Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Iqra' , Bacalah ! Allah Mengajarkan Manusia Apa yang Tidak Diketahuinya (Menciptakan Anak Berkualitas Bukan di Bangku Sekolah) : Bagian 1

Iqra' , Bacalah ! Allah Mengajarkan Manusia Apa yang Tidak Diketahuinya (Menciptakan Anak Berkualitas Bukan di Bangku Sekolah) : Bagian 1

Saat sekarang ini merupakan saat-saat dimana para orang tua mulai sibuk mencarikan sekolah yang sesuai untuk anaknya. Kata sesuai dapat diartikan sebagai sekolah yang diharapkan dapat memenuhi harapan dan keinginan orang tua bagi pendidikan buah hatinya. Setiap orang tua pastilah menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Berburu sekolah yang “sesuai” tadipun mulailah dilakukan.

Menciptakan anak berkualitas sebenarnya bukanlah semata-mata di bangku sekolah. Anak berkualitas harus disiapkan dari sejak didalam kandungan ibu. Mari kita berpedoman dari Sang Maha Mengetahui yaitu Allah SWT melalui semua kalamNya didalam Al Qur’an. Karena Al Qur’an merupakan pedoman hidup yang tidak ada keraguan didalamnya. Untuk hal ini mari kita panjatkan rasa syukur menjadi umat Rasulullah SAW yang memilki pedoman hidup Al Qur’anul Karim dan Al Hadits.

Dalam surah Al Baqarah ayat 2 Allah menyampaikan firmanNya :

Dalam Al Qur'an surah Al Hajj ayat 5 Allah menjelaskan tentang kejadian manusia, sebagai berikut :

Surah lain yang berisikan hal yang sama yaitu surah Al Mu’minun ayat 12-15 yang terjemahnnya sebagai berikut : “ (12). Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari sari pati (berasal) dari tanah. (13). Kemudian kami jadikan sari pati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). (14). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia mahluk yang ( berbentuk) lain. Maka Maha suci Allah, Pencipta yang paling baik. (15). Kemudian sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar mati.”

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya awal kejadian seseorang kamu (yaitu sperma dan ovum) berkumpul dalam perut ibunya selama 40 malam, kemudian Amenjadi segumpal darah selama itu (pula) lalu menadi segumpal daging selama itu( pula) kemudian Allah mengutus malaikat, setelah Allah meniupkan ruh kedalamnya, maka malaikat diperintahkanNya menulis empat kalimat, lalu malaikat itu menuliskan rezeqynya, ajalnya, amalnya, bahagia atau sengsara.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Baik ayat Al Qur’an ataupun hadits Rasulullah SAW , keduanya menjelaskan tentang proses kejadian manusia didalam rahim secara bertahap-tahap. Hasil penelitian ilmu kedokteran abad modern sekarang ini membenarkan hal tersebut. Embriologi adalah cabang ilmu yang mempelajari perkembangan embrio didalam rahim ibu. Penelitian tingkat mikroskopis menunjukkan bahwa perkembangan janin didalam rahim ibu terjadi dengan cara yang sama persis seperti digambarkan didalam ayat-ayat Al qur’an tersebut. Maka berdasarkan proses kejadian manusia itulah kita mulai pula usaha kita dalam mewujudkan anak yang berkualitas sesuai harapan dan keinginan kita.

Dalam dunia kedokteran, proses kehamilan dibagi menjadi 3 fase sesuai denagn pertumbuhan fisik bayi. Masing-masing fase itu disebut trimester.

1. Trimester pertama ( 0-12 minggu )

A. Periode Germinal ( 0-3 minggu )

Proses pembuahan telur oleh sel sperma. Telur yang telah dibuahi akan bergerak dari saluran tuba palofi menuju dan menempel ke dinding rahim (endometrium).

B. Periode Embrio (3-8 minggu)

Proses dimana sistem saraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk.

C. Periode Fetus (9-12 minggu)

Periode dimana semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkaitan dan aktivitas otak sangat tinggi.

2. Trimester kedua (Minggu 12-24)

Pada trimester ini terjadi peningkatan perkembangan janin. Pada minggu ke 18 kita bisa malakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG) untuk mengecek kesempurnaan janin, posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. Jaringan kuku, kulit dan rambut mengeras pada minggu 20-21. Indera penglihatan dan pendengaran mulai berfungsi. Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm.

3. Trimester ketiga (24-40 minggu)

Dalam trimester ini semua organ tubuh telah tumbuh sempurna. Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi seperti menendang atau menonjok serta memiliki periode tidur dan bangun. Masa tidurnya jauh lebih lama dibandingkan masa bangun. Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna. Pada minggu ke 40 ini , janin mengambil posisi kepala di bawah dan siap untuk dilahirkan.(https://www.scribd.com)

Bersambung.....

#edisibelajarmembacasekitar#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 5 Juni 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ditunggu kelanjutannya bunda..

05 Jun
Balas

Alhamdulillah , jazakillah khoir. Monggo ditunggu kelanjutannya...bunsay. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Jun

Ditunggu kelanjutannya bunda..

05 Jun
Balas

Sampai bulan ke-40 belum lahir juga ya Bu? Terima kasih atas ilmu perkembangan bayinya, Bu.

05 Jun
Balas

Astaghfirullah...bukan 40 bulan lho pak kepala

05 Jun

Astaghfirullah...bukan 40 bulan lho pak kepala sekolah tapi 40 minggu. Jazakallah khoir , semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Jun

O iya. 40 minggu berarti 10 bulan atau bgmn?

05 Jun

Betul...pak, 40 minggu atau 9 bulan 10 hari maksimal. Hitungan hari 1 bulan 30 hari. 4 minggu masih 28 hari. Dokter memang menggunakan istilah minggu ( bu bidan yang di rumah saya juga bilang begitu).

05 Jun

Mengingatkan kembali tiga tahun yang lalu pada waktu hamil, sering melihat foto perkembangan embrio dari bulan ke bulan. Terima kasih bunda

05 Jun
Balas

Alhamdulillah, sami-sami bunda. Jazakillah khoir, semoga bermanfaat. Monggo dikiuti kelanjutannya ya...bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Jun

Mantaapp Bunda... Ditunggu kelanjutannya ya Bun..

05 Jun
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir...bucan. Tulisan guru biologi...hehehe. Monggo ditunggu lanjutannya atau juga masukannya ya bucan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali