Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Boleh Berbuka jika Tidak Sanggup

Boleh Berbuka jika Tidak Sanggup

Sangat berbeda dengan hari pertama yang adem, suhu udara hari ini benar-benar membakar. Sang surya benar-benar gagah laksanakan tugasnya. Terasa sombong menyengat.

Jalan lintas sumatra yang kami lalui kembali ke Medan, terasa lengang. Seakan armada transportasi saat itu ikut berpuasa pula.

Kulirik arloji di tangan kiriku. Jarum pendek ada di angka 12, sementara yang panjang ada di angka 4. Aku pun maklum, pasti para pengendara menepi ke masjid-masjid. Bertepatan waktu Zhuhur akan segera tiba.

Benar saja, halaman Masjid Agung Kota Tebing Tinggi yang kami singgahi, dipenuhi kendaraan. Juru parkir lumayan repot mengaturnya. Ini juga, pemandangan yang berbeda dibanding hari di luar Ramadhan.

Setelah menyelesaikan Zhuhur, ruangan dalam dan juga pelataran masjid dipenuhi dengan sosok yang bergelimpangan, terutama para bapak. Menikmati rasa lapar dan haus yang merambati kerongkongan.

Kulihat, ada berbagai gaya tubuh yang tergeletak di situ. Ada yang tertelentang, miring, telungkup, dan meringkuk, seolah berbagai posisi itu menjadi serba salah. Sangat jelas terlihat, usaha yang kuat untuk tetap mempertahankan shaumnya.

Meski Allah memberikan keringanan bagi para musafir sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Baqarah ayat 185:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

“Adek, bagaimana? Masih bisa tahan kan, nak?” tanyaku pada si Bungsu yang jadi driver kami dalam perjalanan takziah ke kampung halaman. Anggukannya, membuatku berucap alhamdulillah.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisiramadhan#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, Malam 3 Ramadhan 1440 H / 8 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Perjalan yang tentunya buat lelah yah Kak, aku sih malah khawatir sama mamaknya, jangan jangan sudah tak kuat, mengingat kemarinnya kurang sehat. Boleh dong berbuka karena musafir. Kalau untuk Abah pasti kuat, karena makanannya banyakan Abah dari Kakak, hehehe. Maaf. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta semoga rahmat Allah terlimpah semoga Kakak diberi kesehatan dan barakallahu fiik

08 May
Balas

Alhamdulillah, baik Mamak, Abah dan Rizqy bisa bertahan. Ternyata, semuanya tergantung pada niat dan motivasi kita. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya, Deqquuu. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

08 May

Si Bungsu memang berbeda pendapatnya. Ayo jama kasar shalatnya dia menjawab ashar udah nyampai katanya Dia tidah mau mengambil hadiah dari Allah. Biasanya yang kuliah di UMSU suka mengambilnya. Abah juga merasa senang puasa tahun ini Dia nampak lebih dewasa dan lebih rajin. Barakallah Mbah Uthi sehat selalu

08 May
Balas

Alhamdulillah, walau bungsu usianya kan makin bertambah. Jazakallah khoir untuk kunjungan dan doanya, Mbah Buya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Mbah Buya.

08 May

Alhamdulillah...semoga perjalanan ibu dan keluarga dilindungi oleh=Nya.. Semoga kita diberi kesehatan dan kekuatan dlm menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan yang suci ini..

08 May
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu, Bu Guru. Barakallah.

08 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali