Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Demi Kelancaran Proses Katabolisme Kami pun Bernyanyi Bersama ( Suatu Metode Pembelajaran)
Siswa Kelas XII IPA 2 Tahun Pelajaran 2018-2019 ketika menyanyikan lagu Glikolisis pada proses pembelajaran.

Demi Kelancaran Proses Katabolisme Kami pun Bernyanyi Bersama ( Suatu Metode Pembelajaran)

Proses katabolisme adalah reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang hasil akhirnya berupa energi. Salah satu contoh proses katabolisme adalah Respirasi. Berdasarkan kebutuhan oksigen respirasi dibedakan atas dua macam, yaitu respirasi aerob dan respirasi an aerob. Respirasi aerob berlangsung melalui tiga tahapan yaitu Glikolisis, Siklus Krebs dan Transfor Elektron.”

Kujelaskan tahap demi tahap proses kimia yang terjadi pada Glikolisis dengan menggunakan gambar yang ada didalam buku. Ada 9 tahapan di dalam proses glikolisis.

Pada setiap tahapan, kujelaskan proses apa yang terjadi, bahan dan hasil reaksinya serta enzim yang terlibat. Setiap selesai dua tahapan, kutanyakan kembali pada mereka apa yang sudah kujelaskan. Dengan demikian kuharap mereka dapat mengerti.

Inilah gambaran proses glikolisis yang harus mereka fahami :

Namun, kulihat tanda-tanda kejenuhan dan kelelahan serta ada pula tersirat ketidak mengertian di wajah mereka. Aku ingat, ada tips yang kuperoleh dari berselancar di “dunia maya”. Mengaplikasikan proses kimia ini ke dalam lirik lagu, sehingga mudah dihafal dan difahami.

Sebagai contoh 9 tahapan glikolisis, diaplikasikan ke dalam lagu Balonku ada 5, sebagai berikut:

Glukosa…Glukosa 6 fosfat ( Balonku ada 5)

Fruktosa 6 fosfat (Rupa-rupa warnanya)

Fruktosa 1,6 difosfat (Hijau kuning kelabu)

3 PGAL…3 PGAL…(Merah muda dan biru)

!,3 difosfogliserat (Meletus balon hijau)

3 Fosfogliserat (Hatiku sangat kacau)

2 Fosfogliserat (Balonku tinggal 4)

Fosfoenolpiruvat (Kepeganga erat erat)

Piruvat

Setelah beberapa kali menyanyikannya, ternyata mereka dengan cepat bisa menghafalnya. Kubuktikan dengan meminta dua orang siswa untuk menuliskan di papan tulis tahapan Glikolisis tersebut sambil bernyanyi.

Begitupun kulakukan untuk memudahkan menghafal dan memahami Siklus Krebs berikut ini:

Asetil ko-A , Sitrat ( Selamat tinggal kasih)

Isositrat, NADH (Sampai kita jumpa lagi)

Ketoglutarat, NADH ( Aku pergi takkan lama)

Suksinil ATP Suksinat (Hanya sekejap saja)

FADH Fumarat (Ku akan kembali lagi)

Malat, NADH, Oksalo asetat (asalkan engkau tetap menanti)

Kukatakan pada mereka bahwa lagu-lagu ini hanya sebagai contoh. Jika mereka menginginkan “aransemen” lagu kesukaan mereka, itu lebih bagus lagi. Yang paling penting, kita mendaptkan cara yang mudah untuk memahami reaksi katabolisme tersebut.

Kulihat mereka asyik dengan “lagu barunya” ini. “Bu, kita nyanyikan sekali lagi,” begitu pinta mereka ketika bel pergantian pelajaran berbunyi. Demi kelancaran proses katabolisme, kami pun bernyanyi bersama.

Wallahu a’lam bishawab.

#edisiinovasidankreasi#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 9 September 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah...metode yang luar biasa Bu. Bu Rai memang dalang yang tidak kurang lakon! Mantap!

09 Sep
Balas

Dalang...dalang...hehehe. Alhamidulillah, jazakumullah khoiron katsiro pak guru. Itu hasil berselancar di dunia maya mencari metode pembelajaran. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...pak guru.

09 Sep

He..he...asyik2...seperti teknik di PAUD Bun.....

10 Sep
Balas

Njih...bunda. Yang penting, anak-anak bisa memahami pelajaran dengan mudah. Alhamdulillah, jazakumullah khoirin katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

10 Sep

sangat menginspirasi....barakallah

10 Sep
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro...bunda. Salam literasi dan salam kenal dari Medan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

10 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali