Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Gurusiana Cara Bijak Bermedia Sosial

Gurusiana Cara Bijak Bermedia Sosial

Seakan tak terbendung, pertemanan di dunia maya mengalahkan pertemanan di dunia nyata. Serasa tak yakin dengan pertemanan di dunia nyata, ketika bertemu masih ada juga yang bertanya : “Eh...kita berteman di ( fb, ig, wa, dan sebagainya) kan ?”

Saat ini, hidup tak bermedia sosial rasanya hambar. Bagaikan sayur kurang garam atau malam tak berbintang.

Di rumah atau di tempat-tempat umum, dapat kita hitung berapa menit orang dapat bertahan tanpa media sosial. Berinteraksi dengan teman sebelah ketika menunggu antrian menjadi barang yang sangat langka.

Media sosial, kehadirannya sungguh sangat berpengaruh. Yang jauh menjadi dekat, yang dekat (seharusnya) menjadi semakin dekat. Tapi, faktanya justru menjauh karena keasyikan masing-masing. Semoga itu hanya tampilan fisik belaka.

Mengawali dan menutup hari, media sosial bertabur aneka rasa dari sejuta cerita. Dari mulai rasa syukur, bahagia, gembira, suka dan duka bahkan kemarahan juga kesedihan.

Banyak pula yang hanya sekedar memberitahu posisi diri sehingga seisi dunia (nyata dan maya) dapat mengetahui sedang apa dan berada dimana. Atau menyampaikan rasa gundah nan gulana yang menerpa jiwa. Tidak sedikit pula yang menebar ilmu yang bermanfaat dan doa pada sesama.

Penelitian tipis-tipis mengatakan, sesungguhnya apa yang ditampilkan seseorang pada media sosialnya merupakan gambaran seperti itu pula dirinya.

Tak cukup hanya itu, berita hoaks pun berseliweran dengan mudah. Bahkan untuk kabar paling urgen sekalipun, orang masih bisa meragukan: “Hoaks apa gak sih?” Pertanyaan yang kerap muncul sebagai gambaran betapa sangat menyangsikannya berita di media sosial tersebut.

Namun, tidak demikian di gurusiana. Meski, kualitas bermedia sosial tergantung pada individu masing-masing, gurusiana hadir sebagai salah satu cara bijak bagaimana bermedia sosial.

Ada beberapa alasan yang mendukung akan hal itu. Antara lain:

1. Di gurusiana selalu mengawali dan menutup hari dengan berbagi informasi, inspirasi dan motivasi. Ditambah lagi ada untaian doa yang tulus dari lubuk hati. Tak sedikit pula tumbuh rasa empati jika ujian dan cobaan melanda diri.

2. Gurusiana bebas dari tulisan copas. Sesekali muncul, tak kan diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang di sini. Sekecil apapun tulisan di gurusiana, itu merupakan hasil karya sendiri yang patut dihargai. Artinya, gurusiana mengajarkan pada penghuninya untuk mencipta dan mengasah prestasi. Jangan sangsi berkreasi, karena ada saling asah dan asih di gurusiana ini.

3. Gurusiana bebas dari rasa marah dan kebencian. Jikapun sesekali tertuliskan rasa kesal bercampur amarah, namun dengan santun dapat saling meredakan. Tapi, ini sangat jarang terjadi. Tidak seperti di media sosial lainnya, dimana kemarahan, caci maki dan saling menghujat seakan tidak bisa berhenti. Astaghfirullah, sungguh membuat miris di hati.

4. Konon pula berita hoaks, sungguh amit-amit dan tak pernah ada di rumah besar para guru ini.

5. Gurusianer, berbahagialah anda. Karena saat ini anda berada di dalam media sosial paling bijak yaitu gurusiana.

Wallahu a'lam bishowab.

#edisibacalingkungan#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 08 Januari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat setuju, gurusiana cara bijak bermedia sosial. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir Pak Guru. Aman rasanya bermedsos di gurusiana. Salam sehat, bahagia dsn sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

09 Jan

Alhamdulillah Barokallah salam sehat selalu

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Haji.

09 Jan

Tepat sekali Bunda...analisa yang tajam dan terpercaya...sehat selalu Bunda Rai...barakallah

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, gurusiana membuat nyaman bermedsos. Kadang, bikin merinding kabar-kabar yang berseliweran di medsos lain. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya, Bu Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Subhanallah, penelitian tipis-tipis yang justru mempertebal silaturahim. Kak Rai selalu jeli memandang sesuatu yang hampir tak terpikir olehku padahal kurasakan. Benar sekali, kondisi gurusiana amat berbeda dengan medsos yang lain, yang seringkali membuat hati tak nyaman. Mungkin karena untaian doa selalu mewarnai blog ini, hingga rahman-Nya selalu terlimpah untuk para gurusianer. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahman-Nya agar Kakak diberikan kesehatan dan barakallah

08 Jan
Balas

Alhamdulillah, semoga tetap bisa kita jaga semua ini dengan baik. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya, deq. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan

Penelitian tipis-tipis nya luar biasa bun. Untaian nada tulisan serasa menyihir mata untuk tidak melewatkan setiap kata yang tertoreh. Lembut, santun dan bermakna serta mudah dicerna. Terimakasih bunda Rai. Semoga selalu sehat, sukses dan bahagia. Barakallah.

08 Jan
Balas

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah semata. Jazakillah khoir, Bunda Rita. Semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan

Gurusiana pokoknya... T.O.P ...Sukses untuk kita semua di sini. Ulasan yang sangat tepat dengan membandingkan beberapa sosial media yang ada. Gurusiana memberi alternatif yang luar biasa untuk saling asah, asih dan asuh dalam bingkai kesantunan bermedia sosial. Tetap menulis....Terima kasih atas inspirasi paginya...Barakallah Bunda Rai...

08 Jan
Balas

Gurusiana pancen oyeee. Betul, ada saling asah dan asih yang semoga tetap terjaga. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda Rini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan

Horee... di sini jua ku bersua Bunda Rai, Bu Pipi,Bu Rini dkk....sehat dan bahagia semua....

08 Jan
Balas

Horeeee..., di sini jua aku berjumpa Bunda Fila dan teman-teman gurusianer yang cetar membahana. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan

Masya Allah...beruntungnya aku ada di rumah ini. Sukses selalu bu

08 Jan
Balas

Alhamdulillah, kita berada di rumah besar yang mendatangkan banyak manfaat. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

08 Jan

Masya Allah Bunda...tulisan nya lancar mengalir indah. Fenomena dunia maya jaman now yaa Bunda...senang sekali bisa bergabung di blog ini bertemu orang orang hebat seperti Bunda. Sehat sukses selalu yaa Bunda Barakallah

08 Jan
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir Bunda Fera. Saya merasakannya, Bunda. Kesibukan menyambangi gurusiana mendatangkan banyak manfaat. Sama-sama kita belajar di sini, ya Bund. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

08 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali