Gemuruh tepuk tangan bergema memenuhi ruangan kelas X IPA 2 ketika salah satu kelompok dari kelas itu selesai mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya yang berjudul : “Reproduksi Pada Tumbuhan Paku”. Yang menarik dari penampilan kelompok 2 ini adalah bahwa benar-benar 4 karakter manusia ( Sanguinis, Plegmatis, Koleris, dan Melankolis ) terlihat pada kelompok ini. Didalam hatiku berfikir, jika seperti ini, maka akan mudah bagi guru untuk mengajar, mendidik dan membimbing para siswanya karena karakter si anak sudah diketahui.
Kelompok 2 ini terdiri dari 5 orang anggota dengan karakternya masing-masing. Salah seorang diantaranya selalu mendominasi pembicaraan ( Sanguinis= Populer) sehingga membuat teman satu kelompoknya menjadi kesal karena tidak diberi kesempatan untuk menjawab ketika kelompok lain memberikan tanggapan ataupun bertanya. Ada pula yang diam saja (Koleris=Menghindari konflik), tidak sabaran (Koleris), dan ada pula yang pemikir yang sempurna (Melankolis).
Model pembelajaran group investigation termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat dikembangkan untuk mencapai hasil akademik juga efektif mengembangkan keterampilan sosial siswa. Mendorong timbulnya gagasan yang lebih bermutu dan meningkatkan kreativitas siswa. Wallahu a’lam bishshowab.
Rumahku, jelang shubuh 11 Februari 2018.
Komentar
Benar2 guru kreatif dan kaya ide. Luar biasa!
Alhamdulillah...terimakasih banyak Pak Edi. Baarokallah.
Hebaatt...ayo terus berbagi di gurusiana..
Alhamdulillah...,terimakasih Bunda. Ayoo..semangat..semangat. Baarokallah...Bunda.
Ya... Luar biasa. Baru tahu juga model pembelajaran investigation. Trimakasih bunda
Alhamdulillah..terimaakasih kembali Bunda. Baarokallah...Bund. Selamat brakhir pekan.