Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Belajar Mendidik Anak dari Luqman Al Hakim (Bagian 1 )
Sumber : https://abiummi.com

Belajar Mendidik Anak dari Luqman Al Hakim (Bagian 1 )

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh At Turmudzi dari sahabat Abu Hurairah. “Usia ummatku berada diantara 60 dan 70, hanya sedikit yang melebihi itu.” Hadits Rasulullah SAW tersebut menunjukkan pada kita bahwa dengan usia seperti itu, hidup kita berada diantara dua generasi yaitu anak dan cucu. Hanya beberapa yang sempat hidup bersama cicit-cicitnya.

Tak pernah ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu yang baik bagi kita dan anak-anak serta generasi selanjutnya. Memiliki kehidupan bahagia di dunia dan akhirat merupakan cita-cita yang kita abadikan dalam doa-doa yang selalu kita panjatkan. Tentunya kita berkeinginan pula kebahagiaan yang kita peroleh tidak hanya untuk diri kita tetapi juga bagi seluruh keluarga kita. Allah SWT pasti akan mengijabah doa-doa kita. Masalahnya telahkah kita melakukan usaha-usaha agar doa kita diijabah?

Karena kita menginginkan agar kebahagiaan tidak hanya untuk kita tetapi juga anak dan keturunan kita, maka seharusnyalah kita mewariskan “mutiara” yang akan membuat mereka juga mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Allah SWT melalui firman-firman menunjukkan jalan bagi seluruh manusia agar bisa hidup berbahagia bersama di dunia dan berkumpul bersama pula di surga kelak.

Tidak ada satu hal pun yang luput dari pandangan Allah SWT. Semua hal yang kita hadapi dalam kehidupan memiliki solusi yang dijamin Allah SWT tidak akan sesat selama-lamanya yaitu Alquranul Karim.

Tersebutlah Luqman Al Hakim yang diabadikan Allah SWT namanya didalam surah ke 31 yaitu surah Luqman. Luqman Al Hakim bukanlah seorang nabi apalagi rasul, tetapi mengapa Allah abadikan namanya didalam Alquranul karim untuk menjadi contoh teladan bagi kita? Beberapa hikayat berbeda pendapat tentang siapa sebenarnya Luqman. Ibnu Abbas mengatakan bahwa Luqman adalah seorang tukang kayu dari Habsyi dan ada pula yang berpendapat bahwa Luqman seorang hakim di masa nabi Daud AS. Siapapun dia, inilah janji Allah SWT yang mengatakan bahwa derajat seseorang ditentukan oleh ketaqwaannya kepada Allah SWT, sebagaimana firmanNya dalam surah Al Hujurat ayat 13 :

Didalam surah Luqman , Allah SWT menunjukkan bagaimana Luqman memberi pengajaran kepada anak-anaknya untuk bekal hidup di dunia dan akhirat. Inilah mutiara indah yang diwariskan Luqman kepada anak-anaknya yang dapat kita teladani :

1. Landasan pertama yang ditanamkan Luqman pada anak-anaknya merupaka landasan ketauhidan. Landasan ini haruslah kokoh sehingga anak tidak mudah terombang ambing dengan kehidupan dunia yang hanya sementara saja. Karena kehidupan yang abadi sesungguhnya ada di alam akhirat. Mutiara indah warisan Luqman kepada anak-anaknya ini diabadikan Allah dalam surah Luqman ayat 13.

1. 2. Berikutnya Luqman mengajarkan kepada anak-anaknya bahwa semua perbuatan kita tidak pernah luput dari pandangan Allah SWT, baik perbuatan itu sangat kecil dan halus sekalipun akan mendapat balasan dari Allah SWT. Karena itu kita harus senantiasa berbuat baik dan meyakini bahwa Allah SWT selalu melihat semua perbuatan kita. Surah Luqman ayat 16.

1. 3. Pada ayat berikutnya, yaitu ayat ke 17 dalam surah Luqman, kewajiban mendirikan shalat disampaikan Luqman kepada anak-anaknya sebagai perwujudan pengakuan adanya Allah SWT sehingga dengan mengerjakan shalat kita akan selalu mengingat Allah SWT (surah thaaha ayat 14) selain itu shalat akan dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar (surah al ankabut ayat 45 )

Wallahu a’lam bishawab

#edisimuhasabah#

BERSAMBUNG…

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 10 Juli 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Lanjut Bu Nana.Sungguh bergizi

10 Jul
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir....bunda. Kaaangeeennnn. Insya Allah segera dilanjut bun. Salam sehat dan sukses selalu buat bunda dengan tugas barunya sebagai Kepala Sekolah. Barakallah....bunda.

10 Jul

Kutunggu sambungannya...

10 Jul
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir. Monggo...pak guru ditunggu sambungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah

10 Jul

Subhanallah, mengingatkan kita semua agar senantiasa berpegang pada Al Quran dan As Sunah dlm segala bidang kehidupan, Alhamdulillah Barokallah

10 Jul
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir...pak haji. Tidak ada penuntun yang dijamin Allah SWT bagi kita untuk bahagia di dunia dan akhirat kecuali Alquran dan As Sunnah....njih pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

10 Jul

Terima kasih bu, ilmunya sangat bermanfaat. Semoga bisa mencontoh cara mendidik anak yang baik, walaupun baru sedikit. Semoga Allah memberi kemudahan menuju radha-Nya. Amin

10 Jul
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir...bu Eko. Betul bu , terkadang kita sering mencari teori mendidik anak kesana kemari padahal Allah sudah memberikan contoh teladan pada kita didalam Alquran. Aamiin ya robbal alaamiin, semoga Allah senantiasa memeberikan ridhaNya pada kita semua. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

10 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali