Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Buah Pala (Myristica fragrans) Si Rempah Berdarah yang Jadi Rebutan Para Penjajah
Pohon dan buah pala. Sumber: Kebun Bidara.

Buah Pala (Myristica fragrans) Si Rempah Berdarah yang Jadi Rebutan Para Penjajah

Kuelus-elus kakiku yang kembali membengkak. Mungkin karena proses penyembuhan belum sempurna, sehingga jika kulatih berjalan selalu terjadi pembengkakan. Alhamdulillah, tidak ada rasa sakit.

“Dioleskan bubuk biji pala, kak,” sepupuku menganjurkan. Betul, aku pun jadi ingat obat tradisional yang satu ini. Dulu, ketika masih kanak-kanak jika kami ada yang terjatuh atau terbentur dan benjol, mamak selalu membubuhkan biji pala yang dihaluskan dicampur perasan jeruk nipis ataupun minyak kelapa.

Buah pala dengan nama ilmiah Myristica fragrans merupakan tanaman asli pulau Banda, Maluku. Karena nilainya yang sangat tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak zaman Romawi.

Pada masa sekarang ini, pemanfaatan buah pala tidak hanya sebatas kegunaannya sebagai rempah-rempah tetapi juga sudah diolah menjadi berbagai jenis olahan lainnya seperti manisan, sirup,pancake saus pala, dan masih banyak lagi.

Julukannya sebagai “Rempah Berdarah” juga berhubungan dengan sejarah penjajahan bangsa asing di negeri tercinta ini untuk mendapatkan hasil rempah-rempah dan pala termasuk di dalamnya.

Dalam 100 gram buah pala terdapat 525 kalori. Berikut ini kandungan zat-zat yang terdapat dalam tiap 100 gram buah pala :

Ø Lemak total : 36 gram atau 56% dari angka kebutuhan

gizi ( AKG ) Harian.

Ø Protein : 6 gram atau 12% dari AKG.

Ø Sodium : 16 miligram atau 1% dari AKG

Ø Zat besi : 17% dari AKG

Ø Kalsium : 18% dari AKG

Ø Vitamin A : 2% dari AKG

Ø Vitamin C : 5% dari AKG

Selain itu , buah pala mengandung zat samak, saponin, scolopetin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pectin, limonene, magnesium, kalium dan juga vitamin B-1.

Buah pala dimanfaatkan sebagai bumbu dapur (rempah) atau penambah rasa pada makanan dan juga berguna bagi kesehatan tubuh.

1. Mengobati Diabetes.

Penemuan terbaru menemukan fakta bahwa senyawa kimia pada buah pala yang bernama macelignan dapat digunakan untuk pengobatan diabetes. Senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

2. Obat Masuk Angin.

Minyak atsiri yang terkandung didalam buah pala dapat menjadi senyawa penyembuh masuk angin. Caranya dengan merebus buah pala dan meminum air rebusannya.

3. Mengatasi Insomnia.

Buah pala mengandung Magnesium yang tinggi.

Magnesium adalah mineral yang sangat pointing didalam tubuh dalam mengurangi ketegangan saraf bahkan merangsang pelepasan hormone serotonin yang menciptakan rasa rileks.

4. Mengendalikan Tekanan Darah.

Kalium yang terdapat di dalam buah pala dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskuler.

5. Mencegah Osteoporosis.

Kandungan kalsium pada buah pala dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan berperan pada perbaikan dan pertumbuhan sel sel tulang. Sehingga dapat mencegah osteoporosis.

6. Mencegah Anemia.

Disebabkan karena kandungan zat besi yang tinggi pada buah pala sehingga dapat meningkatkan jumlah sel-sel darah merah.

7. Meningkatkan kesehatan otak.

Buah pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan. Senyawa ini dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang umumnya dimiliki pasien demensia atau penyakit Alzheimer.

8. Mengurangi rasa sakit.

Salah satu komponen buah pala mirip dengan mentol, yaitu sama-sama mampu menghilangkan rasa sakit secara alami.

9. Menjaga kesehatan mulut.

Sifat antibakteri yang dimiliki buah pala, secara efektif dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut atau halitosis.

10. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Buah pala dapat bertindak sebagai tonik, yaitu zat yang bisa mengeluarkan racun-racun tubuh. Oleh karena itu buah pala mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

11. Meningkatkan sitem kekebalan tubuh.

Dengan kandungan vitamin C di dalam buahnya . pala dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Menyehatkan kulit.

Zat scolopetin yang ada di dalam yang ada di dalam buah pala mampu menghentikan peradangan kulit. Bekas cacar dan bisulan pun bisa dihilangkan menggunakan buah pala.

13. Mencegah Leukimia.

Penelitian menemukan fakta bahwa senyawa kimia berupa methanol yang ada di dalam buah pala bisa mencegah kanker darah atau leukimia. Mengkonsumsi ekstrak buah pala bisa mencegah hadirnya sel-sel leukimia di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel-selnya.

14. Menghilangkan suara parau.

Minyak essensial yang ada di dalam buah pala bisa mengatasi suara parau.

15. Meredakan asam lambung.

Zat saponin yang ada di dalam buah pala bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

16. Menambah nafsu makan.

Enzim lipase yang ada dalam buah pala bermanfaat untuk menambah dan meningkatkan nafsu makan.

17. Menciptakan mata sehat.

Hal ini dapat dimaklumi karena buah pala mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

18. Mengobati sakit gigi dan infeksi gusi.

Buah pala mengandung zat samak yang sifatnya mematikan kuman di dalam tubuh.

19. Menghasilkan energy.

Didalam buah pala terdapat zat-zat yang bermanfaat sebagai penghasil energy di dalam tubuh, berupa zat pati, gula pati dan karbohidrat.

20. Menghilangkan bau badan.

Kandungan limonene dan minyak atsiri yang ada di dalam buah pala bermanfaat untuk menghilangkan bau badan.

21. Mengobati influenza dan hepatitis.

Influenza dan hepatitis disebabkan oleh virus yang ada di sekitar kita. Kandungan asam oleanolat yang ada di dalam buah pala bersifat antivirus sehingga kedua virus tersebut bisa dihilangkan.

Mengetahui betapa banyak manfaat dari buah pala ini, kita jadi mengerti mengapa negeri tercinta ini menjadi rebutan bangsa asing sehingga dijajah berabad-abad lamanya. Dari Spanyol, Inggris, Portugis, Belanda hingga Jepang.

Semoga kita menyadari dan selalu bersyukur atas kekayaan alam yang dianugerahkan Allah SWT ini. Mengelola kekayaan alam untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat adalah salah satu cara bersyukur yang paling baik.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisicintatanahair#

Rumahku, Menggapai Mardhtillah, 11 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pala banyak manfaat. Semoga sehat n sukses bu Raihana.

12 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah..., pak kepala sekolah.

12 Oct

Buah pala buah mujarab, banyak khasiat bagi kita. Bu Nana memang hebat, tulisannya selalu mengena. Buah pala banyak khasiatnya, dibuat obat manjur semua. Bu Nana ini luar biasa, kondisi sakit tetap jadi gurusianer idola.

11 Oct
Balas

Alhamdulillah, mbakku sayaaang. Mbak juga selalu ditunggu lhoo. Aku kangen puisinya mbak. Betul, mbak. Banyak tanaman yang menjadi kekayaan alam kita dan jadi rebutan. Sayang, rasa syukur kita masih kurang. Jazakumullah khoiron katsiro kunjungannya mbak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...Srikandi Dieng.

11 Oct

Alhamdulillah, amin. Doanya menyejukkan, salamnya mendamaikan. Makasih, mari kita syukuri segala karunia-Nya yang tak terhingga dan tak terkira ini.

11 Oct

Tulisan yg informatif, smoga kk cepat sembuh. Barakallah

11 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro untuk kunjungan dan doanya, deqquuu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Oct

Wah, banyak sekali manfaatnya Bu. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi. Terimakasih Bunda.

11 Oct
Balas

Alhamdulillah, jika bermanfaat. Jazakumullah khoiron katsiro untuk kunjungannya pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Oct

Yang dibuat manisan dagingnya kah....Bun...pernah coba manisannya agak pait2 sedikit...Barakallah...

11 Oct
Balas

Njih bunda, daging buahnya. Memang ada sensai rasa pahit, dikit. Tapi kalau yang manisan buah keringnya (bertabur gula pasir) rasa pahitnya hilang koq. Jazakumullah khoiron katsiro udah nyicipi manisan palanya...hehehe. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Oct

Kalau di kampung aku, buah pala muda dipakai untuk mengobati penyakit types..

11 Oct
Balas

Alhamdulillah, berarti nambah lagi referensinya. Jazakumullah khoiron katsiro atensinya bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Oct

Moga informasi sejenis jadi buku yg khas

11 Oct
Balas

Insyaallah, pak guru. Jazakumullah khoiron katsiro untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali