Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Catatan Tarawih Malam ke-9 : Ramadhan Melatih Diri untuk Selalu Berkata Baik

Catatan Tarawih Malam ke-9 : Ramadhan Melatih Diri untuk Selalu Berkata Baik

Puasa, berarti imsyak atau menahan. Bukan hanya menahan diri dari makan dan minum tetapi juga menahan seluruh organ tubuh agar bisa menahan dari hal-hal yang keji dan mungkar.

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy)

Ada beberapa musuh Ramadhan yaitu berbohong, perbuatan yang sia-sia, dan bicara yang kotor. Musuh-musuh Ramadhan ini dapat membuat kita hanya memperoleh lapar dan haus. Dengan demikian, memuasakan seluruh organ tubuh sesunguhnya harus dilakukan agar puasa bernilai taqwa.

Latihan selama Ramadhan ini, hendaknya akan membawa hasil pada kebiasaan untuk selalu berkata baik. Begitupun orang tua harus senantiasa berucap hal-hal yang baik kepada anaknya. Karena setiap perkataan dari orang tua kepada anaknya bagaikan doa seorang nabi kepada umatnya.

Demikian dahsyatnya nilai perkataan orang tua kepada anaknya, maka mengharuskan kita untuk selalu berhati-hati di dalam berucap.

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam mengingatkan akan dahsyatnya doa orang tua kepada anaknya, dalam hadits berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536.)

Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa menahan diri dari perkataan yang tidak baik dan sia-sia.

(Disarikan dari ceramah Al Ustadz Muhammad Yusuf Qardhawi SH di Masjid Al Muqorrobin Asrama Polisi Pasar Merah Medan)

Wallahu a’lam bishowab.

#edisitarawih#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, Malam 9 Ramadhan 1440 H/ 14 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Amin

15 May
Balas

Aamiin ya robbal alamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

15 May

Amin, semoga terhindar dari hal demikian, agar puasa yang dilakukan peroleh sesuatu yang seharusnya dan tak sia sia. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

14 May
Balas

Itu memang tujuan puasa, agar kita terlatih menahan diri. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

14 May

Semoga kita bisa menjaga mulut dan hati kita. Jika mulut dan hati sejalan. Keluarga selamat jiran senang masyarakat aman dan Negara akan sejahtera. Batakallah Mbah Uthi sehat selalu

14 May
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Mbah Buya.

15 May

Waduh, mesti ekstra hati-hati terhadap buah hati, sekalipun kita jengkel, karena Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536.). Semoga bisa senantiasa berkata dan berdoa yang baik2 untuk anak-anak. Terimakasih sudah diingatkan, semoga terus berkarya Bunda, semoga sukses selalu selamanya

14 May
Balas

Bismillah, insyaallah kita bisa menjaga lisan. Alhamdulillah wa jazakallah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Gupres.

14 May

Begitu hebatnya para ibu. Terus semangat para ibu mendoakan anaknya yg terbaik

14 May
Balas

Allah memuliakan para ibu. Semoga kita bisa mensyukuri nikmat Allah ini, dengan selalu berkata baik. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

14 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali