Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXVII Tahun 2018 di Sumatera Utara ( Bagian 3 : 11 Muqri dan Mushaf Al Quran Kuno Sebagai Bukti Sumatera Utara Religius dan Bermartabat Sejak Dulu Kala)

Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXVII Tahun 2018 di Sumatera Utara ( Bagian 3 : 11 Muqri dan Mushaf Al Quran Kuno Sebagai Bukti Sumatera Utara Religius dan Bermartabat Sejak Dulu Kala)

Rangkaian acara dalam memeriahkan MTQ Nasional Sumut 2018 ini, sangat berasa sebagai hasil kerja keras dari panitia. Di bawah bimbingan bapak gubernur Sumut, acara-acara yang dirancang terlihat sarat dengan pesan untuk menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat di Sumut sangat religius.

Bersamaan dengan Parade 1000 Hafizh, digelar pula launching buku yang berjudul : “ Muqri Sumut di Pentas Dunia” yang disusun oleh Dr. Achyar Zein bersama Dr. Watni Marpaung. Juga buku “Mushaf Al Qur’an Kuno di Nusantara” oleh Ichwan Azhari dan Candiki Repantu.

Selain untuk membuktikan kehidupan religius dari masyarakat Sumut, launching buku ini juga menunjukkan bahwa gerakan literasi di Sumut berjalan dengan sangat baik.

Buku “Muqri Sumut di Pentas Dunia”, menceritakan tentang adanya 11 orang qori daerah Sumut yang mampu mencapai prestasi bukan hanya sebagai qori nasional namun juga internasional.

Perjuangan 11 muqri (Muqri = ahli ibadah tentang alquran) tersebut dalam menghidupkan ajaran Al Quran di lingkungan masyarakat Sumut hingga mampu tampil di “pentas dunia” bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena itu, melalui momen MTQ Nasional XXVII ini, bapak gubernur dengan penuh kebesaran hati memberikan penghargaan kepada mereka.

Suasana pada saat pemberian penghargaan itu terasa sangat hikmat dan menyentuh hati, dikarenakan 11 muqri Sumut tersebut kesemuanya telah berpulang ke rahmatullah. Maka, penghargaan diserahkan kepada keluarga mereka. Inilah bukti rahmaan dan rahiim-Nya, bahwa segala amal shaleh yang kita perbuat akan selalu diingat dan menjadi jariah yang terus menerus mengalir meskipun kita telah tiada. Aamiin ya robbal alaamiin.

Nama-nama 11 muqri Sumut yang mampu menunujukkan prestasinya di pentas dunia pada masanya adalah :

1. Azra’I Abdurrauf

2. Usman Fattah

3. Tambi Musa

4. Khuwailid Ahmad Daulay

5. Hasan Basri Sa’i

6. Adlan Adam

7. Rahmat Lubis

8. Nur Asiah Jamil

9. Mirwan Batubara

10. Nur Ainun Burhan

11. Fakhruddin Sarumpaet

Sementara itu, buku “Mushaf Al Quran Kuno di Nusantara” oleh Ichwan Azhari dan Candiki Repantu yang berisi penelitian tentang adanya mushaf Al Quran di Indonesia dan salah satunya adalah mushaf yang ada di Sumut. Adapun ciri khasnya adalah terdapat iluminasi khas Melayu pantai timur.

Juga berdasarkan penelitian kedua penulis tersebut, sebagai satu bukti untuk meyakinkan pada dunia, adanya mushaf menunjukkan bahwa Sumut sangat religius sejak 500 tahun yang lalu. Keberadaan muqri di Sumut dianggap sejalan dengan keberadaan mushaf dimaksud.

Bapak gubernur Edy Rahmayadi didampingi wakil gubernur Musa Rajekhshah sangat bersyukur akan hal ini : ”Adanya mushaf di Sumut , menunjukkan Sumut sangat religius. Alhamdulillah, ada yang menggali, membuktikan bahwa dari dulu Sumut adalah religius dan bermartabat.” Demikian pak gubernur menjelaskan.

Wallahu a'lam bishowab

#edisicintasumut#

Medan, Menggapai Mardhatillah, 6 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Luar biasa sumut memang religius, respon kepala daerah sangat berperan. Terima kasih reportasenya kak, aku jadi tahu ttg medan yg religius. Barakallah, smoga kak Rai dalam lindunganNya

06 Oct
Balas

Alhamdulillah, semoga begitu selamanya. Iya deqquuu. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Oct

Wah, Medan memang luar biasa. Saya sangat terkesan dengan bentuk penghargaan itu. Ternyata 11 orang hebat itu sudah berpulang ke rahmatullah. Luar biasa.

06 Oct
Balas

Betul pak guru, penuh makna yang diliputi rasa haru. Allah mengangkat derajat orang-orang yang menghidupkan Alquran. Jazakumullah khoiron katsiro kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

06 Oct

Membaca artikel ini membuktikan bahwa Al Qur'an tetap terjaga sampai kapan pun....Subhanallah....

06 Oct
Balas

Betul bunda Rini, Allah SWT senantiasa menjaga dan memelihara kalam sucinya. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

06 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali