Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Manakala Seorang Ibu Kehilangan Marwahnya
Sumber: pinterest.co.uk

Manakala Seorang Ibu Kehilangan Marwahnya

Sejatinya, seorang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Sebagai madrasah pertama, kewajiban seorang ibu menanamkan dasar-dasar karakter yang baik ke dalam diri sang belahan jiwa. Ibu lah yang melakukannya pertama kali, disebabkan karena kedekatan hubungan seorang ibu dengan anaknya yang tidak terbantahkan.

Tanpa penelitian ilmiah pun, dapat dibuktikan kedekatan hubungan seorang anak dengan sang ibu. Secara awam dapat dilihat dari mulai keberadaan sang buah hati di dalam tempat kokoh yang bernama rahim hingga kehadirannya di dunia yang fana ini.

Kemudian merawat dan menjaga serta memberikan pendidikan yang layak menjadi hari-hari yang harus dilalui oleh sang ibu. Hubungan antara ibu dan anak ini Allah SWT abadikan dalam surat Luqman ayat 14.

Semakin syahdu rasanya jika kita dapat merasakan denyutan jantung sang janin yang meningkahi suara denyut nadi ibu. Menyaksikan bagaiman erat menyatunya pembuluh darah ibu dan anak di dalam plasenta. Melalui pembuluh darah yang menyatu itu, nutrisi bagi sang anak dialirkan sehingga sel-sel tubuhnya dapat membentuk jaringan , organ dan berikutnya membentuk sistem tubuh yang kompleks didalam tubuh yang kemudian disebut sebagai manusia.

Dalam kesehariannya, seorang ibu rumah tangga harus mampu berperan “multitasking”. Multi peran harus bisa dijalani sang ibu , yaitu sebagai :

Ø Pendamping dan melayani suami,

Ø Pengasuh dan penjaga anak-anaknya.

Ø Guru bagi anak-anaknya.

Ø Sahabat bagi anak-anaknya.

Ø Motivator dan penyemangat bagi suami dan anak-anaknya.

Ø Bendahara sekaligus manager di dalam rumah tangga

Bahkan masih banyak peranan lain yang mampu dijalankan oleh seorang ibu. Termasuk juga jadi tukang ojek bagi anak-anaknya.

Allah SWT menjamin surga sebagai bayaran bagi seorang ibu yang tulus dan ikhlas menjalankan peranannya di dalam mahligai rumah tangga.

Namun, bagaikan Siti Hawa yang terbujuk oleh rayuan iblis laknatullah, seorang ibu pun bisa pula melakukan kesalahan -kesalahan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Ada banyak faktor yang dapat memicu seorang ibu melakukan kesalahan. Namun, apapun jenis faktor itu sebaiknya dapat dibicarakan dan diselesaikan baik-baik di dalam keluarga. Jangan biarkan seorang ibu kehilangan marwahnya di depan anggota keluarga. Karena jika itu terjadi, habislah cerita seorang ibu.

Seorang ibu yang melakukan kesalahan , akan kehilangan marwahnya. Kehilangan cinta dan tidak lagi layak mendapat penghormatan dari anak-anaknya. Duuuh…ibu.

Wallahu a’lam bishowab

#edisikuatkanhati#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 29 Oktober 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bismillah semoga bisa menjadi ibu yang sesuai dengan marwahnya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat dan juga sebagai pengingat

29 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir bunda. Ini dalam rangka mengingatkan diri sendiri. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah,bunda.

29 Oct

makasih pencerahannya Bunda Rai...semoga Allah selalu menuntun saya dan para Ibu lainnya , agar tak kehilangan marwahnya....aamiin...salam sehat dan sukses ya Bund

29 Oct
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

29 Oct

ada beberapa tips yang bisa dirutinkan untuk menjaga marwah dan dapat menunjukkan marwah yang berkualitas diantaranya menggantungkan diri pada Allah, bibir selalu basah dengan doa dan zikir, akrab dengan Alqur'an dan sunnah, banyak menimba ilmu, mau di didik suami menjadi ibu sholehah, bergaul dengan ibu-ibu sholehah lainnya. Smoga Allah menuntun saya dan para ibu semua untuk bisa menunjukkan marwah yang berkualitas.Amin

29 Oct
Balas

ada beberapa tips yang bisa dirutinkan untuk menjaga marwah dan dapat menunjukkan marwah yang berkualitas diantaranya menggantungkan diri pada Allah, bibir selalu basah dengan doa dan zikir, akrab dengan Alqur'an dan sunnah, banyak menimba ilmu, mau di didik suami menjadi ibu sholehah, bergaul dengan ibu-ibu sholehah lainnya. Smoga Allah menuntun saya dan para ibu semua untuk bisa menunjukkan marwah yang berkualitas.Amin

29 Oct
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir untuk ilmu yang sangat bermanfaat ini, bunda sholihah. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallh, bunda.

29 Oct

Ibu itu segalanya, demikian perannya dlm keluarga. Barakallah

29 Oct
Balas

Betul, deqquuu. Ibu adalah segala-galanya. Jazakillah khoir kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deqquuu.

29 Oct

Luar biasa peran seorang ibu ini Bunda. Di sini saya sungguh sangat mengidolakan peran seorang ibu. Karena begitu mengidolakan, sudah sempat saya tulis lengkap di buku pertama saya 'From Home With Love' betapa istri dan ibuku sungguh menjadi inspriasiku. Terimakasih Bunda Raihana, artikel ini mengingatkanku tentang luarbiasanya peran seorang ibu. Barakallah.

29 Oct
Balas

Bukunya udah terbit, pak guru ? Kabar-kabari ya. Judulnya menarik banget "From Home With Love". Jazakillah khoir sudah berkunjung. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

29 Oct

jadi ingat ibuku yang sedang sakit saat ini. Semoga beliau cepat sembuh dan beraktifitas kembali. Trimakasih Bun, pencerahannya luar biasa.

30 Oct
Balas

Syafakillah buat ibunda tercinta. Semoga segera sehat dan beraktifitas kembali. Aamiin ya robbal alamiin. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

31 Oct

Seperti udara kasih yg diberikan ibu... Terimakasih, bun.nambah ilmu di sini menjadi ibu.

29 Oct
Balas

Alhamdulillah, sami-sami bunda. Jazakillah khoir kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

29 Oct

tulisan bunda membuat saya meneteskan air mata, mengingat Ibu yang telah melahirkan dan membesarkan saya, namun belum setetes air susunya yang bisa terbalaskan oleh saya...sukses selalu bunda

29 Oct
Balas

Oh...mengharukan pak. Betapa besar kasih ibu pada kita dan kita memang tak kan bisa membalasnya. Jazakallah khoir kunjungannya pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

29 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali