Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
 Buat Puding, Yuk
Fahira sedang asyik menuangkan adonan puding lychee (Dokumen pribadi).

Buat Puding, Yuk

“Uthi..., ini udah masak?” tanya Faihana (cucu) padaku sambil menunjukkan sebungkus jelly rasa lychee. “Oh...itu belum masak. Yuk...yuk.., kita masak sama-sama,” ujarku sambil mengajaknya ke dapur.

Mendengar akan membuat jelly, Fahira pun keluar dari kamarnya dan bergabung dengan kami. Tak sabar keduanya ingin menuangkan serbuk jelly ke dalam panci

“Kita buat puding aja ya. Ini jellynya ditambah agar-agar lagi. Lagian, biar kebagian semuanya,” aku pun mengambil sebungkus agar-agar dari kantong doraemon...hihihi.

Koq, ada jelly, agar-agar dan puding. Bukannya sama aja? Jelly adalah makanan ringan yang berbahan dasar ganggang laut namun memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sehingga mudah dihancurkan. Hampir sama dengan agar-agar, yang juga berbahan dasar ganggang laut namun teksturnya lebih padat dan agak keras.

Puding, apa pula itu? Puding merupakan camilan yang bisa dibuat dari agar-agar, jelly, ataupun campuran dari keduanya. Dalam membuat puding ditambahkan susu ataupun santan juga buaha-buahan, yoghurt, sari kelapa, dan sebagainya. https://pondan.com/article/perbedaan-puding-agar-agar-dan-jelly/

Selain fungsinya sebagai hidangan penutup, ternyata puding memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Dapat Melancarkan Pencernaan

Di dalam puding banyak terkandung serat. Serat sangat bermanfaat untuk membersihkan usus serta memperlancar proses pencernaan. Kondisi ini akan membuat kita terbebas dari sembelit atau susah buang air besar.

2. Sebagai Bahan Antioksidan

Ganggang laut sebagai bahan dasar jelly ataupun agar-agar yang dibuat puding, banyak mengandung klorofil. Klorofil ini dapat berfungsi sebagai antioksidan karena peranannya yang mampu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

3. Dapat Mencegah Kardiovaskular

Ekstrak ganggang atau rumput laut dalam puding bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Untuk yang terkena stroke, rumput laut juga berguna buat menyerap kelebihan garam pada tubuh. Itu sebabnya makanan ini dapat mencegah kardiovaskuler atau penyakit gangguan pada jantung.

4. Dapat Mencegah Radang Sendi

Ternyata agar-agar, jelly dan juga puding juga bisa untuk meminimalisir rasa sakit di area persendian atau radang sendi. Kandungan kolagen yang ada di dalam makanan ini, berperan penting sebagai pelumas bagian persendian.

5. Dapat Mencegah Osteoporosis

Agar-agar memiliki kandungan kalsium 10 kali lebih besar daripada segelas susu. Ini yang menjadi alasan mengapa camilan ini bisa mencegah osteoporosis. https://www.ayahbunda.co.id/keluarga-gizi-kesehatan/manfaat-positif-puding

Membuat puding tidaklah sulit. Karena di dalam tiap kemasan bahan, sudah tertera petunjuk pembuatannya. Selanjutnya tergantung pada kreativitas kita, juga dengan memperhatikan diet makanan dalam keluarga.

Untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, penambahan susu, santan, yoghurt, coklat, buah-buahan dan bahan lainnya tentu akan menjadi lebih baik. Namun, bagi orang dewasa dengan kondisi tertentu, penambahan bahan-bahan ini perlu diperhatikan.

Buat puding, yuk. Seperti yang dilakukan Fahira dan Faihana bersama Uthinya. Fahira menuangkan bubuk jelly kemudian Faihana menambahkan agar-agar, dan Uthi mencampurkan gula ke dalamnya.

Bergantian kedua bocah imut itu mengaduknya. Sementara Uthi menuangkan air sesuai petunjuk pada kemasan. Susu kental manis pun ditambahkan. Adonan itu kemudian dimasak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

Cetakan sesuai selera telah siap sedia. Fahira menuangkan adonan puding yang sudah masak ke dalam cetakan. Asssyiiiik. Sekarang tinggal menunggu adonan mengeras, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Hmmm....maknyusss.

Jika sudah terbiasa membuatnya, akan muncul kreativitas luar biasa untuk hasilkan puding indah menawan. Namun jangan lupa, buatlah puding yang tidak hanya indah dipandang, tetapi juga sedap dikudap dan memenuhi standar kesehatan.

Selamat berkreativitas, hai para Ibu. Ada jihad di dalam setiap kreativitas ibu di dapur. Jannah menantimu.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisimakanansehat#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 5 Ramadhan 1440 H/ 10 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mau dong pudingnya , Fahira dan Faihana pandai memasak puding karena ikuti uthinya yah, hehehe. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah semoga Kakak diberi kesehatan dan barakallahu fiik

12 May
Balas

Hehehe...ke sini Oma, ntar Fahira buatin puding. Pasti maknyusss. Jazakillah khoir unyuk kunjungannya, Deqquuu. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

12 May

Dari nenek ke anak dari anak ke cucu. Semuaanya jagonya masak. Barakallah Mbah Uthl sehat selalu

11 May
Balas

Alhamdulillah. Masakan rumahan aja, Mbah Buya. Jazakallah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam sehat , bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Mbah Buya.

11 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali