Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Catatan Tarawih Malam ke-6 : Kerjakan Amal dengan Ilmu

Catatan Tarawih Malam ke-6 : Kerjakan Amal dengan Ilmu

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah kiranya hanya karena rahmat dan karunia-Nya kita kembali dapat bertemu dengan Ramadhan nan mulia penuh keberkahan.

Sebagai tanda rasa syukur, sepantasnya bagi kita untuk meningkatkan amal ibadah. Memperbanyak istighfar, memohon ampunan-Nya. Memperbaiki hubungan kepada Allah dan juga kepada sesama manusia. Dengan demikian, insyaallah akan kita capai mardhatillah.

Meningkatkan amal ibadah di bulan yang pahalanya dilipat gandakan Allah ini, haruslah dibarengi ilmu agama yang kuat.

Karena hanya dengan ilmu seseorang dapat mengetahui kewajibannya dan larangan yang harus ditinggalkan. Tidak hanya itu, dengan ilmu sekaligus dapat mengupayakan amalan-amalan sunnah yang akan semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wataala.

Dalam surat Al Anbiya ayat 7, Allah perintahkan untuk bertanya ( mencari ilmu) :

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Bertanyalah kepada ahli ilmu, jika kalian tidak mengetahuinya.”

Dengan demikian, mencari ilmu merupakan kewajiban bagi seorang muslim agar tak salah dalam menjalankan amal ibadah. Rasulullah Shalallahu alaihi wasaallam juga menyampaikan di dalam sabdanya:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِم

“Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah).

Kenapa mencari ilmu wajib hukumnya? Karena dengan ilmu kita akan mengetahui yang wajib, sunnah dan manapula yang diharamkan.

Dalam hadits yang lain Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam menyampaikan agar menjadikan ilmu sebagai hal yang pertama di setiap langkah.

Rasulullah bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

“Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allah Subhanahu Wata’ala, Dia berikan pemahaman tentang urusan agamanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Adanya ilmu, tentunya bertujuan agar ada peningkatan kualitas dalam amal ibadah yang dilakukan. Orang yang beramal tanpa ilmu, bagaikan orang yang berjalan dalam kegelapan tanpa pegangan. Sangat sulit mencapai tujuan. Kemungkinan terjatuh dan salah arah, sangat besar terjadi.

Bagi seorang muslim, sumber dari segala sumber ilmu adalah Al quran. Ambillah ilmu dari Al quran jika ingin selamat di dunia dan akhirat. Selain itu Al quran juga sebagai syifa (obat, penawar) bagi orang yang beriman.

Allah berfirman di dalam surat Al Israa ayat 82 :

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Semoga kita termasuk orang-orang yang dapat mengamalkan ilmu sehingga selamat di dunia hingga akhir masa.

Doa memohon ilmu yang bermanfaat :

اَللَّهُمَّ إِِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ , وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ , وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ , وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهاَ

“ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat dari hati yang tidak khusyuk, dari nafsu yang tidak pernah kenyang, dan dari doa yang tidak diperkenankan.”

Aamiin ya robbal alaamiin.

(Disarikan dari ceramah Al Ustadz Drs.H.Jamhir Musthofa di Masjid Al Muqorrobin Asrama Polisi Pasar Merah Medan)

Wallahu a’lam bishowab.

#edisitarawih#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, Malam ke-6 Ramadhan 1440 H/ 11 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Amal dan ilmu ibarat mata uang dengan dua sisi. Dimana keduanya saling melengkapi. Terima kasih Bun, nampaknya nanti di akhir Ramadan tulisan ini harus disatukan dalam satu buku. Salam sehat semoga Allah SWT senantiasa mengiringi langkah Bunda dan keluarga.

11 May
Balas

Betul, Pak Guru. Amal dan ilmu saling melengkapi. Amal tanpa ilmu akan buta, sementara ilmu tanpa amal menjadi sia-sia. Insyaallah akan jadi satu buku di akhir Ramadhan, mohon doa restu. Jazakallah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

11 May

Alhamdulillah, pagi pagi sudah dapatkan pencerahan tentang ilmu. Semoga kita menjadi orang yang Allah janjikan dalam firman-Nya, amin. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah semoga Kakak diberi kesehatan dan barakallahu fiik

11 May
Balas

Alhamdulillah, pagi-pagi udah ada yang nyambangi. Kakak aja yang selalu telat menyambut tamunya...ya Deq. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doa yang tiada henti. Semoga Allah ijabahkan. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

11 May

Terima kasih Uthi Rai atas ulasannya...Sangat bermanfaat ...Semoga selalu sehat dan memginspirasi..Barakallah Uthi Rai...

11 May
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Budhe Rini.

11 May

Ilmu akan menjadi cahaya dalam kegelapan. Barakallah Mbah Uthi sehat selalu

11 May
Balas

Jazakallah khoir telah melengkapi tulisan ini. Salam sehat, bahagai, dan sukses selalu, Mbah Buya. Barakallah.

11 May
search