Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Generasi Alfa Paling Cerdas dan Sejahtera
Fakhril Muhammad Keyoza Alfarezel, cucu penulis ( Dokpri)

Generasi Alfa Paling Cerdas dan Sejahtera

Namanya Fakhril Muhammad Keyoza Alfarezel. Kehadirannya tepat setahun yang lalu 25 Juni 2018, sebagai cucu laki-laki pertama bagi penulis dari ketiga cucu yang penulis miliki.

Dari informasi yang penulis dapatkan, anak-anak yang terlahir setelah tahun 2010 disebut sebagai Generasi Alfa. Itu berarti Generasi Alfa ini memiliki usia paling tua adalah 9 tahun di tahun 2019 ini.

Meski kelompok usia ini masih berada di sekolah dasar, namun mereka sudah mengenal teknologi bahkan di usia mereka yang masih hanya beberapa bulan saja. Bukan sekadar informasi ataupun teori yang didapatkan, tetapi penulis memang mengalami sendiri akan hal ini.

Penulis mengalami sendiri bagaimana Fakhril yang hari ini tepat berusia satu tahun akan dengan tangkas mengambil ponsel yang tergeletak, meletakkannya ke telinga sambil berkata: “Aoo...(red: hallo).” Atau ia juga bergaya mengusap layar android, seperti yang dilihatnya dari orang-orang di sekitarnya.

Generasi Alfa yang juga disebut sebagai generasi Digital Native yaitu generasi yang lahir dan besar di era internet. Mereka sudah terpapar dengan teknologi sejak lahir.

Situasi dan kondisi kemajuan teknologi yang sangat pesat ini pasti akan mempengaruhi kehidupan mereka, mulai dari perilaku sehari-hari hingga cara belajar dan pergaulannya.

Dengan berbagai kemudahan dalam mendapatkan informasi membuat Generasi Alfa ini menjadi generasi yang cerdas. Namun tidak bisa dimungkiri pula semua kemudahan teknologi tersebut dapat berdampak buruk bagi mereka jika orang tua tidak menjalankan perannya dengan baik.

Mengucilkan mereka dari teknologi, juga bukan merupakan solusi yang baik karena teknologi itu pula yang membuat mereka tidak tertinggal untuk memasuki era 4.0. Di sinilah peran orang tua dalam membimbing anaknya agar dapat memanfaatkan berbagai teknologi dengan cara yang baik dan benar.

Selamat ulang tahun yang ke-1 cucu Uthi, Fakhril Muhammad Keyoza Alfarezel. Semoga sehat selalu. Kelak menjadi generasi qurrota a’yun penegak agama Allah dan Rasul-Nya, kebanggaan dan penyejuk hati orang tua, menjadi bagian pengisi pembangunan nusa serta bangsa. Aamiin ya robbal alaamiin.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisiulangtahunfakhril#

Lembah DIM, 25 Juni 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

ok bun. Cerdas ceria. Salam ..

25 Jun
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir, Pak Guru. Salam sehat , bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

25 Jun

Lucu dan mengemaskan. Met milad Fakhril selalu sehat dan soleh sayang. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah bunda Rai

25 Jun
Balas

Alhamdulillah, Fakhril memang lucu dan menggemaskan, Pak Guru. Jazakallah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Mulya.

25 Jun

Ih, lucunya Fakhril. Barakallahu fii umrihi, semoga jadi anak salih. Fakhri yah, pernah tuh telpin aku, pas di angkat mati, katanya Fakhril yang telpon. Owalaaa, anak sekecil itu, sudah bisa aoooo, hihihi...lucunya. teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

25 Jun
Balas

Iya...Deqquuu, Fakhril sering mencet-mencet hp yang tergeletak di dekatnya. Bergaya seperti orang dewasa menelepon. Hazaaabbb...awaq, dibuat generasi milenial ini. Harus ekstra hati-hati memang. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dn sukses selalu. Barakallah, Deq.

25 Jun

Duh...gemezzzz...Barakallah fii umrik buat Fakhril yang lucu dan imut...Semoga menjadi anak yang sholih dan menjadi penyejuk mata bagi orang tua...Barakallah Uthi...

25 Jun
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Alahamdulillah wa jazakillah khoir untuk doanya, Budhe Rini. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, Budhe.

25 Jun

Keren ibukk.. met ultah baby Fakhril.. so happy have a granny like yours

25 Jun
Balas

Thank you very much, aunty. Aamiin. Selamat begabung di rumah besar para guru, Bu Guru Lasma Dewi Anita Panjaitan. Semangat belajar dan berbagi kita di sini. Sehat dan sukses selalu, Deqquuu.

25 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali