Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Karya Sastra Rasa Sains
Cover buku : Alamku Sekitarku, Setangguh Karang dan Kala Cempaka Menyapa karya Marlupi S.Pd

Karya Sastra Rasa Sains

Karya Sastra Rasa Sains

@Resensi

Ada yang bilang, sastra milik orang bahasa. Yang lain bilang, orang eksak kaku, sekaku konstanta yang sudah ditetapkan dalam rumus-rumus. Bukan tidak ada yang bilang orang eksak tidak punya nilai seni, gak nyastra banget.

Namun sesungguhnya tidak demikian. Ternyata para saintis bisa lebih nyastra dari orang sastra sekalipun. Koq bisa ? Ya…bisa la. Karena orang sains selalu ramah lingkungan, inilah penyebabnya.

Mengamati dan meneliti fenomena alam, sejatinya akan menyelipkan rasa kagum pada sang Maha Pencipta. Rasa kagum yang kemudian akan memunculkan penghambaan diri yang luar biasa atas kuasaNya.

Sangatlah kecil diri ini berada di bentangan alamnya yang sangat luas. Sungguh tak berdaya diri ini diantara gelombang samudranya yang dahsyat. Betapa lemah diri ini di tengah kokohnya gunung-gunung nan menjulang.

Membaca apa yang ada pada tubuh ini pun, kekaguman semakin bertambah-tambah.Tubuh yang tersusun milyaran sel, tertata dengan sempurna dan rapi. Tiap sel tubuh mengandung informasi kehidupan yang sangat banyak.

Menurut penelitian, informasi yang terkandung didalam satu sendok makan DNA saja pun, jika harus diterjemahkan menjadi buku, maka seluruh perpustakaan yang ada di dunia ini tak kan sanggup menampungnya.

Belum lagi jaringan, organ, dan berbagai sistem organ yang saling berkoordinasi sehingga proses metabolisme di dalam tubuh berjalan sempurna.

Lantas, bagaimana mungkin sorang saintis tidak memiliki rasa kekaguman pada sang Maha Pencipta ? Kekagumaan yang akan memunculkan rasa di dada. Bahkan tiap irama detakan jantung dapat menjadi kidung kehidupan yang paling indah.

Tiap helaan nafas berisi rasa syukur yang terukir dalam bait-bait puisi indah bagaikan fatwa pujangga. Hingga “Perih” pun menjadi bagian yang sangat penting bagi metabolisme tubuh. Perih (Pepsin, Renin, dan HCl) bukan untuk diratapi. Simaklah karya sastra rasa sains berikut ini:

Perih

@Karya : Marlupi

Perih bukan karena teriris

Perih ini bukanlah luka

Perih ini sangat berguna

Dalam proses pencernaan

Perih adalah enzim

Dihasilkan oleh kelenjar lambung

Tiga enzim saling melengkapi

Agar makanan bisa berfungsi

Pepsin yang mencerna protein

Agar tak kompleks lagi

Renin menggumpalkan kasein

HCl mengangtifkan pepsin

Sungguh, aku terkagum-kagum dengan puisi ini. Puisi yang mampu mengatakan bahwa penulisnya merupakan guru IPA kualitas sastra yang super. Puisi ini, hanyalah satu dari 141 puisi karya bu guru cantik Marlupi S.Pd di dalam tiga buku kumpulan puisinya, yaitu Alamku Sekitarku (Antologi), Setangguh Karang dan Kala Cempaka Menyapa.

Bu Marlupi bisa dihubungi di no WA 0819 0428 6262

Wallahu a’lam bishowab

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 2 Desember 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren ...barokalloh bu Marlupi..sukses selalu yaaaa

03 Dec
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir bu Hati Nurahayu untuk kunjungannya. Salam sehat selalu. Barakallah.

03 Dec

Alhamdulillah bertambah lagi koleksi buku bu Hajjah semoga, terus bisa menambah koleksi perpustakaannya, Barokallah

02 Dec
Balas

Alhamdulillah, njih Pak Haji. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

02 Dec

Kalau saya terbukti bunda, orang eksak yang kaku gak bisa nyastra tapi dipaksakan untuk belajar menulis he he. Karena saya senang menulis itu saja. Tapi puisi bunda Marlupi memang keren bunda. Barakallah

02 Dec
Balas

Bunda bisa aja.Buktinya tulisan bunda, memikat hati lho. Maju bunda, kita buktikan orang eksak bisa nyastra...hehehe. Kalau bunda Marlupi, sudah kualitas super. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

02 Dec

Rasa terimakasih yang tak terkira untuk Bunda Rai, yang berkenan memberikan resensinya untuk buku saya. Sungguh resensi yang begitu menawan ( saya jadi malu ... ). Semoga Allah membalasnya dengan lebih baik Bunda,....Semoga Bunda Rai senantiasa sehat dan sukses..barakallah..

03 Dec
Balas

Rasa terimakasih yang tak terkira untuk Bunda Rai, yang berkenan memberikan resensinya untuk buku saya. Sungguh resensi yang begitu menawan ( saya jadi malu ... ). Semoga Allah membalasnya dengan lebih baik Bunda,....Semoga Bunda Rai senantiasa sehat dan sukses..barakallah..

03 Dec
Balas

Sami-sami , bu guru. Sebenarnya itu bukan resensi, tetapi murni kekaguman seorang guru IPA terhadap karya guru IPA lainnya. Saya menangkap ada "rasa" dan kreatifitas yang luar biasa dalam puisi-puisi bu guru. Puisi yang dapat dijadikan media pembelajaran bagi anak-anak dalam memahamkan materi pelajaran. Saya ingin bisa seperti itu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bu guru syanntiiiqqqq.

03 Dec

Lagi lagi kak Rai pake jurus sastra biologi. Bunda Marlupi sebagai bukti bahwa ada jurusan baru yaitu sastra IPA, hehehe. Teruntai doa utk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kk diberi kesehatan dan barakallah

02 Dec
Balas

Bunda Marlupi sudah buktikan orang eksak bisa nyastra. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deq.

02 Dec

Wow...kerennn...Bunda..Sastra IPA..luar biasa resensinya..pasti bukunya lebih hebat lagi...

02 Dec
Balas

Betul, bunda. Saya terkagum-kagum dibuatnya. Denyut jantung, aliran darah, Rotasi bumi, Radiasi dan banyak lagi isi alam ini jadi puisi menawan di tangan bu guru Marlupi. Jaazakillah untuk kunjungannya, bundq. Salam sehat dan sukses selalum Barakallah.

02 Dec

Puisi sang guru berkualitas IPA dibalut sastra yang hebat. Bagus sekali, bun puisinya. Selamat dan sukses bu Lupi dan bunda Rai sama hebatnya. Sayang semua... Sehat semangat dan berkah utk bunda dan sahabat...

03 Dec
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir untuk apresiasinya, bunda Fila. Bu Lupi, guru IPA kualitas super. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

03 Dec

Setuju buk... Selamat buk Marlupi...mari rerus berkarya!

03 Dec
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir pak guru. Pertama membuka buku itu, saya terperanjat, "koq bisa ya...". Ruaaarrrr biasa bu Lupi. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

03 Dec

Keren bu Raihana....salam kenal

02 Dec
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir bunda Andam Dewi. Salam kenal dari Medan. Semoga sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

02 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali