Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Memenuhi Hasrat Menulis
Sumber: sdmtponorogo.com

Memenuhi Hasrat Menulis

Adakalanya, aktivitas seseorang sangat padat merayap sehingga benar-benar tidak menyisakan jeda waktu untuk menulis. Jikapun jeda waktu itu ada, kelelahan telah melanda tubuh. Untuk memikirkan hal lain pun sudah tak lagi mampu.

Lantas bagaimana agar hasrat menulis tetap terpenuhi. Salah satu caranya, tuliskan saja apa yang akan kita lakukan pada hari itu. Seolah menulis perencanaan kegiatan. Manfaatnya, selain hasrat menulis terpenuhi, kebiasaan ini akan membuat kita terbiasa menyusun jadwal kegiatan dengan sebaik mungkin.

Berikutnya, catatan perencanaan itu dapat pula menjadi satu bahan evaluasi yang dapat pula ditulis kembali. Dengan tetap fokus pada apa yang kita kerjakan, kita masih tetap dapat menulis. Jika keadaan sudah memungkinkan, bisalah kita merambah pada hal-hal lain untuk kita tuliskan.

Untuk apa menulis? Jawabannya untuk mengikat kebaikan dari setiap yang kita lakukan dan mengubah serta memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Dalam tiap aktivitas yang dilakukan manusia, dipastikan mengandung nilai-nilai kebaikan namun juga tak luput dari kekhilapan yang menyertai.

Menulis, akan mengikat ilmu dan hikmah yang terkandung dalam tiap peristiwa. Hingga dengan adanya tulisan, dapat meningkatkan dan memperbaiki cara berpikir, perilaku, kualitas hidup dan peradaban. Jika tidak ada tulisan, jangan pernah berpikir peradaban manusia dapat mencapai derajat seperti sekarang ini.

Sekarang, aku sudah memegang sebuah buku tulis. Akan kutuliskan apa yang harus kulakukan hari ini agar tak ada yang terlupa. Dua bulan ini kesibukan memang agak meningkat volumenya. Karena di awal Maret akan melangsungkan resepsi walimatul ursy anak ketiga.

Nah itu tadi, kewajiban mengajar harus dipenuhi, persiapan-persiapan harus pula dilakoni. Janji untuk tidak menjadi produk gagal kemah menulis juga tak boleh diingkari. Karenanya, sementara ini hasrat menulis kuladeni dengan menuliskan catatan handai tolan yang harus diundang, persiapan properti, konsumsi, dress code, dan segala pernak pernik yang bisa jadi terlupa di sana sini.

Namun karena ada tulisan, semua bisa dievaluasi. Siapa yang belum masuk dalam daftar undangan, apa lagi yang belum dipersiapkan, masih kurang ini, dan itu juga. Yang pasti, aku mau bilang dengan adanya tulisan kita akan bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dan memperbaikinya.

Yuk, sempatkan menulis.

Wallahu a'lam bishowab.

#edisipersiapanmantu#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 5 Pebruari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya masuk dalam daftar list yang diundang gak yah? He....he...ngayal ...Medan jauh oi. Semoga acaranya lancar, barokah dan sukses.

05 Feb
Balas

Boleh, Bunda. Uthi masukkan dalam daftar yang diundang ya..? Medan memang jauh..oii...tapi selalu dekat di hati. Jazakillah khoir Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Feb

Subhanallah, selalu ada hal baru yang kudapat dari tulisan Kak Rai ini. Menulis mengikat kebaikan dan perbaki kekhilapan. Itu kata kunci yang berbeda dengan kebanyakan. Umumnya, menulis mengikat ide. Kakak yah, selalu jeli dan sandarkan oada hati tentang sesuatu apapun. Ini yang tak aku miliki. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

05 Feb
Balas

Alhamdulillah, ini hal yang biasa deqquuu. Semoga menginspirasi. Jazakillqh khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

05 Feb

Walimatul ursy???? Saya siap jadi pagar ayu atau penerima tamu Bun...he..he...Barakallah...

05 Feb
Balas

Naah ini, sudah dapat pagar ayu yang imut-imut. Pagar bagusnya, alien ea ea...ya Bunda, mau kan? Hehehe. Jazakillah khoir untuk kesediaannya menjadi pagar ayu bersama alien ea..ea. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Feb

Bunda sibuk tetap nulis. Saya rewang dibelakang saja, Bun. Rajang-rajang brambang bawang. Hi... hi...

05 Feb
Balas

Alhamdulillah, ada yang rewang bantu rajang-rajang berambang. Tinggal nyari yang nggiling cabe. Kira-kira siapa ni ya yang mau..? Jazakillah khoir, Bunda sudah ikut rewang. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Feb

Itulah sebabnya, setiap peristiwa akan Mbah catat. Supaya ilmu dan hikmah tidak hilang. Barakillah mbah Uthi

05 Feb
Balas

Ayooo..., semangat menulis...menulis. Tulis saja semuanya, jangan ada yang terlewatkan. Biarkan tulisan kita menemukan takdirnya sendiri(masuk Mas Eko). Jazakallah khoir, Mbah Buya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Feb

Mereka sering buat alasan sibuk dan tak ada waktu. Terakhir ini baru ku tahu, alasan itu adalah persepsi untuk membenarkan keadaan yang tidsak sebenarnya. Terimaksih atas tulisan yang sangat oke ini.

05 Feb
Balas

Bismillah, insyaallah selalu diberi kesehatan hingga bisa menulis di sela-sela kesibukan yang ada. Jazakallah khoir apresiasinya, Pak Pengawas. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Feb

Subhanallah...terimaksih Bunda Rai.rasanya pas banget tulisan Bunda utk suasana diriku saat ini.semoga lancar dan sukses resepsinya.barakallah..

05 Feb
Balas

Alhamdulillah, jika demikian, Bunda. Jazakillah khoir untuk apresiasinya. Semoga menginspirasi. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

05 Feb

Sangat bergizi. Pantang dilewatkan. Barakallah. Uti.

05 Feb
Balas

Alhamdulillah. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

05 Feb

Terimakasih Bunda. Sangat memotivasi saya untuk semakin giat menulis. Barokalloh

05 Feb
Balas

Alhamdulillah, sami-sami Bunda. Jazakillah khoir untuk atensinya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

05 Feb

Bunda hebat sibuk masih bisa menulis.semoga acara walimahan nya sukses bunda. Barakallah

05 Feb
Balas

Aamiin yaa robal alaamiin. Hanya membiasakan saja, Bunda. Jadi, apa yang dialami ditulis...hihihi. Sambil melatih jemari agar tak kaku. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

05 Feb

Sibuk nya bunda...tapi masih sempat membuat tulisan...luar biasa bunda Sukses selalu bunda dan barakallah

05 Feb
Balas

Alhamdulillah..., emak emak seksi sibuk...sibuk. Bismillah, semoga Allah beri kesehatan hingga bisa terus menulis. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, Bunda Yanisa. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

05 Feb

Semoga acaranya lancar dan sukses, diridhoi Allah SWT.... Salam takzim

05 Feb
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Manatahu bertepatan ada perjalanan ke Medan, mampir Pak Guru di acara kami (2 Maret 2019). Jazakallah khoir untuk doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

05 Feb

Ibarat menulIs di buku harian, begitu sibuknya kita tetap kita sempatkan, gitu ya bunda.. dari tulisan bunda ada satu poin yang terkesan,... (Menulis, akan mengikat ilmu dan hikmah yang terkandung dalam tiap peristiwa. Hingga dengan adanya tulisan, dapat meningkatkan dan memperbaiki cara berpikir, perilaku, kualitas hidup dan peradaban. Jika tidak ada tulisan, jangan pernah berpikir peradaban manusia dapat mencapai derajat seperti sekarang ini) trims bunda...

05 Feb
Balas

Betul, Bunda. Ibarat menulis di buku harian, jadi asyiiik. Begitulah, ketika kita menuliskan apa yang terjadi, kita akan temukan hikmah dari tiap peristiwa. Jazakilah kkoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

05 Feb

Luar biasa...MasyaAllah Bunda...selalu memberikan ilmu yang bermanfaat.

05 Feb
Balas

Alhamdulillah, jika bermanfaat, Bunda. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali