Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Bu Arin, Ini Bukan Cinta Biasa ( Bagian 16 : Kelebihan Kromosom X )
Sumber: Emulatoria.id

Bu Arin, Ini Bukan Cinta Biasa ( Bagian 16 : Kelebihan Kromosom X )

Didalam hati, bu Arin tersenyum geli. Namun kemudian tersadar dan berpikir bahwa apa yang disaksikannya ini tidak bisa dibiarkan.

Di depan kelas, berdiri dua orang siswa. Yang satu dengan penampilan gagah sedangkan yang satu terlihat kemayu. Sebelumnya, bu Arin meminta satu siswa dan satu siswi ke depan kelas untuk membantunya mendemonstrasikan alat peraga.

Tak ayal, ruangan kelas dipenuhi gelak tawa ketika yang tampil ke depan adalah dua orang siswa (baca: cowok). Bu Arin pun mengernyitkan dahinya demi menyaksikan hal itu.

“Lhoo…, ibu minta satu cowok satu cewek , bukan cowok dua-duanya” ucap bu Arin sambil memandang heran pada keduanya.

“Dandy…, kamu cowok apa cewek ?” tanya bu Arin pada salah satunya. “Issh…ibuk…laa,” jawab Dandy dengan tangannya yang melambai diiringi “gerrr” seisi kelas.

“Dandy, ayo jawab, pertanyaan ibu,” bu Arin menekankan kembali pertanyaannya sambil menyembunyikan tawa yang ingin keluar. “Setengah…setengah la…, bu ?” rajuk Dandy dengan gemulainya. “Dandy kelebihan kromosom X, buu…,” sahut suara dari pojok kelas yang membuat suasana kelas semakin kepo.

“Tidak bisa, Dandy. Kamu harus pilih cowok atau cewek,” pinta bu Arin pada siswanya itu untuk memilih. “Cowoook…bu,” jawab Dandy manja dengan lenggak lenggoknya.

“Lhaa…,karena ibu minta satu cowok dan satu cewek, berarti kamu dong Ibnu yang cewek,” tuduh bu Arin pada Ibnu yang berdiri gagah di sebelah Dandy.

“Nggak…bu,…nggak, saya cowok bu,” jawab Ibnu spontan menolak. Seisi kelas masih dengan tawa yang kriuk menyaksikan adegan “unik” itu.

Walau akhirnya, bu Arin menerima Dandy dan Ibnu untuk membantunya mendemonstrasikan alat peraga yang sudah disiapkannya sejak kemarin malam.

Keluar dari kelas itu, sambil berjalan menyusuri koridor sekolah untuk menuju ke kantor guru, pikiran bu Arin terus diganggu oleh sikap Dandy tadi. “Perasaan, makin banyak anak-anak dengan perilaku seperti Dandy,” pikir bu Arin di dalam hatinya.

Berbicara masalah anak seperti Dandy, sebenarnya ini bukan hal yang baru. Konon, pada zaman rasulullah SAW pun sudah ada. Berkenaan dengan ini, rasulullah SAW memberikan ancaman dalam sebuah hadit: “Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, dia berkata “Rasulullah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.”

Abu Hurairah juga menyampaikan hadits dengan maksud yang sama. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata; “Rasulullah SAW melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian laki-laki”.

Uffsss, bu Arin merasa harus ada “pendekatan” yang dilakukan agar anak-anak seperti Dandy tidak “terlena” dengan keadaan demikian. Jika tidak, anak-anak ini kelak akan dihadapkan pada masalah yang kompleks . Dia tidak hanya berdiri di depan kaca biologi, psikologi, medis, sosiologi, politik, ataupun ekonomi tetapi juga berdiri di ambang pintu keagamaan.

Jika anak terlahir dengan fisik yang sempurna sebagai laki-laki ataupun perempuan, tetapi dalam perjalanan berikutnya dia menunjukkan sikap prilaku yang menunjukkan kecenderungan yang berbeda dengan jenis kelaminnya, menurut pakar psikologi banyak faktor yang mempengaruhinya.

Disinilah peran orang tua, guru dan masyarakat diperlukan agar anak bisa menemukan jati diri yang sesungguhnya.

Di dalam biologi, dipelajari ada satu kelainan yang terjadi akibat mutasi kromosom, yaitu sindrom Klinefelter. Kelainan ini terjadi pada pria. Jika pria normal memiliki jumlah kromosom 44A + XY , maka penderita ini memiliki kromosom dengan susunan 44A + XXY. Jadi, ada kelebihan satu kromosom X pada tubuhnya.

Penderita sindrom Klinefelter adalah pria tetapi memiliki tanda-tanda kewanitaan dengan ciri-ciri berikut ini :

- Tumbuh payudara

- Pertumbuhan rambut kurang

- Lengan dan kaki panjang

- Suara seperti wanita

- Testis kecil

- Bersifat steril (mandul)

- Tuna mental

Berdasarkan paparan secara biologi di atas, kita tidak menemukan ciri-ciri seperti itu pada anak-anak semacam Dandy yang terlahir sempurna sebagai laki-laki. Itu berarti sikap dan prilaku mereka lebih kepada karena pembiasaan dan pembiaran di lingkungan.

Semoga dengan pendekatan dan perhatian yang benar serta tulus, anak-anak seperti Dandy bisa bersikap dan berprilaku sebagaimana mestinya.

Bu Arin, ini bukan cinta biasa.

Wallahu a’lam bishowab

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 7 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Cerita yg bikon seger kak. Oh ada ysh kelebihan X, hihihi. Selalu ada cerita menerik dibalik tingkah laku suswa bu arin, hehege... Barakallah, smoga Allsh slalu limpahkan rahmatNya pd bu Arin, eh,, ksk Rai.

08 Oct
Balas

Iya deqquuu, itulah asyiknya pelajaran biologi...hehehe.Iya deqquuu, kelebihan kromosom X ada terjadi dan ini merupakan satu kelainan karena adanya mutasi. Jazakumullah kgoiron katsiro selalu mampir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....deqquuu.

08 Oct

Wah...dapat ilmu baru dari Bu Arin..semoga anak2 dengan kelainan seperti itu dapat segera ditangani...Barakallah Bunda Rai....

08 Oct
Balas

Betul bunda, harus secepatnya dirubah. Jazakumullah khoiron katsiro selalu mampir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

08 Oct

Belajar dari sebuah cerita dikaitkan dengan ilmu pengetahuan jadinya klop...Barakallah ilmunya Bu....Siswa saya juga ada yang seperti itu.

09 Oct
Balas

Jazakumullah khoiron katsiro , bunda. Barakallah.

09 Oct

Belajar dari sebuah cerita dikaitkan dengan ilmu pengetahuan jadinya klop...Barakallah ilmunya Bu....Siswa saya juga ada yang seperti itu.

09 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro untuk atensinya, bunda. Semoga kita bisa mengajak mereka menemukan jati diri yang sesungguhnya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

09 Oct

Terlihat kecerdasan Penulis dalam cerpen ini

08 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro untuk atensinya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bunda.

08 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali