Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
MENDIDIK ANAK DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN

MENDIDIK ANAK DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN

Rasulullah SAW, bersabda : “Aku telah meninggalkan dua perkara yang kamu tidak akan sesat selama kamu berpegang teguh kepada keduanya, yaitu kitab Allah ( Al Qur’an ) dan sunnah ( Hadits ) Nabi-NYA”. (HR.Malik)

Tak ada harta yang lebih berharga bagi manusia selain harta berupa anak dan keturunannya. Tidak sedikit pula orang yang belum mendapat amanah dari Allah untuk dikaruniai seorang anak. Berbagai usaha dan do’a dilakukan agar Allah berkenan mengamanahkan kehadiran seorang anak yang dirindukan.

Ketika anak sudah hadir di tengah-tengah kita , kita sebagai orang tua mulai sibuk pula memikirkan pendidikan yang bagaimana yang harus diberikan pada anak agar anak kelak anak dapat mencapai cita-cita yang diinginkan. Tidak jarang pula dengan padatnya jadwal yang dipilihkan orang tua untuk mengikuti berbagai les tambahan di luar jam sekolah anakpun kehilangan waktunya untuk bermain.

Mengapa kita terlalu sibuk memikirkan pendidikan yang sifatnya keduniawian jika Allah SWT dan Rasulullah SAW sudah menjamin dalam Al Qur’an dan Al Hadits yang kita tidak akan sesat selamanya. Didalam Al Qur’an sudah diajarkan prinsip-prinsip dasar pendidikan seorang anak. Menjadi hal yang paling utama untuk menanamkan ketauhidan pada diri anak. Seperti yang dilakukan oleh Luqmanul Hakim yang diabadikan Allah dalam surah Luqman ayat 13 .

Jika kedalam diri anak sudah ditanamkan ketauhidan yang benar berpegang pada Al Qur’an maka akan mudah baginya untuk memperoleh ilmu pengetahuan lainnya. Karena Al Qur’an merupakan sumber dari segala sumber ilmu. Tidak ada satu titik kehidupan manusia yang tidak dibahas didalam Al Qur’an. Bahkan dari asal kejadian manusia di alam rahim sampai kehidupan akhirat , semua Allah SWT jelaskan didalam Al Qur’an.

Demikian pula Allah SWT berfirman didalam surah An Nisa’ ayat 9 bagaimana sebaiknya mendidik anak agar tidak kita tinggalkan dalam keadaan lemah baik secara ekonomi, fisik dan aqidah (ilmunya).

Kemudian betapa indahnya jika kita bisa mengaplikasikan surah Bani Israil ayat 23 dan 24 dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak ada orang yang tidak berbahagia di dunia ini bahkan sampai akhirat. Wallahu a’lam bishshowab.

Rumahku, Menggapai Mardhotillah, 7 Maret 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah, dapat ikut mengaji beberapa ayat Al Qur'an ya dahsyat. Bisa saya pakai untuk mengisi pengajian. Barakallah fii kum

08 Mar
Balas

Alhamdulillah...Bunda, terimakasih. Baarokallah.

08 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali