Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Jumat Barokah

Jumat Barokah

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

“Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah. Jumat ini lebih mulia dari Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah. Pada waktu Jumat terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada waktu Jumat juga Adam dimatikan. Pada Jumat terdapat waktu, yang mana jika seseorang meminta kepada Allah, maka akan dikabulkan, selama tidak memohon yang haram. Dan pada waktu Jumat pula akan terjadi Kiamat. Tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit, kecuali dia dikasihi pada waktu Jumat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadits riwayat Imam Ahmad tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Namun demikian bukan berarti hari-hari selain Jumat tidak baik. Keistimewaan yang diberikan Allah pada hari Jumat ini, merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah pada hamba-Nya, agar kita berpikir akan tanda-tanda kebesaran Allah dan senantiasa bersyukur kepada-Nya.

Diantara keistimewaan hari Jumat tersebut :

1. Penghulu dari hari-hari yang diciptakan Allah.

2. Lebih mulia dari hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

3. Hari dimana Adam diciptakan, diturunkan ke bumi dan meninggal dunia.

4. Waktu dimana doa diijabah oleh Allah Subhanahu wataala.

5. Hari terjadinya kiamat.

6. Hari tercurahnya kasih sayang Allah.

Dengan mengetahui keistimewaan hari Jumat, marilah kita rebut kesempatan untuk mendapatkan kasih sayang Allah daripadanya.

Meski hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri, namun tidak selayaknya kita berlebihan dalam menanggapinya. Misalnya, sebahagian orang mengkhususkan hanya beribadah pada hari ataupun malam Jumat saja.

Padahal sesungguhnya dalam mencapai ridha Allah kita diharuskan beramal ibadah setiap saat di dalam hidup kita. Tanpa dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Tidak juga kita mengkhususkan bacaan zikir, doa, dan surat-surat tertentu pada malam dan hari Jumat kecuali yang disyariatkan.

Sehingga sesungguhnya yang harus kita lakukan adalah beramal kebajikan di setiap saat dan tempat. Kemudian, jangan biarkan malam dan hari Jumat berlalu dengan percuma. Karena Allah telah anugerahkan berbagai keberkahan di dalamnya. Raih kesempatan itu dengan meningkatkan amal ibadah yang biasa kita lakukan. Semoga rahmaan dan rahiim-Nya tercurah kepada kita semua. Aamiin ya robbal alaamiin.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisijumatbarokah#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 15 Maret 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hal biasa, namun di tangan Kak Rai selalu jadi luar biasa, karena ulasan yang selalu bikin adem dengan balutan diksi menawan. Lain hal bila aku yang nulis, kemasannya tidak seapik Kak Rai. Kapan yah aku bisa seperti itu. Sukses selalu. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah fiik

15 Mar
Balas

Deqquuu ini, sangat rendah hati. Padahal tulisannya kriuk dan sedap untuk dikudap. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doa yang senantiasa mengalir untuk Kakak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

15 Mar

Jumat berkah.. Bismillah..Semoga bisa terlewati dengan baik..Terima kasih ulasannya Bunda Rai..Salam sukses.dan sehat.selalu..Barakallah.

15 Mar
Balas

Bismillah. Semoga kita bisa lewati Jumat barokah dengan penuh keberkahan. Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda Rini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

15 Mar

Asal saja malam Jumatnya tidak diisi nonton atau baca cerita horor, kan Bu Rihana. He..he. Mantap.

15 Mar
Balas

Serrrrreeeemmmm, Pak Pengawas...hihihi. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak.

15 Mar

Ulasan yg indah Bunda. Happy Friday. Barakallah

15 Mar
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir apresiasinya, Bunda Fera. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

15 Mar

Aamiin. Luar biasa ilmu yang Uthi bagi hari ini. Semoga kita bisa meraihnya. Sukses selalu dan barakallah untuk Uthi Rai.

15 Mar
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bu Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru syantiiiqqq.

15 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali