Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Deklarasi Ikatan Pendidik Penulis Sumatra Utara (IPPSU) di Istana Maimoon Medan

Deklarasi Ikatan Pendidik Penulis Sumatra Utara (IPPSU) di Istana Maimoon Medan

Berada diantara guru-guru hebat se-Sumatra Utara sungguh tumbuhkan rasa yang berbeda. Ada banyak rasa yang memenuhi rongga dada. Dari rasa haru yang membiru, bangga hingga bahagia.

Rasa haru menyerbu melihat kobaran semangat sahabat-sahabat guru untuk memantik api literasi di provinsi tercinta. Bangga menjadi bagian dari mereka yang tulus ikhlas merajut satu per satu benang-benang halus literasi. Bahagia karena dapat ikut serta bersama mereka meski hanya sebutir debu.

Sesuai rencana, titik kumpul teman-teman IPPSU berada di pelataran gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatra Utara. Sejak pukul 07.00 WIB, para guru penulis dari berbagai daerah di Sumatra Utara mulai berdatangan. Sambil menunggu, kesempatan itu digunakan untuk saling mengenal satu dengan lainnya.

Dalam waktu yang bersamaan, ternyata saat seperti ini menjadi ajang reuni tipis-tipis karena berasal dari almamater yang sama, yaitu IKIP Negeri Medan yang kini bernama UNIMED.

Tak ada kesempatan yang berlalu tanpa foto sana dan sini. Senyum ceria menghiasi bibir para guru penulis. Berfoto bersama bingkai cover karya masing-masing. Berharap sepenuh hati semoga hasil karya dapat menginspirasi.

Tepat pukul 08.00 WIB , rombongan pun bergerak menuju halaman Istana Maimoon Medan yang berada tepat di depan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatra Utara. Acara deklarasi pun dimulai dengan tertib acara sebagai berikut:

Tertib acara Deklarasi IPPSU🌻

🌺 *PEMBUKAAN*

MC oleh : Ibu Fadillah Rahmi

🌺 *Doa*: oleh Bpk Samiun Alim

🌺 *ORASI 1* : Pembacaan Puisi

Oleh : Ibu Nur Hilmi Daulay

*🌺ORASI 2 : Latar Belakang*

pendirian IPPSU

Oleh : Bpk Abdul Latif Rusdi

🌺 *DEKLARASI* : Pembacaan

IKRAR* Oleh : Ibu Wiwik

Puspitasari

🌺 *SAMBUTAN 1 :*

Oleh : Bpk Mohammad Ihsan Pemimpin Umum MediaGuru.

🌺*SAMBUTAN 2 :*

Oleh : Prof.Dr.Irmayanti Psi, Guru Besar USU Medan.

Setelah dekalarasi selesai, seluruh penulis berjalan berarak menuju ke pelataran gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatra Utara. Arak-arakan ini, tentunya menjadi perhatian masyarakat yang melintasi jalanan jantung Kota Medan saat itu. Semoga ini merupakan langkah yang baik dalam menumbuhkan perhatian masyarakat bagi gerakan literasi di Sumatra Utara.

Rombongan IPPSU, diterima oleh Sekretaris Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumtra Utara, Ibu Jojor Sitorus S.Sos, M.Si mewakili Kepala Dinas yang sedang berada di luar daerah dalam kaitan tugas perpustakaan nasional.

Rangkaian acara di pelataran perpustakaan daerah Sumatra Utara ini, diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Salamuddin Tanjung, M.Pd penulis dari Langkat. Bermunajat dengan hidmat agar IPPSU dapat berbuat banyak bagi gerakan literasi di Sumatra Utara.

Betapa bahagia dan bangganya para guru penulis, karena Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatra Utara menerima IPPSU sebagai mitra kerja dalam membumikan literasi. Dalam kesempatan itu, Ibu sekretaris meminta kepada MediaGuru untuk membuat katalog judul-judul buku para guru. Katalog ini, akan menjadi referensi Dinas Perpusda untuk pengadaan buku di tahun anggaran 2020. Gemuruh tepuk tangan pun memenuhi pelataran gedung perpustakaan saat itu.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Mohammad Ihsan mensuport seluruh rekan guru penulis yang hadir, “Jika selama ini MediaGuru berusaha membakar semangat para guru untuk menulis, yang dilakukan Ibu sekretaris Perpusda justru seolah menyiramkan bensin yang mengakibatkan kobaran semangat itu semakin menyala.”

Di penghujung acara, IPPSU menyerahkan buku-buku hasil karya para guru untuk perpustakaan daerah sebagai pemantik semangat untuk berkarya lebih baik lagi.

Ayo, IPPSU mari kita jaga semangat ini agar tetap membara. Kita ciptakan kerja sama yang baik, saling bahu membahu tegakkan literasi di provinsi tercinta.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisideklarasiippsu#

Perpusda Sumut, Sebiru langitku secerah harapanku, 27 Juni 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat untuk IPPSU, selamat menggelorakan literasi di SUMUT, Barokallah

27 Jun
Balas

Jazakallah khoir, Pak Haji. Salam literasi dari IPPSU. Semoga Pak Haji sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

27 Jun

Selamat dan sukses , sangat menginspirasi dan semakin mngobarkan gerakan literasi. Luar biasa Bunda.... Barakallah...

30 Jun
Balas

Selamat IPPSU, semoga Literasi semakin menggelora di tanah Sumatera khisusnya Medan. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu Uthi.... Barakallah

27 Jun
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir, Bu Pengawas. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu syantiiiqqqq.

27 Jun

Subhanallah IPPSU luar biasa menggeliatkan Literasi di tanah Medan. Acara ini tentu menjadi amunisi yang luar biasa bagi para penulis Medan yang tergabung dalam IPPSU, juga ajang perkenalkan masyarakat tentang literasi. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

27 Jun
Balas

Alhamdulillah. Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

27 Jun

Wow ...Semangat yang luar biasa..Serasa ikutan hadir di sana..hi.hi..hi...Salam sehat dan bahagia Uthi Rai...Barakallah...

28 Jun
Balas

Barokallah IPPSU..smoga terus semangat dalam menggerakkan literasi di tanah bertuah

09 Jul
Balas

Semoga IPPSU jaya.

28 Jun
Balas

IPPSU Mantap

27 Jun
Balas

Alhamdulillah. Jazakallah khoir, Pak Taufiq.Bantu IPPSU...yaa. Barakallah.

27 Jun

Ya Allah. Doa -doa kita di jawab oleh sang Maha Pencipta. Hari ini cuaca cerah dan matahari tampak bersahabat dengan kita. Artinya semangat kita khususnya IPPSU seperti energi matahari dalam memanaskan bumi literasi di negeri Sumut nan bertuah.

27 Jun
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Sumut negeri bertuah. Jazakillah khoir, Bu Guru syantiiq. Barakallah.

27 Jun

Alhamdulillah, Semoga IPPSU, Terus membara dalam berliterasi, menuju bangsa yang maju dan bermartabat. Barakallah. Sehat dan sukses selalu, Ibu Raihana

06 Aug
Balas

Semangat yang luar biasa....dengan niat yang begitu mulia...mudah2an misi yang luar biasa ini terwujud utk negeri ini....dan untuk para generasi penerus!!!

27 Jun
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jzakillah khoir, Bunda. Salam literasi. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru.

27 Jun

Semangat yang luar biasa....dengan niat yang begitu mulia...mudah2an misi yang luar biasa ini terwujud utk negeri ini....dan untuk para generasi penerus!!!

27 Jun
Balas

Terima kasih, Bu.

27 Jun
search