Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TAMPILKAN KARAKTER ANAK

MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TAMPILKAN KARAKTER ANAK

Gemuruh tepuk tangan bergema memenuhi ruangan kelas X IPA 2 ketika salah satu kelompok dari kelas itu selesai mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya yang berjudul : “Reproduksi Pada Tumbuhan Paku”. Yang menarik dari penampilan kelompok 2 ini adalah bahwa benar-benar 4 karakter manusia ( Sanguinis, Plegmatis, Koleris, dan Melankolis ) terlihat pada kelompok ini. Didalam hatiku berfikir, jika seperti ini, maka akan mudah bagi guru untuk mengajar, mendidik dan membimbing para siswanya karena karakter si anak sudah diketahui.

Kelompok 2 ini terdiri dari 5 orang anggota dengan karakternya masing-masing. Salah seorang diantaranya selalu mendominasi pembicaraan ( Sanguinis= Populer) sehingga membuat teman satu kelompoknya menjadi kesal karena tidak diberi kesempatan untuk menjawab ketika kelompok lain memberikan tanggapan ataupun bertanya. Ada pula yang diam saja (Koleris=Menghindari konflik), tidak sabaran (Koleris), dan ada pula yang pemikir yang sempurna (Melankolis).

Model pembelajaran group investigation termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat dikembangkan untuk mencapai hasil akademik juga efektif mengembangkan keterampilan sosial siswa. Mendorong timbulnya gagasan yang lebih bermutu dan meningkatkan kreativitas siswa. Wallahu a’lam bishshowab.

Rumahku, jelang shubuh 11 Februari 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benar2 guru kreatif dan kaya ide. Luar biasa!

11 Feb
Balas

Alhamdulillah...terimakasih banyak Pak Edi. Baarokallah.

11 Feb

Ya... Luar biasa. Baru tahu juga model pembelajaran investigation. Trimakasih bunda

11 Feb
Balas

Alhamdulillah..terimaakasih kembali Bunda. Baarokallah...Bund. Selamat brakhir pekan.

11 Feb

Hebaatt...ayo terus berbagi di gurusiana..

11 Feb
Balas

Alhamdulillah...,terimakasih Bunda. Ayoo..semangat..semangat. Baarokallah...Bunda.

11 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali