Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Ingin Anak Pintar Matematika, Ajari Ia Cinta
Cover Buku : Guru Emteka Punya Cerita, karya bu guru Rachmani Dewi

Ingin Anak Pintar Matematika, Ajari Ia Cinta

Ingin Anak Pintar Matematika, Ajari Ia Cinta

@Resensi

Judul buku : Guru Emteka Punya Cerita ( Mengupas

Matematika Tak Sebatas Angka )

Penulis : Rachmani Dewi

Penerbit : Pustaka MediaGuru

Tahun terbit : 2018

Tebal buku : 84 halaman

Judul di atas, koq terasa gak nyambung ya ? Iya, jika tidak melanjutkan membaca tulisan ini. Makanya, kita lanjut terus membacanya ya.

Kalimat di atas muncul di dalam pikiranku setelah membaca buku spektakuler dari finalis olimpiade matematika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Namanya Rachmani Dewi dengan panggilan akrab bu Dewi.

Kesehariannya sebagai guru matematika di MI Unggulan Daarul Fikri di Cikarang Barat Bekasi, membuat dirinya sangat memahami kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi siswanya dalam mempelajari matematika.

Pengalamannya itulah yang ia tuangkan dalam karyanya bertajuk ; “Guru Emteka Punya Cerita”. Jika semua orang meyakini bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik, maka buku yang ditulis berdasarkan pengalaman ini dapat kita jadikan pedoman untuk mendampingi dan membimbing anak-anak kita agar “pintar” matematika.

Kebanyakan kita membayangkan angka-angka dan rumus-rumus yang memusingkan jika mendengar nama matematika disebutkan. Namun bu Dewi mampu menjelaskan di dalam bukunya ini, bahwa matematika tidak semata angka-angka dan rumus yang rumit.

Ternyata, ada cinta dan kasih sayang di dalam matematika. Bu Dewi melalui pengalaman bersama siswanya di dalam kelas, membuktikan bahwa cinta,kasih sayang dan kemampuan berbahasa seorang anak membuat anak dapat dengan mudah memahami matematika.

Tidak cukup sampai di situ, bu Dewi juga sudah membuktikan bahwa menghafal Al Quran dapat membantu anak dalam pelajaran matematika. Koq bisa ? Nah penjelasan bu Dewi dalam masalah ini sangat berbau biologi. Karena itu, aku pun sangat setuju dengan argumennya.

Manusia terlahir dengan milyaran sel saraf. Masalahnya, sel-sel saraf itu, nyambung apa nggak. Kalau gak nyambung, waah…gawat. Pernah ngomong sama orang yang gak nyambung? Sakitnya tu di sini…hehehe.

Jembatan yang menghubungkan sel saraf (neuron) yang satu dengan neuron lainnya disebut Sinaps.

Ketika seseorang menambah hafalan Al Quran, maka akan terbentuk “sinaps” baru di dalam otaknya.

Dengan demikian, jika hafalan Al Quran-nya bertambah, maka sama artinya dengan bertambahnya jumlah sinaps baru yang terbentuk didalam otak. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikirnya semakin baik.

Pengalaman bu guru ini, juga mementahkan pendapat bahwa hanya anak dengan IQ tinggi, yang pintar matematika. Ternyata, anak dengan kemampuan EQ (Emotional Quotions) yang baik justru dapat memahami matematika dengan baik pula.

Lantas, cinta dan kasih sayang seperti apa yang harus kita berikan agar anak-anak kita pintar matematika? Sebaiknya, anda membaca sendiri buku spektakuler ini. Bukankah anda sangat menginginkan si buah hati pintar matematika ?

Segera hubungi bu Rachmani Dewi di no 0816 481 6682

Wallahu a’lam bishowab

Kepada Bu Guru Rachmani Dewi, jazakumullah khoiron katsiro. Buku ini sampai ke tangan saya Jumat sore kemarin. Salam sehat dan sukses selalu, bu guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

#edisibelajarmembaca#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 6 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Stigma bahwa matematika itu sulit harus segera dihapus, ya!

06 Oct
Balas

Sangat stuju pak guru. Itu makanya, jika ingin anak pintar matematik, ajari ia cinta...hehehe. Jazakumullah khoiron katsiro sudah mampir. Barakallah....pak.

06 Oct

Cinta sumber inspirasi kehidupan, apapun akan mudah dengan cinta

06 Oct
Balas

Njih, pak guru. Jazakumullah khoiron katsiro atensinya. Salam sehat dan sukses selalu.Barakallah.

06 Oct

Benar sekali, dengan cinta di hati apapun mudah untuk dilalui. Demikian dengan cinta kak Rai menulis resensi buku ini jadi nikmat membacanya. Buku ini khusua kukirim utk kakak. Barakallah, smoga Allah berikan kesehatan utk kakakku yang luar biasa ini

06 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro...deqquuu. Ngirim buku gak bilang-bilang, kaget...hehehe. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Oct

Resensi yang luar biasa. terima ksih telah berbagi ilmunya. semoga bermanfaat. Barakallah.... Bunda Raihana

06 Oct
Balas

Alhamdulillah, iya...cikgu semoga bermanfaat. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....cikgu.

06 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali