Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Bongkar Tabungan Demi Terbitkan Buku
Sumber: jalanan kehidupan.blogspot.com

Bongkar Tabungan Demi Terbitkan Buku

Guru berprestasi, Guru Penulis. Guru Mulia Karena Karya. Berkarya dan Berjaya. Tiga kalimat sakti itu seringkali menggangguku. Menyelinap ke dalam mimpiku. Mengusik hari-hariku. Menjatuhkan harga diriku.Menghilangkan selera makanku (kalau diteruskan makin lebay aja ni...)

Kalimat berikut ini, juga termasuk kategori di atas. Kalimat ini diucapkan oleh orang nomor wahid di MediaGuru. Pak Komandan bilang, kartu nama berdisain paling indah adalah buku yang bertuliskan namamu. Maka, buatlah kartu nama itu.

Inti dari kalimat-kalimat provokatif di atas, guru harus menulis. Aduuh, bagaimana ini? Semula, kupikir tidak bisa sejauh itu. Menerbitkan buku? Apa kubisa?

Daripada diam termangu, kumulai sajalah dengan menulis recehan-recehan rasa yang secara rutin kutabung di gurusiana. Bermodalkan tekat ingin belajar. Di sinilah, cerita indah itu dimulai.

Pebruari 2018, baru sekitar dua bulan aku bergabung di gurusiana. Kutuliskan saja apa yang kualami sehari-hari bersama siswa. Asli, hanya pengalaman biasa.

Adalah Bunda Sri Sugiastuti literat hebat dari Solo, yang selalu menyemangatiku menulis. Bukan sekadar menyemangati, tetapi beliau apresiasi tulisanku. Suatu ketika beliau bilang: “Bu, tulisannya sudah bisa dikumpulkan tu. Bisa jadi buku.” (Salam takzimku untuk Bunda. Barakallah.)

Lantas, Kubongkar tabungan tulisanku di gurusiana. Ucapan beliau terbukti. Artis di Dalam Kelas dan DaRa Fathia adalah dua buku milikku yang merupakan hasil bongkar tabungan di gurusiana.

Seterusnya, aku semakin larut di rumah besar para guru penulis ini. Kini, Pebruari 2019. Kulihat tabunganku sudah lumayan banyak. Kubongkar lagi. Kukumpulkan recehan-recehan tulisanku yang berserakan. Kutumpukkan recehan yang sama.

Alhamdulillah, kulihat ada sepuluh tumpuk recehan. Itu artinya, aku bisa membeli sepuluh kartu nama berdisain paling indah.

Tak bermaksud apapun. Kusadari sepenuh hati recehan ini pun masih jauh panggang dari api. Kutuliskan ini, sekadar menyemangati diri sendiri. Ternyata menabung tulisan di gurusiana bisa menghantarku pada mimpi yang selama ini menjadi bunga tidur. Mimpi menjadi guru berprestasi. Mimpi menjadi guru yang mulia karena karya hingga suatu saat akan berjaya.

Sekarang, aku sedang asyik memilih-milih recehan rasa yang berserakan. Maka, maafkan aku andai tak lihai berkunjung dan bertegur sapa. Terkadang, aku ketinggalan cerita.

Selintas seperti kurang ramah tamah. Tetapi sesungguhnya tidaklah demikian. Kumohon maklum adanya. Satu yang harus kupastikan, aku tak bisa tak bertemu gurusiana. Karena hatiku terpaut padanya. Sepenuh hati kutitipkan pula karyaku di rumahnya.

Ayolah saudaraku, tabung tulisan kita di gurusiana.

Wallahu a'lam bishowab.

#edisimohondoadandukungan#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 3 Pebruari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

KIta sama-sama penabung setia di Gurusiana, semoga segera meluncur 10 buku hasil tabungan Bu Hajjah selama 1 tahun, Barokallah

04 Feb
Balas

Alhamdulillah. Mohon doa dan dukungannya, Pak Haji. Jazakallah khoir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Feb

Tabungannya sudah banyak ya Bun. Alhamdulillah sudah bisa dibongkar untuk membeli sesuatu yang menjadi mimpi Bunda. Sehat dan sukses selalu untuk Bunda. Barakallah

03 Feb
Balas

Alhamdulillah, nggih sudah banyak. Tanpa terasa. Sekarang sedang bongkar tabungan untuk membeli impian. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

03 Feb

Alhamdulillah Bunda Rai tabungan tulisan di gurusiana sudah banyak ya Bund..jadi tinggal ambil..semoga saya bisa belajar ya Bund..sehat dan sukses selalu...barakallah

04 Feb
Balas

Alhamdulillah, Bu Guru. Hanya cara itu yang bisa saya lakukan. Yuk, nabung. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru.

04 Feb

Alhamdulillah, turut senang, Kakak sudah akan memiliki buku kembali hanya dari recehan. Ini yang aku tak bisa,

04 Feb
Balas

Alhamdulillah, berkat doa dan dukungannya, Deqquuu. Jazakillah khoir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

04 Feb

Tabungan Bunda Rai bukan lagi recehan tapi lembaran demi lembaran berwarna merah...Kutunggu lembaran-lembaran itu menjadi kartu nama yang indah Bunda Rai...Semoga selalu sehat dan menginspirasi ..Barakallah..

03 Feb
Balas

Alhamdulillah. Aah...,Bunda Rini suka ngintip tabungan saya ya...hehehe.Mohon doa dan dukungannya. Semoga tabungan itu bisa bikin beli kartu nama yang indah. Jazakillah khoir, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

03 Feb

Sekarang aku sedang rajin menabung juga berkat ajaran ibu Rayhana....ternyata menabung itu asyik sampai buat aku lupa kalau 1 hari itu masih 24 jam....kukira bisa dipanjangin supaya semuanya bisa kukerjakan...hahaha...terima kasih punya teman baik semoga kita senantiasa beraama till jannah...aamiin

04 Feb
Balas

Alhamdulilah. Kalau Bu Dosen, pasti tabungan kertas merahnya udah banyak tu di laptop. Ndak recehan kayak gini. Aku tahu dari dulu, sahabatku ini sudah suka coret-coret koq. Pasti tabungan tulisannya bukan recehan lagi. Tinggal ngumpulin aja kan, Toy? Jazakillah khoir udah singgah di tempatku. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, sahabatku.

10 Feb

Sukses semua karya Bunda. Saatnya membuka tabungan, Bun.

04 Feb
Balas

Alhamdulillah, saatnya membuka tabungan. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Feb

Perjuangan pahit yang akhirnya berbuah manis.Selamat buat ibu Raihana.

04 Feb
Balas

Alhamdulillah, semoga demikian...Pak Pengawas. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak.

04 Feb

Ya Allah Bunda Semangat saya semakin membara membaca goresan motivasi yang begitu kuat Terimakasih Semoga sehat selalu

10 Feb
Balas

Alhamdulillah, jika demikian. Terus semangat, Bunda. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

10 Feb

Masya allah keren bunda...semoga kami bisa membongkar celengan juga suatu hari nanti.sehat sukses selalu bunda hebat

04 Feb
Balas

Aamiin yaa robbal alaamiin. Teruslah menabung, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Jazakillah khoir. Barakallah.

04 Feb

Ini lagi nyari recehan dulu bunda...hehehe ... semangat.... sukses selalu bunda dan barakallah

04 Feb
Balas

Hehehe..., Bunda Yanisa bisa aja deh. Ok...semangat...semangat...go...go. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

10 Feb

Tiga kata, Jadilah Guru Hebat! Salam takzim selalu untuk Bu Hana

03 Feb
Balas

Bismillah. Insyaallah kita semua "Jadilah Guru Hebat!" Jazakallah khoir untuk kunjungannya, Pak Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

03 Feb

Kereeeennnn.....semoga sukses ya bun.... Semoga saya bisa mengikuti jejak anda untuk membuat sebuah buku di tabungan saya pula.

03 Feb
Balas

Alhamdulillah. Aamiin yaa robbal alaamiin. Bismillah, pasti Bunda Asri bisa. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

03 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali