Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Kolak Pisang Selalu Ada di Hati

Kolak Pisang Selalu Ada di Hati

Tak ada yang tak kenal takjil legit yang satu ini. Selain bahannya mudah didapatkan, cara pengolahannya pun tak sulit pula.

Jika puasa identik dengan kurma, Ramadhan di Indonesia tak bisa pula dipisahkan dari kolak pisang.

Kolak pisang sangat familiar sebagai takjil berbuka puasa keluarga Indonesia. Kudapan yang satu ini sangat mudah di dapat pada penjual musiman kala Ramadhan tiba. Dibuat sendiri, sudah pasti karena mudah, murah dan meriah. Hehehe.

Dari makanan yang berbahan utama pisang, santan dan gula merah ini akan kita dapatkan 800-1000 kalori. Hal ini menyebabkan kolak pisang akan cepat membuat kita kenyang.

Kolak pisang mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, lemak, kalsium, mineral, kalium, dan juga protein. Selain itu juga mengandung asam folat yang dapat membantu perkembangan janin pada ibu hamil.

Karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi, ada baiknya kita mengkonsumsi secara berlebihan. Begitupun, berarti telah menjalankan perintah Allah dan Rasulnya agar tidak berlebihan dalam segala sesuatunya.

Kandungan kalium yang ada di dalam kolak pisang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Selain itu, juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia karena nutrisi yang ada di dalam kolak pisang dapat merangsang produksi hemoglobin.

Serat yang terkandung di dalam kolak pisang, dipercaya dapat mencegah sembelit yang sering muncul saat menjalankan ibadah puasa.

(https://doktersehat.com/ini-manfaatnya-jika-kita-berbuka-dengan-kolak-pisang/)

Melihat banyaknya manfaat yang terkandung di dalam kolak pisang ini, kita tentu tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi takjilan legit dan mengenyangkan ini saat berbuka puasa.

Tak salah pilih pula jika kudapan ini menjadi menu favorit. Bahkan ada yang tak bosan andai tiap hari harus berbuka dengan kolak pisang.

Menurut para ahli selain beberapa manfaat di atas, kolak pisang masih memiliki keunggulan lain yaitu :

1. Baik untuk jantung dan syaraf, karena kandungan potassiumnya. Menurut penelitian dari American Heart Association, kurang asupan potassium dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko stroke.

2. Memperbaiki mood. Pisang mengandung tryptophan, zat yang membantu pembentukan serotonin, atau hormon yang memberi efek menenangkan dalam otak.

3. Baik untuk pencernaan. Satu buah pisang memiliki serat 16% dari total kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat atau fiber berfungsi untuk melancarkan pencernaan, serta mengurangi resiko jantung coroner dan diabetes. (https://artikel.pricearea.com/kolak/)

Jika demikian, sangat pantas jika kolak pisang tetap menjadi pilihan berbuka puasa selain kurma. Gurih dan legitnya ngangeni. Hmmm..., kolak pisang selalu ada di hati.

Namun, dalam mengkonsumsi apapun harus tetap diingat pesan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, “Makanlah setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang.”

Wallahu a’lam bishowab.

#edisikangenkolakpisang#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 7 Ramadhan 1440 H/ 12 Mei 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mau dong kolak pisangnya. Takjil sederhana, dan membuatnya sederhana, tapi bagiku tidak sederhana, yang lebih sederhana, aku makan lamgsung saja pisangnya, hehehe. Gak begitu suka manis Kak. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah untuk kesehatan dan barakallahu fiik

12 May
Balas

Kalau gak begitu suka manis, kita buat kolak pisangnya pake garam...hihihi. Jangan banyak-banyak gulanya, Deq. Apalagi makannya di dekat Kakak, pasti makin manis...jhiaaa. Jazakillah kkoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

12 May

Takjilnya menggoda dan kaya manfaat, terimakasih share nya. Saya juga suka bun. Barakallahu fiik, sehat dan sukses selalu.

13 May
Balas

Alhamdulillah. Kalau buat, jangan lupa bagi-bagi, Bunda...hehehe. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

13 May

Kolak pisang murah meriah, ternyata menyehatkan. Pisang 15 ribu santan 7 ribu gula 10 ribu sagu mutiara 12 ribu pandan 3 ribu jumlah 47 ribu. Berakallah Mbah Uthi sehat selalu

13 May
Balas

Hehehe....Mbah Buya hafal...yaaa. Karena sering belanja. Tapi..., sagu mutiara kebanyakan tu, ntar jadi bubur sagu. Jazakallah khoir sudah dibelanjain. Salam sehat, bahagia, dn sukses selalu. Barakallah, Mbah Buya.

13 May

Waaduh tepat sekali kolak pisang yang manis untuk berbuka, selain nikmat ternyata banyak khasiatnya, paten tulisannya Bu haji.

12 May
Balas

Alhamdulillah. Betul, Pak Guru....kolak pisang tetap terfavorit dengan banyak manfaatnya bagi tubuh. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Gupres.

12 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali