Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Literasi Unyu-Unyu yang Tidak Ada di Sekolah Manapun
Fakhril Muhammad Keyoza Alfarezel (Dokumen Pribadi)

Literasi Unyu-Unyu yang Tidak Ada di Sekolah Manapun

Literasi unyu-unyu itu, seperti apa? Literasi unyu-unyu merupakan literasi paling sederhana yang bisa dilakukan sedini mungkin. Contohnya? Jika ingin tahu, teruskan membacanya ya.

“Uthiii,” suara bening itu memanggilku. “Uthi sedang kerja ya?” tanyapun mengalir dari bibir mungilnya ketika melihatku yang asyik melototi laptop jadulku. Hatipun meleleh jadinya.

Maka, laptop itupun kututuplah. Niatan berselancar untuk menghidupkan gairah literasi kualihkan pula. Masih dalam atmosfer yang sama, meski kukemas dalam bungkusan yang berbeda yaitu Literasi Unyu-Unyu.

Kupilih kata unyu-unyu yang bisa mewakili kata kecil, mungil, lucu dan menggemaskan. Karena pesertanya memang unyu-unyu, yaitu Fahira (4,5 tahun), Faihana (2,7 tahun) dan Fakhril (6 bulan). Ketiganya adalah cucuku.

Profesi MC (Momong Cucu), jadi bagian terindah dalam literasi unyu-unyu, atau juga bagi yang masih memiliki batita dan balita. Berangkat dari firman Allah Subhanahu wataala dalam surat Al Ahqaf ayat 26: “...Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan dan hati...” maka bercerita dan bercengkerama dengan mereka sebagai usaha literasi tipis-tipis menanamkan PPK sejak dini.

Membiasakan memperdengarkan segala sesuatu yang baik karena sejak di dalam kandungan organ pertama yang berfungsi adalah pendengaran. Jika para saintist baru mengetahuinya di abad 20, Al Quran justru telah menjelaskannya berabad-abad yang lalu.

Literasi unyu-unyu pun sudah dilakukan sedini mungkin sejak awal kehadiran sang buah hati dengan memperdengarkan azan/iqomah di telinganya. Lanjutkanlah dengan selalu berkata santun dan buai ia dalam lantunan kalam ilahi ataupun sholawatan sebagai penghantar tidurnya.

Berikutnya, kita akan terkagum-kagum ketika si unyu-unyu dengan celotehannya yang menggemaskan mampu bercerita tentang kancil dan kawan-kawannya. Satu indikasi halus bahwa imajinasinya telah berkembang. Juga, ketika bibir mungilnya mampu senandungkan sholawatan beraksi meniru gaya untuk buaikan adiknya. Literasi unyu-unyupun mulai tampakkan geregetnya.

Wallahu a'lam bishowab

#edisimc#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 09 Januari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Dahsyat Bunda

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, jazakallah khoir Mas Eko, sudah mampir lihat literasi unyu-unyu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Wow luar biasa, bisa menjadi guide bagi para gurusianer yang mempunyai balita. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buah bunda Rai.

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, jika bisa bermanfaat untu gurusianer ysng punya balita. Jazakallah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

09 Jan

Bunda jadi MC kalau aku jadi penontonnya aja ah....gemezzz deh...Barakallah bunda

09 Jan
Balas

Walllaaaah, jadi penonton...hihihi. Sun sayang buat Hasna, nggih Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Jadi gemeeeesss....mantap sekali literasi unyu-unyunya Eyang Uti ..sholih dan sholihah ya Nak....sehat n semangat Uti cantiik..barakallah

09 Jan
Balas

Literasi unyu-unyunya eyang uthi....gemezzzz. Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya, ya Bu Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Aku ketua dewan jurinya, pemenangnya Fakhril. Menang, karena paling menggemaskan. Lihat bagaimana ia asyik digendong, senyumnya tak pernah lepas dari bibirnya. Iiih gemeeerez.... Ada saja Kak Rai nih, pandai kali mengemas tulisan, padahal sedang jadi MC dari ketiga cucunya yang menggemaskan. Asyiknya punya uthi yang setiap saat bisa menemani, tp baru lima ini yah, hehehe. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

09 Jan
Balas

Ketua dewan juri harus adil....yaa. Jangan hanya terpesona dengan senyuman Fakhril...hehehe. Ya...gimana lagi, MC nya nyambi. Jazakillah khoir untuk kesediaannya jadi ketua dewan juri...hihihi. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Gemeeeeeez...Fakhril..Budhe Rini miss you..Literasi unyu2 memang menggemaskan ..berhadapan dengan anak2 yang masih belajar mengungkapkan bahasa selalu menimbulkan sensasi tersendiri...Berbahagialah uthinya menikmati literasi unyu2 yang membikin super gemezz...Barakallah Bunda Rai...

09 Jan
Balas

Halllooooo..., Budhe Rini, ketemu lagi dengan Fakhril lewat literasi unyu-unyu yang selalu mengasyikkan. Jazakillah khoir, untuk kunjungan Budhe Rini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Dewan yuri pasti gemess dengan dengan peserta literasi unyu-unyu...

09 Jan
Balas

Dewan juri harus adil ya, jangan terpedaya...hihihi. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda Fila. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan

Aku juga gemeeeez melihat cucu-cucuku yang comel yang slalu nemani Uthinya setiap waktu untuk menghibur kami ketika penat dari tugas.Barakillah habiby

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, punya cucu-cucu yang comel dan nggemezzziin. Jazakallah khoir wa barakallah, mbah buya.

09 Jan

Kecilku segemesin itu gak ya?

09 Jan
Balas

Barakallah, Pak Guru.

09 Jan

Kecilku segemesin itu g ak ya?

09 Jan
Balas

Kayaknya...,gak bingitzzz. Setelah jadi stand up comedian baru nggemesin. Hihihi. Jazakallah khoir untuk kunjungannya, Pak Guru. Barakallah.

09 Jan

Gemesnya! Namanya pun kekinian sekali. Barakallah ibu!

10 Jan
Balas

Cucu zaman now...hihihi. Jazakallah khoir, Pak Guru. Barakallah.

10 Jan

Masya Allah gemesss nya liat para cucu Bunda.titip sun sayang dari Sumbar.Saya jg lg punya bayi 12 bulan.semoga bisa literasi unyu unyu jg Sehat sukses sll Bunda

09 Jan
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir, Bunda Fera. Waah, bayi 12 bulan sedang lucu-lucunya. Sudah mulai berjalan, Bund? Sun sayang dari uthi di Medan, ya. Semoga jadi anak yang qurrota a'yun. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

09 Jan

Iiiihhh bunda... senengnya berliterasi ama cucu ya unyu...unyu... sehat selalu ya cucu... pinter nulis kaya uthinya ya... sukses selalu bunda.. barakallah

09 Jan
Balas

Jazakillah khoir wa barakillah.

09 Jan

Iiiihhh bunda... senengnya berliterasi ama cucu ya unyu...unyu... sehat selalu ya cucu... pinter nulis kaya uthinya ya... sukses selalu bunda.. barakallah

09 Jan
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Kerjaan sambilan, Bunda. Literasi unyu-unyu...hihihi. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Barakallah, Bunda.

09 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali