tersebut diatas bisa diartikan kita tidak mensyukuri keadaan yang ada pada kita. Kita merasa milik orang lain lebih bagus daripada kita padahal sebenarnya tidaklah demikian. Mensyukuri apa yang ada pada diri sangat dianjurkan oleh Allah SWT, seperti firmanNYa dalam surah Ibrahim ayat 7 :

1. 2. Hal positif yang bisa diambil, seharusnyalah kita selalu melihat dan mengingat kebaikan pada diri orang lain dan tidak melihat dan mengingat kebaikan pada diri kita sendiri. Dengan demikian Insya Allah kita akan terhindar dari penyakit hati ria dan sombong, yang selalu menganggap diri lebih baik dari orang lain.

Selalu ada pelajaran yang Allah berikan pada tiap-tiap kejadian jika kita mau berfikir. “Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.” (QS.Al Alaq 3-5)

Wallahu a’lam bishawab.

#edisibelajarmembacadarisekitar#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 11 Juni 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya kira belajar membaca untuk siswa yang belajar membaca.tidak tahunya membaca kegidupan kita

11 Jun
Balas

Hehehe..., ma'af ya pak guru....kalau terkecoh dengan judulnya. Salam literasi dari Medan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun

Mantaap Bunda..yeesss...

11 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir. Salam sehat dan sukses selalu buat bucan. Barakallah.

11 Jun

Benar-benar membaca yang sesungguhnya Bu.

11 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir...bu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun

Wah bunda memang luar biasa....saya terjebak dengan judulnya. Tulisan yang keren

11 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir....bunda. Bingung mau buat judul apa, kolang kaling aja deh, mau lebaran...hehehe. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bunda.

11 Jun

Membaca lingkungan bisa jadi tulisan yang indah. Sip bu

11 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir....ibu. Sedang belajar membaca dan menulis bu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun

Cerdas bunda yang satu ini. Makasih pelajarannya.

11 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir..pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun

Cheerrrreennnn

11 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir....sudah mampir di sini....Bunda. Kolang kaling pertanda udah dekat lebaran...hehehe. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun

Salam Literasi Bu..Selamat ya Bu,bukunya udah dipublis..:)

03 Jul
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir. Semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali