Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Inilah Cerita Hati ADIRAI Episode 21 : Hadapi Kritikan dengan Bijak
Assofi Mujahidah siswa kelas IX-1SMP Budisatrya Medan : repro foto.

Inilah Cerita Hati ADIRAI Episode 21 : Hadapi Kritikan dengan Bijak

Assofi Mujahidah, siswa kelas IX-1 SMP Budisatrya Medan. Sebagai Koordinator Lapangan Green and Clean Club, ia sangat aktif dan peduli dengan kelangsungan kegiatan club. Paling intens mengingatkan anggota club agar aktif melakukan kegiatan di divisinya masing-masing. Termasuk juga, paling cerewet mengingatkan ADIRAI untuk menuliskan karyanya. Punya obsesi yang kuat agar buku antologi idamannya terwujud. Episode ini merupakan tulisannya yang ketiga. Kali ini mencoba mengingatkan para anak muda dalam menghadapi kritikan para haters.

Inilah cerita hati ADIRAI episode 21: Hadapi Kritikan dengan Bijak, oleh Assofi Mujahidah.

Assalamualaikum, hallo guys kali ini saya akan memberi sedikit tips bagaimana cara mengahadapi kritikan para haters.

Mungkin sebagian besar dari kita pasti sangat tidak suka kita dikritik. Walaupun terkadang kritik an itu sangat bagus. Apa lagi jika kritikan itu tidak sesuai dengan fakta yang ada pada kita, pasti rasanya kesal sekali bukan?

Nah, menurut saya cara menyikapi kritikan seperti itu sangat mudah dan simpel saja. Saya katakan demimian, karena saya sudah pernah mengalaminya.

Pertama, saya menyadari sepenuhnya bahwa manusia diciptakan Allah berbeda-beda. Sehingga pemikirannya pun menjadi berbeda-beda pula. Demikian seterusnya menyebabkan cara menanggapi sesuatu pun berbeda-beda pula.

Maka , yang kedua bagi saya apabila kritikan itu sesuai dengan apa yang ada pada kita, hal itu merupakan masukan yg positif. Mengapa..? Karena ia ingin membuat kita merasa lebih baik lagi. Di sisi lain, berarti org tersebut peduli dengan kita. Benar gak guys ? Terus kenapa kita jadi kesal dengan kritikannya?

Seharusnya kita bangga donk karena ada yg peduli dengan kita, iya gak sih? Apa lagi jika seandainya yang mengeritik itu cogan. Hehehe.

Ketiga, jika kritikan itu gak sesuai dengan fakta yang ada padamu, kamu pun gak usah panik atau sampai melabraknya. Itu merupakan tindakan yang gak baik dan sia-sia. Akan menjadi lebih baik jika kamu renungkan dirimu sendiri secara mendalam. Benar atau tidak yang dikatakannya, koq sampai dia berkata begitu.

Jika memang kamu merasa hal itu tidak benar, yang harus kamu lakukan adalah membuktikan bahwa yang mereka katakan tentang dirimu itu memang salah. Bertindaklah dengan sopan dan hindari perbuatan yang akan membenarkan tuduhan mereka.

Berikutnya, jangan mudah kecil hati akan segala kritikan yang ditujukan untuk diri kita. Saat itu, mungkin saja kesabaran kita sedang diuji. Selalulah berpikiran positif. Yakinkan dalam diri: “Aku pasti bisa untuk selalu membuktikan kebenaran pada siapapun!” Dengan demikian akan lahirlah kekuatan dan keberanian di dalam diri. Hal itu akan membuat kita merasa lebih baik lagi guys. Simpel bukan?

Pada akhirnya, dari apa yang pernah terjadi aku sadar guys. Bahwa akan ada orang yang memberimu kekuatan, ntah itu dengan cara menyemangati atau bahkan menyakiti.

Satu lagi guys, jadilah orang yang tidak terbang jika dipuji dan tidak tumbang jika dicaci. Ok...guys, sekian tips dari saya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kita nantikan cerita hati ADIRAI episode berikutnya ya.

Wallahu a’lam bishowab.

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 30 Desember 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wow, cerita yang oke bingit guys. Anak muda sudah mamlu memberikan tips dengan pemikiran yang luar biasa sebagai keywordnya "setiap orang memiliki pemikiran berbeda". Hal ini memberikan dan memunculkan positif thinking hingga memunculkan sikap bijak dalam bertindak. Satu lagi keyword luar biasa dari seorang anak kelas IX "kekuatan muncul tidak hanya dari semangat tapi sesuatu yang menyakiti pun dapat jadi kekuatan. Dibalik siswi luar biasa, pasti afa guru luar biasa pula. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

30 Dec
Balas

Alhamdulillah, Assofi Mujahidah memang siswi luar biasa. Siapapun yang menjadi gurunya, pasti akan kangen dengannya. Semangat belajarnya luar biasa. Gurunya, biasa di luar...hehehe. Kakak pun baru dapat ini deq, keyword luar biasa : Kekuatan muncul tidak hanya dari orang yang menyemangati atau bahkan yang menyakiti. Kelihatan tu kan , kalau muridnya lebih banyak baca dari gurunya. Eiitttsss, Sofi jangan terbang saat dipuji. Jazakillah khoir untuk kunjungan, apresiasi dan doanya. Barakallah, deq.

30 Dec

Wow.. Keren... Tips yang ditulis dengan gaya bahasa anak muda... Sukses untuk ADIRAI Bunda....

30 Dec
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

30 Dec

Tips yang berguna bagi remaja atau orang tua. Mksh, tipsnya. Sehat dan tercapai semua cita-cita ADIRAI...

30 Dec
Balas

Alhamdulillah. Nggih, Bunda Fila. Tipsnya tidak hanya cocok bagi remaja tetapi juga jadi bahan renungan untuk orang tua. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Buda. Barakallah.

30 Dec

Aku hanya bisa menyemangati ibu gurunya saja, semoga cepat sembuh dan bisa beraktivatas sebagaimana biasanya.Aamiin

31 Dec
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakallah khoir untuk doa dan semangat dari mbah buya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan

Tulisan yg sangat bagus dengan gaya penyampaian yg easy to understand So proud of you my lil sister Keep making something like this :)

06 Jan
Balas

Tulisan yg sangat bagus dengan gaya penyampaian yg easy to understand So proud of you my lil sister Keep making something like this :)

06 Jan
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Tulisan siswa yang masih banyak harus belajar. Salam sehat dan sukses selalu...guys..hehehe. Barakallah.

07 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali