Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXVII Tahun 2018 di Sumatera Utara ( Bagian 6 : Banyaknya Jenis Perlombaan di Dalam MTQN Membuktikan Bahwa Al Quranul Karim Tidak Jumud )

Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXVII Tahun 2018 di Sumatera Utara ( Bagian 6 : Banyaknya Jenis Perlombaan di Dalam MTQN Membuktikan Bahwa Al Quranul Karim Tidak Jumud )

Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXVII di sumatera Utara, telah memasuki hari ke empat setelah dibuka secara resmi oleh bapak presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Oktober 2018 yang lalu.

Ada 11 cabang perlombaan yang digelar, yang dilaksanakan di beberapa tempat yang berbeda.

Dalam perjalanan MTQ Nasional, banyaknya jenis perlombaan yang semakin bertambah menandakan bahwa Alquran tidak jumud ( baca: statis). Dari tahun ke tahun jumlah cabang perlombaan didalam MTQN semakin banyak. Adapun 11 cabang yang diperlombakan kali ini meliputi :

1. Cabang tilawah dewasa dan cabang qiraah sab’ah dewasa mujawwad putra dan putri, bertempat di area utama (Astaka) Jln Williem Iskandar Medan Estate.

2. Cabang Tilawah Anak-anak dan remaja putra putri di Lapangan Merdeka Medan.

3. Cabang tilawah cacat netra dan tartil putra putri di Aula King Abdul Aziz Asrama Haji Medan.

4. Cabang hafizh quran golongan 1 juz dan 5 juz di Lapangan Istana Maimun.

5. Hafizh 10 dan 20 juz dan tafsir bahasa arab putra putri bertempat di Aula Jabal Nur Asrama Haji Medan.

6. Hafizh quran 30 juz dan tafsir bahasa arab putra putri bertempat di Aula Qubra Asrama Haji Medan.

7. Golongan tafsir bahasa Indonesia dan tafsir bahasa Inggris putra dan putri bertempat di Aula H. Anif UNIMED, jalan Williem Iskandar Medan.

8. Fahmil Quran di lantai 2 Aula Kampus UINSU.

9. Syahril Quran di Gelanggang UINSU.

10. Cabang Khattil Quran golongan naskah dan hiasan mushaf di Gedung Serba Guna jalan Williem Iskandar Medan.

11. Cabang Khattil Quran golongan dekorasi dan kontemporer di Gedung Serba Guna jalan Williem Iskandar Medan.

Meskipun Alquran diturunkan jauh beratus abad yang lalu, namun makna yang terkandung didalamnya mampu menyentuh kehidupan manusia tidak memandang masa.

Al Quran diturunkan Allah SWT bagi seluruh ummat manusia sebagai pedoman dan petunjuk dalam mengarungi kehidupan ini.

Tulisan huruf-huruf didalam Alquran yang selalu tetap, tidak berubah dan terjaga keasliannya. Allah SWT senantiasa memelihara Al quran dari kejahilan tangan-tangan manusia yang mengingkari kebenaran Al quran. Allah berfirman didalam surat Al Hijr ayat 9 :

Makna yang terkandung didalamnya lah yang ternyata tidak jumud. Melainkan dapat diaplikasikan untuk menjadi pedoman hidup dari masa ke masa.

Hal ini berarti bahwa Alquran merupakan rahmatan lil alamin. Karena kandungan yang terdapat di dalam Alquran dapat ditafsirkan dalam berbagai dimensi ruang, waktu dan pemikiran.

Bahwa di dalam Al Quran terkandung berbagai jenis ilmu pengetahuan yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia di seluruh penjuru bumi ini. Sebagaimana firman Allah SWT didalam surat Al Fusshilat ayat 53.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisicintasumut#

Medan, Menggapai Mardhatillah, 10 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terimakasih reportasenya bu. Jadi inget mimpi waktu masih anak2. Pengen banget bisa baca qur'an tilawah. Tapi napas gak kuat

10 Oct
Balas

Alhamdulillah, saudaraku datang berkunjung. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

10 Oct

Reportase luar biasa dibingkai paparan luar biasa menambah luar biasa tulisan kak Rai. Sejatinya alquran yg merupakan mukjizat terbesar Rasulallah SAW memang selalu manarik tuk dibaca dan dikaji terlebih bila diamalkan akan ciptakan mashlahat dlm kehidupan. Semlga Allah senantiasa memberikan rahmatNya utk kak Rai. Barakallah

10 Oct
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakumullah khoiron katsiro untuk atensi dan kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...deqquuu.

10 Oct

Al-Qur'an pedoman hidup sepanjang zaman. Terima kasih atas berbagi ilmunya Bunda. Semoga sehat dan sukses selalu. Barakallah

10 Oct
Balas

Alhamdulillah. Jazakumullah khoiron katsiro atendinya cikgu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

10 Oct

Subhaanallaah.. Terimakasih reportasinya bundaku, alhamdulillah walau jauh akhirnya saya jadi tahu, sekaligus bisa ikut membayangkan dan ikut bangga. Semoga MTQN XXVII berjalan dengan lancar dan sukses li i'lai kalimatillah.. Aamiin salam sehat dan ta'dzim dari nanda yang di Blitar njih bundaku..

10 Oct
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakumullah khoiron katsiro untuk kunjungan dan doanya, nanda. Salam sehat dan sukses selalu untuk nanda dan keluarga di Blitar. Barakallah...nduk.

10 Oct

Subhanallah....hanya itu kata yang bisa mewakili perasaan saya ketika membaca tulisan ini...Barakallah Bunda...

10 Oct
Balas

Alhamdulillah, jazakumullah khoiron katsiro, bunda Rini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

10 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali