Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Hari Terakhir Simulasi UNBK: Cintamu Hanya Pelarian Belaka
Dokpri

Hari Terakhir Simulasi UNBK: Cintamu Hanya Pelarian Belaka

Simulasi UNBK Hari Terakhir: Cintamu Padaku Hanya Pelarian

Pukul 07.30 WIB , siswa kelas XII terlihat berbaris rapi di depan laboratorium komputer. Hari ini, hari terakhir simulasi unbk dengan mata pelajaran pilihan dari tiap-tiap jurusan.

Terlihat wakil kepala sekolah bidang kurikulum, memberikan arahan dan bimbingan. Baik jurusan IPA ataupun IPS hanya memilih satu mata pelajaran yang merupakan ciri khas pelajaran jurusan. Ada biologi, fisika dan kimia di jurusan IPA. Untuk jurusan IPS, siswa bisa memilih diantara geografi, sosiologi atau ekonomi. Jika jurusan bahasa, ada antropologi, sastra Indonesia, dan bahasa asing ( Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Perancis).

Dari 40 siswa kelas 12 IPA2 yang berhasil kuinterview, 1 memilih kimia, 3 fisika dan 36 biologi. Apakah mereka memang gandrung dengan pelajaran biologi? Jawabannya, sungguh membuat hatiku pilu...hiks....hiks.

“Supaya lolos unbk saja, Bu. Wong saya nanti mau ambil jurusan arsitektur di perguruan tinggi,” salah seorang dari mereka menjawab. Rata-rata seperti itu. Owalaa...dalah, piye tho iki. “Berarti cintamu padaku hanya pelarian saja.” Grrrr...tawa anak-anak pun serempak terdengar. Ucapku pada mereka selaku guru biologi.

Padahal pemilihan satu mata pelajaran saja bertujuan agar siswa lebih fokus pada pendalaman materi di mata pelajaran peminatan. Seperti yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi:

"Pilihan mata pelajaran kita ingin fokus ke pendalaman materi. Kalau anak memilih, maka materi akan lebih dalam. Sehingga nanti hasilnya jadi luas dan mendalam. Kalau hanya tiga mata pelajaran saja nanti siswa hanya luas saja, tidak menguasai secara dalam," kata Muhadjir dalam acara Refleksi Kemendikbud Tahun 2016 di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 30 Desember 2016. (https://www.liputan6.com )

Hal ini sudah kurasakan dari sejak awal diluncurkannya program ini. Rata-rata siswa di sekolah kami (90%) tidak memilih pelajaran yang mendukungnya untuk masuk perguruan tinggi. Mereka justru memilih pelajaran yang dirasa mudah, tidak mau sulit-sulit. Di jurusan IPA, biologi menjadi pelajaran pavorit ketika unbk, sedangkan di IPS pelajaran sosiologi.

Jika hanya satu yang harus mereka pilih, kasihan mereka karena banyaknya pelajaran yang menjadi beban. Dari pelajaran peminatan, lintas minat, dan akhirnya tidak berminat.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisisimulasiunbk#

SMA Negeri 14 Medan, 8 Pebruari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sama bunda Rai, di saya juga kondisinya demikian. Bedanya IPS geografinya boanyakk membeludak. Alasana mereka pak mulya mata pelajaran seru. Saya tes melalui TO nilainya mmm. Terus menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

10 Feb
Balas

Alhamdulillah. Kalau Pak Mulya guru geografinya mah ok. Walau nilainya mmm. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

11 Feb

Semoga lancar UNBK nya. Semoga sehat dan sukses bu Raihana.

09 Feb
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakallah khoir Pak Kepala Sekolah. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Feb

Asal jangan cinta Abah yang lari Kak, hehehe. Bisa aja Kakak nih. Selalu buat hati ini riang. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

08 Feb
Balas

Insyaallah Abah ndak lari kemana-mana. Habis tuh anak-anak ambil biologi karena takut fisika dan kimia. Makanya, cintanya cuma pelarian saja...hihihi. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

11 Feb

He..he...pelsrian yang indah Bun....Semoga sukses selalu Bunda Rai..Barakallah...

08 Feb
Balas

He...eh.., pelarian yang indah. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda Rini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Feb

Arahan itu ada benarnya ibu, alasannya biar tak repot.Apa yang diidealkan ternyata jauh meleset. Selamat ibu.

10 Feb
Balas

Nggih, Pak. Pemetaan pun akhirnya tak didapatkan. Jazakallah khoir untuk kunjungannya, Pak Pengawas. Salam takzim. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Feb

Gak mampir, kok merindu. Barakallah. Uti.

09 Feb
Balas

Alhamdulillah, ada alien yang merindu. Jazakallah khoir untuk rindunya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

11 Feb

Guru hebat akan menghasilkan siswa hebat insyaAllah

10 Feb
Balas

Aamiin yaa tobbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan Bu Guru yang baik hati. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah. Horas!

11 Feb

Cinta pelarian oh ternyata yaa bunda. Inspiratif bunda hebat. Sehat sukses selalu bun, barakallah

09 Feb
Balas

Hehehe..iya Bunda, jadi malu nih. Jazakillah khoir sudah mampir jauh-jauh dari Sumbar. Salam sehat dan sukses selali. Barakallah, Bunda.

11 Feb

Begitulah bunda ..kalau menurut aku sih beban kurikulum kita memang terlalu berat...andai boleh usul..ada pengurangan mapel....misal IPA ya fokus ke Matematika, Fisika, Kimia Biologi, bahasa Inggris, TIK.. IPS fokus di matematika, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, bahasa Inggris, TIK Bahasa : Indonesia, Inggris plus bahasa Asing Umum cukup agama, seni dan olah raga Kira-kira begitu bunda...biar lebih fokus Salam Kurikulum bunda

08 Feb
Balas

Pemikiran kita sama Bunda. Tetapi mungkin pemikiran kita belum bisa diterima oleh para ahli kurikulum. Jazakillah khoir untuk apresiasinya. Salam kurikulum. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

11 Feb

Sepertinya pilihan ke Biologi karena ada sesuatu. Gurunya hebat. Logikanya, di Biologi ada Bu Hana. Sang guru hebat.... Barakallah

08 Feb
Balas

Bener sekali...guru hebat

08 Feb

Nggih, Pak pilihan ke Biologi karena ada sesuatu, yaitu karena takut fisika dan kimia. Makanya cintanya palsu..hiks...hiks. Jazakallah khoir untuk kunjungannya, Pak Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak guru Arif R. Saleh.

11 Feb

Alhamdulillah, ada Bu Dosen Srie Faizah Lisnasari. Waah...kalau guru hebat, belum sampai ke situ, Bu. Masih jauh panggang dari api. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, sahabatku. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali