Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Literasi Matahari Energi IPPSU
IPPSU dalam acara Deklarasi 27 Juni 2019 di Istana Maimun Medan.

Literasi Matahari Energi IPPSU

( Kulihat semangat matahari dalam buku yang kau tulis

Maka telah kekal semangat matahari itu dalam lipatan kertas yang kau coret

Dalam waktu yang sengaja kau sisihkan dengan pena gagahmu itu

Kulihat cahayanya liar......

Kulihat telah mengepal mimpimu dalam mozaik yang kau susun dari huruf-huruf yang kau sandingkan.....

...Lalu rumus-rumus menjadi sakral dibaca banyak mata belia hingga rabun senja

Kulihat semangat matahari menggeliat di ujung penamu...

...Takdir bisa saja membawanya pada para bocah yang sedang menyusun puzzle karakter...

...Dari matahari terbit, tenggelam, lalu terbit lagi

Dan penamu terus saja meliuk mencipta gerakan menembus cakrawala dengan estetika tertinggi bernama literasi

Lalu kunamai semangatmu itu

Literasi Matahari )

Bait-bait di atas, merupakan penggalan puisi yang berjudul Literasi Matahari hasil karya Bu Nur Hilmy Daulay. Puisi Literasi Matahari dibacakan langsung oleh penulisnya sendiri yang mengiringi deklarasi Ikatan Pendidik Penulis Sumatra Utara (IPPSU) pada tanggal 27 Juni 2019 di Istana Maimun Medan.

Bagaikan matahari, semangat dalam puisi tersebut kiranya dapat menginspirasi para pendidik penulis yang tergabung di dalam IPPSU.

Gelora literasi matahari yang terpancar, kiranya dapat menyatu membentuk gelombang besar yang siap menghantarkan bahtera literasi berlayar menuju dermaga tujuan yang dicita-citakan. Kemudian akan pancangkan panji-panji literasi di bumi bertuah Sumatra Utara.

Meski kelahirannya masih belum genap satu purnama, namun tidak serta merta menjadi alasan untuk belum bisa melakukan apapun.

Hari Sabtu 6 Juli 2019 bertempat di Museum Perkebunan Indonesia (MUSPERIN) Jalan Brigjen Katamso No.53 Medan, anggota IPPSU berkumpul.

Pertemuan digelar di pendopo museum yang merupakan museum perkebunan pertama di Indonesia. Membahas tentang program kerja dari tiap-tiap bidang yang ada di IPPSU, menjadi topik utamanya.

Apresiasi dari MUSPERIN, tumbuhkan rasa seolah-olah museum bagaikan rumah sendiri bagi IPPSU. Dari pendopo yang adem itu dilahirkan ide -ide dan semangat untuk menggerakkan roda literasi di provinsi tercinta.

Tanpa tim kita rapuh. Tanpa tim kita tak berarti. Semangat kebersamaan ditanamkan kuat dalam tiap diri. Jika bersama, aral takkan menjadi penghalang yang melintang.

Biarkan cahaya literasi matahari menjadi energi bagi IPSSU untuk bersinergi kembangkan literasi. Menyandingkan huruf-huruf membentuk kata-kata yang semoga mengedukasi dan menginspirasi. Berkarya setulus hati, sepenuh jiwa hingga hadirkan inovasi bagi tanah Melayu Deli.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisiliterasimatahari#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 9 Juli 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kereeen....ada IPPSU. Barakallah,bunda..

09 Jul
Balas

Alhamdulillah, IPPSU berusaha untuk jadi keren, Bunda. Mohon doa restu. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah , Bunda Wahyu Ariati.

09 Jul

Asalammu'allaikum. Selalu keren, berenergi, bernas, menginspirasi, dan membuat kangen. Semoga tidak lupa denganku yang semangat literasiku sering timbul tenggelam. Salam sehat dan sukses.

09 Jul
Balas

Waalaikumussalam warahmatullah wabarakatuh. Alhamdulillah ada mbakku datang dari Wonosobo. Aku ndak pernah lupa lho, Mbak dengan Srikandi Dieng yang cetar membahana. Selalu ingat dengan puisi-puisi Mbak yang apik nan eksotik. Jazakillah khoir sudah berkunjung ke sini, nggih Mbak. Salam seht, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Srikandi Dieng.

09 Jul

Alhamdulilah. Amin YRA.

09 Jul

Aamiin ya robbal alaamiin.

09 Jul

Subhanallah, Medan melalui IPPSU terus gelorakan literasi hingga membahana ke pelosok negeri melalui untaian kata indah dari seorang Raihana Rasyid yang selalu dinanti para gurusianer. Rindu tulisan Kakak, ketika muncul sudah berkerumun, aku ketinggalan, hehehe. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

09 Jul
Balas

Alhamdulillah. Semoga IPPSU istiqomah gelorakan literasi di bumi pertiwi. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

09 Jul

Terharu..

09 Jul
Balas

Ma-ta-ha-ri....., membakar hati.

09 Jul

Terharu..

09 Jul
Balas

Ma-ta-ha-ri...., alirkan energi...

09 Jul

Terharu..

09 Jul
Balas

Ma-ta-ha-ri......, menginspirasi. Barakallah, Bu Guru syantiiiqqqq.❤❤❤

09 Jul

Teruslah menginpirasi dunia dengan literasi yang berguna untuk negeri. semangat itu akan terus menyala, ketika kita berkumpul dengan sesama komunitas para penggiat Literasi. KEREN bunda. Salam Literasi.

09 Jul
Balas

Tanpa tim kita rapuh. Tanpa tim kita tak berarti. Insya Allah IPPSU akan tebarkan energi positif bagi gerakan literasi. Jazakallah khoir untuk apresiasinya, Pak Guru. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

09 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali