Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Ketika Pertahanan Tubuh Melemah

Ketika Pertahanan Tubuh Melemah

Memiliki tubuh dengan kesehatan prima, dapat beraktivitas dengan baik dan konsisten dengan jadwal-jadwal kegiatan yang sudah dirancang dan direncanakan merupakan impian banyak orang. Tetapi dalam perjalanan, seringkali yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang kita hadapi. Banyak hal-hal yang dapat membuat aktivitas dan jadwal-jadwal kegiatan yang sudah diran cang dengan baik tidak dapat kita lakukan sepenuhnya. Salah satu penyeba hal ini adalah melemahnya pertahanan tubuh alias sakit.

Menjaga tubuh tetap sehat tidak datang dengan sendirinya melainkan harus kita upayakan dengan baik. Kita mulai dengan mencari tahu apa yang menyebabkan melemahnya pertahanan tubuh yang dapat menyebakan kita menjadi sakit. Setelah itu barulah kita bisa mencari solusi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Memulai mencari penyebab dari dalam diri sendiri merupakan hal yang terbaik. Sudahkah pola hidup yang kita lakukan selama ini dapat mendukung kesehatan tubuh kita? Pola hidup sehat dapat meliputi bagaimana cara kita dalam memberikan hak pada tubuh kita untuk mengonsumsi makanan yang sehat, jumlah jam kerja dan waktu istirahat sehingga kita tidak terkesan menzhalimi diri sendiri. Faktor luar seperti cuaca dapat pula kita cermati sebagai hal yang sangat berpengaruh pula bagi kesehatan. Misalnya, pada musim hujan yang merupakan waktu yang baik bagi mikroorganisme untuk tumbuh pesat, maka kita pun harus punya cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang oleh mikroorganisme yang menyebabkan penyakit.

Tetapi ternyata setelah kita mengonsumsi makanan yang sehat , mengatur jumlah jam kerja dan istirahat dengan baik, pengaturan semangat untuk menjalani hidup ini juga menentukan kondisi tubuh seseorang. Orang yang pesisimis akan lebih mudah terserang penyakit karena sistem daya tahan tubuhnya telah terkikis oleh rasa pesimis itu sendiri. Karena rasa optimis akan membuat sel T lebih banyak dan dapat menguatkan respon kekebalan didalam tubuh. (https://www.yutips.com) Sel T (limfosit T) adalah kelompok sel darah putih yang memainkan peran utama bagi kekebalan tubuh.

Wallahu a’lam bishawab

#edisimuhasabahsemogasehatselalu#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 6 Juli 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan. Aamiin

06 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir.....bucan. Salam sehat dan sukses selalu untuk bucan. Barakallah.

06 Jul

Semoga kita selalu sehat Walafiyat, dan bersemangat

06 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Betul....pak haji, sehat dan bersemangat. Jazakallah khoir....pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Jul

Semoga bunda sehat selalu supaya saya selalu menikmati tulisan bunda yg indah

06 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir....bunda. Do'a yang sama juga untuk bunda dan keluarga. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Jul

Semoga cepat sembuh dan sehat kembali ,Bunda Nana...

06 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir....bunda Nia. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Jul

Smg yg sakit lekas sembuh dan yg sehat smakin prima kesehatannya ya uti..

06 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir....bunda Ade. Apa kabarnya ni ? Salam sehat dan sukses selalu...ya. Barakallah.

06 Jul

Benar bu, menjaga kesehatan tubuh itu penting karena akan berpengaruh pada efektvitas kerja. Terama kasih telah mengingatkan, semoga Kita selalu diberi kesehatan dan kesuksesan. Amin.

06 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Alhamdulillah, jazakillah khoir.....bu Eko selalu mampir di sini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali