Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Catatan Tarawih Malam ke-7 : Ramadhan Bulan Pembakaran Dosa

Catatan Tarawih Malam ke-7 : Ramadhan Bulan Pembakaran Dosa

Alhamdulillah, bersyukur kita karena telah datang kepada kita bulan yang di awalnya adalah rahmat, pertengahannya ampunan dan di akhirnya dijauhkan dari api neraka.

Enam hari telah berlalu Ramadhan. Waktu akan terus berjalan. Karenanya, sebelum Ramadhan meninggalkan kita, raih kesempatan yang Allah berikan ini.

Ramadhan datang membawa rahmat, nikmat, dan ampunan. Dalam rahmat ada kasih sayang Allah, dimana setiap ibadah yang kita lakukan diberi pahala berlipat ganda hingga 70 kali lipat. Begitu besar kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

Ramadhan bulan penuh keampunan, tempatnya doa dikabulkan. Karenanya, mari kita isi Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah, memperbanyak doa memohon ampunan-Nya.

Kata Ramadhan berarti membakar. Sehingga bulan Ramadhan merupakan bulan tempat membakar dan melebur segala perbuatan dosa yang telah lalu dengan memperbanyak amal ibadah.

Allah Subhanahu wataala berfirman dalam surat Hud ayat 114 :

إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).”

Demikian pula Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda,

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

“Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaullah dengan orang lain dengan akhlak yang baik” (HR. Ahmad 21354, Tirmizi 1987)

Ada banyak amalan-amalan yang dilakukan di bulan penuh keberkahan ini, yang akan membawa kita pada keampunan Allah. Qiyamullail dan sholat sunnah lainnya yang akan menghapus dosa-dosa masa lalu. Membaca Al quran, karena ia akan memberikan syafaat pada orang-orang yang membacanya. Memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, akan Allah berikan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa. Masih banyak lagi amal kebajikan yang bisa dilakukan dengan penuh keimanan dan ketaqwaan.

Semoga semua amal ibadah yang kita lakukan berterima di sisi Allah Subhanahu wataala. Sebagaimana janji Allah di dalam surat Ar Rahmaan ayat 60 :

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula.”

(Disarikan dari ceramah Al Ustadz H. Muhammad Nurdin Amin LC, SH, MA)

Wallahu a’lam bishowab.

#edisitarawih#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 7 Ramadhan 1440 H / 12 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selalu menyimak Bun. Semoga kita menjadi pemenang sejati di bulan penuh berkah ini.

12 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

12 May

Selalu ada kajian gurih tuk dikudap setiap hari. Tentu muhasabah diri selalu menemani, agar diri ini tak salah langkah tuk gapai ridha ilahi. Terima kasih. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah agar Kakak diberi kesehatan dan barakallahu fiik

12 May
Balas

Iya...Deq. Kakak hanya menuliskan kembali apa yang disampaikan ustadz sebelum tarawih. Salah satu cara berbagi di bulan mulia ini. Semoga bermanfaat terutama bagi diri sendiri. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

12 May

Masya Allah, serasa ikut kultum. Mantab mengedukasi

12 May
Balas

Alhamdulillah. Mencoba mengikat ilmu dengan pena. Betapa banyak ilmu yang hilang begitu saja tanpa bisa kita mengikatnya. Menuliskan kembali kajian dari Pak Ustadz ketika tarawih, menjadi salah satu caranya. Semoga bermanfaat. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Gupres.

12 May

Masya Allah, serasa ikut kultum. Mantab mengedukasi

13 May
Balas

Barakallah...Pak Guru.

13 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali