Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Buku IPS yang Bukan Hanya untuk Orang IPS

Buku IPS yang Bukan Hanya untuk Orang IPS

@Resensi

Judul Buku : Mewujudkan Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan.

Penulis : Drs. H. Ahmad Syaihu

ISBN : 978-602-478-514-7

Penerbit : Pustaka MediaGuru

Tahun Terbit : 2018

Tebal buku : 110 halaman

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro buku ini merupakan buku ke 4 hadiah dari gurusianer paling populer Drs. H.Ahmad Syaihu yang dihadiahkan kepada saya.

Ketika beliau meminta saya memilih dari ke empat bukunya, saya jatuhkan pilihan pada buku spektakuler ini.

Meski basic saya sebagai orang IPA, tetapi buku yang berjudul "Mewujudkan Pembelajaran IPS yabg Seru dan Menyenangkan" ini, mampu memikat hati saya.

Daya tarik pertama buku ini, terpampang di cover buku yang memberitahu bahwa kata pengantar diberikan oleh Kakanwil Kemenag Jatim dan Ketua Umum PP Fogipsi. Ditambah lagi adanya endorsement dari 4 Doktor dari berbagai disiplin ilmu. Tentunya ini satu tanda bahwa buku ini bukan buku biasa.

Lantas, ketertarikan lain apa yang membuat saya tertarik dengan buku yang bukan jurusan saya ini? Jawabannya tentu pada isinya yang mengupas tuntas tentang bagaimana seorang guru harus kreatif dan menginspirasi.

Meski di dalam bab II buku itu beliau menuliskan bahwa guru IPS harus kreatif dan menginspirasi, namun tulisan ini justru menginspirasi semua guru tak peduli jurusan apapun agar selalu "Kreatif dan Menginspirasi".

Guru yang kreatif dan menginspirasi sangat dibutuhkan dalam mewujudkan proses pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai tujuan.

Bagaimana seorang guru dapat mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar? Buku ini menjelaskan bahwa ada 4 aspek yang harus dikuasai agar selalu kreatif dalam mengajar, yaitu aspek pribadi, pendorong, proses dan produksi.

Keempat aspek tersebut dihelaskan dengan bahasa yang lugas dan penuh "gizi". Jika anda termasuk pada deretan guru-guru yang selalu ingin mengembangkan diri, sebaiknya anda miliki dan baca sendiri buku ini.

Tidak cukup sampai di situ, isi buku berikutnya semakin terasa sangat menginspirasi. Ada banyak metode pembelajaran yang dituliskan berdasarkan pengalaman sang penulis sendiri. Sehingga dengan demikian, sudah terevaluasi kelebihan dan kekurangannya.

Metode-metode pembelajaran inilah, yang menurut saya perlu kita ketahui sebagai seorang guru. Tulisan pak guru tentang cerita yang dilakoninya bersama siswa di dalam kelas, mampu membuat kita terinspirasi dan berkeinginan berbuat hal yang sama demi sebuah "lakon" yang menyenangkan dalam pembelajaran. Tujuan kita hanya satu, tercapainya tujuan pembelajaran.

Sebagai contoh dalam materi "Belajar Sejarah Bangsa" pak Ahmad Syaihu langsung mendatangkan narasumber dari LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) yang ada di Surabaya. Bukankah hal ini dapat kita contoh dengan sekali-sekali mendatangkan "orang yang kompeten" sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Selain menumbuhkan semangat bertanya pada anak, juga mengurai kebosanan anak dengan narasumber yang sama (baca: gurunya) dan menambah wawasan mereka.

Ada pula jenis permainan yang sangat beraneka ragam yang diaplikasikan oleh pak Ahmad Syaihu dalam proses pembelajaran. Konsep ini didasarkan pada dunia anak yang tidak terlepas dari dunia bermain.

Jenis-jenis permainan edukasi yang dijabarkan dalam buku ini antara lain :

1. Peta Jenius

2. Sky Way ASEAN

3. Monopoli Asia Tenggara

4. Teddy Bear ASEAN

5. Jalan Jalan ke Negara ASEAN

6. Jumanji of PBB

7.The Zatura of Social and Cultural

8. Tangga Uang

9. Box of exim

10. Uncal Ball KAA

11. Dolanan PBB

12.Shooting of GNB

13.The Archer of ASEAN

Menjelaskan keseluruhan isi buku pada resensi ini, jelas tidak mungkin. Karena itu memiliki dan membaca sendiri buku ini adalah pilihan yang "sangat baik dan tepat".

Pastikan bahwa diri anda akan terinspirasi setelah membaca buku ini, tak peduli jurusan apa yang anda miliki. Bersegeralah sebelum kehabisan. Pak guru Drs.H. Ahmad Syaihu siap dihubungi di no WA 0822-3355-4444...njih pak guru?

Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

#edisikreasiinspirasi#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 12 September 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah, kepuasan seorang penulis jika bukunya bisa menginspirasi orang lain bisa berbuat lebih dari buku yang ditulisnya, Barokallah semoga bukunya bermanfaat bu Hajjah

12 Sep
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Pasti bermanfaat...pak haji. Semoga laris manis...njih pak...hehehe. Apalagi silaturrahmi pak haji tiada henti. Pasti Allah "bayar" dengan berbagai kebaikan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...pak haji.

12 Sep

Selalu asyik membaca tulisan bunda Rai, sampai tak terasa kalimat telah berakhir

12 Sep
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro....bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallahu fik.

12 Sep

Wow....analisanya sampai ke hati Bunda...Barakallah...

12 Sep
Balas

Mantaffff...dong kalau sampai ke hati...hehehe. Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro...bunda syantiqqq. Oh...ya bunda dah punya belum? Ayooo...buruan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda Rini.

12 Sep

Saya sementara sedang menamatkan Buku Pak Guru Menjadi Tamu Allah Bun......

12 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali