Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Beramal Harus Setiap Waktu karena Mati Tidak Mengenal Waktu
sumber : alurberitaku.blogspot.com

Beramal Harus Setiap Waktu karena Mati Tidak Mengenal Waktu

Tiba-tiba saja aku terkejut dan tersentak bangun dari tidurku. Untuk beberapa saat aku bingung (mungkin belum loading). Banyak pertanyaan yang tiba-tiba menyerbu pikiranku saat itu. Hari ini hari apa? Sekarang jam berapa? Bukankah hari ini aku harus mengajar, tapi koq masih di tempat tidur?

Kebingungan seperti itu sering terjadi saat kita tiba-tiba terbangun dari tidur. Kata orang, bersyukurlah karena itu pertanda tidurnya nyenyak sehingga tidak bisa merasakan apapun dan lupa segalanya.

Namun sesungguhnya bukan tidur nyenyak itu yang patut kita syukuri. Justru karena kita bisa terbangun, hal itulah yang patut disyukuri. Sebagaimana ahklak rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang mengajarkan agar kita membaca doa jika terbangun dari tidur.

Hakikatnya ada ibrah luar biasa yang dipesankan rasulullah dalam doa tersebut. Memaknai doa bangun tidur, sungguh mampu membuat merinding bulu kuduk ini. Bagaimana tidak, karena ternyata tidur merupakan kematian sesaat. Dengan kehendaknya, bisa saja Allah tidak membangunkan kita kembali. Karena tidak ada yang mutahil bagiNya. Bukankah Allah subahanahu wataala juga sudah mengingatkan kita dalam surah An Nahl ayat 61:

“…..Maka jika datang waktu kematian mereka, tidak bisa mereka tunda dan mendahulukannya walau sedetikpun.”

Sementara diri ini masih saja menunda-nunda untuk berbuat kebajikan dan beramal sholeh. Selalu merasa masih muda, masih sehat, masih banyak pekerjaan lain yang harus ditunaikan, dan berbagai alasan lainnya. Padahal , jauh-jauh hari Allah sudah terlebih dahulu menentukan kematian bagi kita sebelum kesempatan hidup di dunia ini diberikanNya. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al Mulk ayat 2 :

Kenapa Allah lebih dulu menentukan kematian daripada kehidupan? Karena sesungguhnya kematian ini akan kita temui di dunia, sementara kehidupan yang hakiki baru dapat kita temui kemudian di akhirat setelah kita mati. Dalam hal ini, sungguh Allah pesankan hikmah bahwa mempersiapkan kematian yang husnul khotimah akan membawa kita pada kehidupan yang sesungguhnya.

Sejatinya tidak ada jalan terbaik kecuali senantiasa mengisi waktu yang diberikan oleh Allah dengan berbagai kebajikan dan beramal shalih. Karena datangnya maut tidak pernah memandang tempat dan waktu.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisimuhasabah#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 9 November 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah, sudah bisa rehat dan dihidupkan kembali untuk bisa beribadah. Sukses dan semangat Bu Nana

09 Nov
Balas

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah. Njih bunda, dihidupka kembali untuk bisa beribadah. Jazakillah khoir untuk kunjungan bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

09 Nov

Benar sekali kak, kematian adalah pintu kehidupan abadi. Terima kasih kak sudah mngingatkan diri yg terlena ini. Untaian doa selalu untuk kakak tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya utk kk dan barakallah dan smoga kita husnul khatimah

09 Nov
Balas

Sama-sama deqquuu, dalam hal ini kakak lebih kepada mengingatkan diri sendiri saja. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deqquuu.

09 Nov

Terimakasih Bunda sudah mengingatkan. Semoga kita semua selalu ingat, sadar dan mempersiapkannya. Amiin.

09 Nov
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir untuk kunjungan pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

09 Nov

Ya Allah.. Semoga kita dituntun untuk senantiasa berbuat kebaikan.... Saya jadi ikutan merinding Bunda... Barakallah...

09 Nov
Balas

Njih, bunda Rini. Semoga kita bisa mengisi waktu-waktu yang diberikan Allah dengan berbagai amal shalih. Alhamdulillah, jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

09 Nov

Pengingat diri ini juga, mksh bun.

09 Nov
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

09 Nov

"Dan bersegeralah kepada ampunan dari Tuhan kalian,dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, diperuntukkan untuk orang-orang yang bertaqwa". (Qs. Ali Imron). Segera memohon ampun, sebab ada saat ampunan itu sudah tidak diberikan..jazakallah atas tausyiyah pagi ini

09 Nov
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir pak ustadz sudah melengkapi. Lebih kepada mengingatkan diri sendiri. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, ustadz.

09 Nov

Semoga kita selalu dalam tuntunan dan lindungan Allah ya Bun, barakallah maturnuwun

09 Nov
Balas

Aamiin Ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doa bunda Sri Widati. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

10 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali