Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Marhaban Ya Ramadhan-4 (Pentingnya Menyusun Menu Berbuka dan Sahur , Ladang Pahala Para Ibu )

Marhaban Ya Ramadhan-4 (Pentingnya Menyusun Menu Berbuka dan Sahur , Ladang Pahala Para Ibu )

Rasulullah SAW bersabda, "Pergunakanlah kesempatan yang lima sebelum datang yang lima, masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu, sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sempitmu, dan masa hidupmu sebelum datang kematian." (HR.Al Hakim)

Persiapan fisik agar tetap sehat di bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat penting. Karena jika tubuh sehat maka kita pun dapat dengan mudah melakukan amal ibadah guna merebut berbagai keberkahan yang Allah berikan pada bulan yang mulia ini.

Ada banyak keberkahan yang dapat kita rebut di bulan yang penuh keampunan ini. Karena itu kesempatan ini jangan kita sia-siakan. Mari kita mulai dengan menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara menjaga pola makan sehat yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Pada bulan Ramadhan, perubahan waktu makan perlu kita imbangi dengan menu sehat dan seimbang agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan serta masalah gangguan kesehatan lainnya. Meski jumlah makanan yang masuk mungkin berkurang tetapi yang perlu dijaga adalah terpenuhinya kebutuhan gizi.

Jika pada hari-hari diluar Ramadhan kita memperoleh semua zat makanan yang kita butuhkan dalam 3 waktu makan yaitu saat sarapan, makan siang dan makan malam. Maka di bulan Ramadhan kita juga bisa memperolehnya dalam 3 waktu yaitu saat sahur, berbuka dan selesai shalat tarawih.

Saat berpuasa kita tidak dibenarkan makan dan minum, padahal saat itu kita juga melakukan berbagai aktifitas yang membutuhkan energi. Karena itu usahakan untuk selalu bisa makan sahur agar tubuh memperoleh pasokan energi. Meskipun disunnahkan untuk melambatkan makan sahur, namun memberikan waktu yang cukup ketika makan sahur harus dilakukan agar tidak tergesa-gesa ketika makan.

Didalam menu makan sahur yang harus kita perhatikan adalah terpenuhinya kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

# Karbohidrat.

Karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh. Dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, sereal, oat, kentang, dan lain-lain. Karbohidrat kompleks diuraikan tubuh secara bertahap sehingga akan meninggalkan kesan kenyang lebih lama.

#Protein dan Lemak

Meski dalam jumlah yang sedikit tetapi lemak tetap dibutuhkan untuk mencernakan vitamin A, D, E dan K. Jika karbohidrat dan lemak telah habis digunakan oleh tubuh maka protein akan digunakan sebagai sumber energi utama. Untuk konsumsi lemak disarankan sumber lemak tak jenuh yang sehat seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola dan ikan laut.

Petolehan protein dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi tahu, telur, tempe, ikan atau produk peternakan yang rendah lemak.

#Sayur dan Buah

Sayur dan buah metupakan bahan makanan yang banyak mengandung serat yang dicerna dalam waktu yang lama oleh tubuh sehingga memberi rasa kenyang lebih lama dan dapat mencegah banyaknya asam lambung. Kurangi buah dan sayur yang merangsang produksi gas seperti kol dan kubis.

#Air

Jika jumlah yang disarankan adalah 2 liter per hari,

maka kita harus bisa membagi antara waktu sahur, buka dan akan menjelang tidur. Kebutuhan air juga bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Saat berbuka merupakan saat yang paling dinanti-nanti dan sangat membahagiakan bagi orang yang berpuasa. Tetapi bukan berarti kita boleh makan sepuasnya. Jika tidak terkendali justru akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Maka menjaga porsi makanan agar tetap seimbang merupakan hal paling penting yang harus dilakukan.

Sama seperti ketika makan sahur, yang paling penting harus diperhatikan adalah angka kecukupan gizinya. Usahakan untuk bisa menghindari makanan berat sewaktu berbuka untuk menghindari rasa malas dan mengantuk agar bisa shalat tarawih dengan baik. Aneka jenis takjil saat berbuka seringkali menggoda selera bagi orang yang berpuasa. Karena itu prinsip-prinsip yang harus dilaksanakan saat berbuka puasa adalah sebagai berikut :

1. Dapatkan sunnah Radulullah SAW berbuka dengan buah kurma atau dengan makanan yang manis. Misalnya kolak pisang. Karena gula pada makanan ini dapat dijadikan sebagai sumber energi.

2. Terpenuhi kebutuhan gizi meski jumlah makanan berkurang.

3. Hindari kemubaziran karena Allah sangat membenci sifat mubazir ini.

Jadi yang paling penting adalah terpenuhinya kebutuhan zat gizi bagi tubuh sehingga tubuh tetap sehat. Dengan tubuh yang sehat kita akan dengan mudah dapat melaksanakan amal-amal ibadah guna meraih banyak keberkahan di bulan Ramadhan ini.

Lantas, susunan menunya seperti apa merupakan ladang pahala para ibu untuk melakukannya sesuai dengan kondisi dan keadaan keluarga masing-masing.

Wallahu a'lam bishawab

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 11 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih kiriman menunya Bunda, insyaallah bermanfaat ....

11 May
Balas

Alhamdulillah semoga bermanfaat. Jazakillah khoir. Salam sehat dan sukses selalu pak guru. Barakallah.

11 May

Sungguh banyak sekali pahala yg disiapkan utk kaum ibu lebih2 di bulan Ramadan. Raihlah dg penuh keikhlasan.

11 May
Balas

Alhamdulillah,jazakillah khoir. Insyaalah ikhlas....pak kepala sekolah. Mohon maaf lahir dan bathin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 May

Trimakasih Bunda, ilmunya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk menghadapi bulan Ramadhan. Maaf lahir batin Bunda... Salam

11 May
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Kami juga mohon ma'af lahir dan bathin...ya bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bunda.

11 May
Balas

Ladang amal buat ibu ibu ya bunda,, terima kasih sudah mengingatkan bun

12 May
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir. Betul bunda menjadi ladang pahala jika kita ikhlas melakukannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

13 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali