Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Catatan Tarawih Malam ke-8 : Penuhi Permintaan Ramadhan

Catatan Tarawih Malam ke-8 : Penuhi Permintaan Ramadhan

Di akhir bulan Sya’ban, Rasulullah selalu merasa sangat gembira. Karena setelahnya akan datang bulan penuh keberkahan yaitu Ramadhan. Maka jika Ramadhan berakhir beliau selalu berdoa agar Allah memberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan berikutnya.

Ramadhan datang membawa rahmat, hidayat, dan keampunan sehingga umat-Nya akan terbebas dari api neraka. Ramadhan akan mendidik orang-orang memiliki sikap solidaritas, mengasihi sesama, sabar dan penyayang.

Ketika Ramadhan tiba, wajib bagi kita untuk memuliakan dengan memenuhi permintaan Ramadhan. Apakah permintaan Ramadhan?

Ramadhan meminta agar kita bisa memuasakan seluruh organ tubuh dan emosi di siang hari. Sedangkan di malam hari, dirikan qiyamullail. Jumlah bilangan puasa dengan qiyamullail haruslah sama, sebagai wujud sikap kita dalam memuliakan Ramadhan.

Datangnya Ramadhan memberikan kesempatan pada kita untuk muhasabah, memperbaiki diri. Mengingat bahwa sejak kita diciptakan bersamaan itu kita juga memiliki keterikatan kepada Allah yang tidak bisa dielakkan yaitu ajal. Ajal akan membatasi kita. Ajal yang mengajarkan kita untuk tidak boleh sombong. Karena bagaimanapun juga, semua orang akan menemui ajalnya.

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam pun mengingatkan bahwa umur kita di dunia ini tidaklah lama, dalam sebuah hadits berikut ini: “Usia umatku berkisar antara 60 hingga 70 tahun. Sedikit sekali di antara mereka yang melebihi usia tersebut.”

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, hendaknya kita jangan lupa bahwa Allah menciptakan kita untuk mengabdi dan sebagai khalifah di bumi Allah.

Allah Subhanahu wataala berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Dan di dalam surat Al Baqarah ayat 30 :

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Karena kita diciptakan untuk mengabdi, maka penuhilah itu dengan beribadah kepada Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Adanya Ramadhan membuat kita dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Kebajikan-kebajikan yang kita lakukan sepanjang Ramadhan akan memperbaiki hubungan kepada Allah dan sesama manusia.

Sementara itu, kita juga diciptakan untuk menjadi khalifah di bumi maka menjadi kewajiban bagi kita kita untuk tidak berbuat kerusakan di muka bumi Allah.

(Disarikan dari ceramah Al Ustadz Drs.H.Manaon Batubara MA di Masjid Al Muqorrobin Asrama Polisi Pasar Merah -Medan.)

Wallahu a’lam bishowab.

#edisitarawih#

Rumahku, Menggapai Mardhrillah, Malam 9 Ramadhan 1440 H/ 14 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Paparan yang mengingatkan diri pada kwajiban dan tujuan manusia. Semoga menjadi manusia yang demikian. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah untuk Kakakku dan barakallahu fiik

14 May
Balas

Semoga kita selalu ingat asal dari mana, sedang dimana, dan mau kemana. Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquu.

14 May

Terima kasih bun, telah mengingatkan kami kembali...semoga selama bulan suci ini membawa perubahan yang lebih baik pada diri kita dan akan bertahan seumur hidup, bukan hanya di bulan Ramadhan saja, aamiin, salam sehat selalu bun...

16 May
Balas

Sama-sama Bunda. Tulisan ini yang mengikat kaji agar tak hilang. Mengingatkan diri sendiri, alhamdulillah jika bermanfaat. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Semoga derajat taqwa dapat kita gapai selamanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda Priska.M.

16 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali