Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Oh....Kedipan Matamu
Sumber : Merdeka.com

Oh....Kedipan Matamu

Kuhapus air mata yang berulang kali mengalir. Ada perih yang terasa. “Kenapa ya, koq mata budhe berair terus,” keluhku pada Bu Yarni rekan semejaku di sekolah. “Lha….iya, wong budhe melototi laptop terus,” sahutnya nyantai. Akupun tertegun dengan ucapannya.

Betul juga, belakangan ini laptop menjadi benda paling berharga yang sangat sering kupelototi dalam keseharianku. Kuhapus kembali air mata yang keluar sambil berpikir bahwa aku harus melakukan sesuatu untuk mataku ini.

Aktivitas membaca membuat mata melotot dalam waktu yang lama. Ditambah lagi pancaran cahaya terang dari laptop atau gawai jika bahan bacaan kita berasal dari kedua benda tersebut.

Mata yang melotot (terbelalak) akan menyebabkan bola mata menjadi kering. Pada saat mata terbuka lapisan air mata akan berkurang akibat evaporasi (panguapan). Keadaan ini akan membuat mata menjadi perih karena keadaan yang kering tadi. Bahkan dapat menyebabkan iritasi ringan.

Mengedipkan mata menjadi salah satu solusi terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Hal kecil ini, terkadang kita melalaikannya. Padahal mengedipkan mata memiliki banyak manfaat. Manfaat mengedipkan mata ini berhubungan dengan lapisan air mata yang terbentuk ketika mata berkedip.

Pada setiap berkedip, lapisan air mata yang terbentuk terdiri dari tiga lapisan yaitu : > Lapisan lemak/ lapisan superficial.

Lapisan ini berfungsi untuk : - Menghambat penguapan air

mata.

- Meningkatkan tekanan permukaan.

- Melubrikasi kelopak mata.

> Lapisan aqueos/ air mata.

Lapisan ini berfungsi untuk :

- Memberi oksigen pada permukaan epitel kornea.

- Zat antibakteri : lactoferin, lysozyme dan betalysin.

- Memberikan permukaan optis yang halus.

- Membersihkan debris.

> Lapisan musin/ lendir.

Lapisan musin ini akan melapisi sel epitel kornea dan konjungtiva agar air mata dapat membasahinya serta mempertahan stabilitas lapisan air mata. (https://biologigonz.blogspot.com )

Lapisan-lapisan yang terbentuk ketika berkedip inilah yang kemudian mendatangkan manfaat luar biasa bagi kesehatan mata, yaitu :

1. Melembabkan bola mata dan mencegah iritasi.

Aktivitas mengedipkan bola mata membuat bola mata kita senantiasa lembab. Salah satu mekanisme terbentuknya air mata adalah dengan mengedipkan mata. Air mata pada permukaan mata berfungsi melembabkan dan melumasi mata agar terasa nyaman sehingga dapat aktif lebih lama.

2. Menjernihkan dan mencerahkan pandangan.

Pada saat-saat tertentu tidak jarang mata kita menjadi kabur karena adanya benda asing yang masuk ke mata. Mengedipkan mata membuat benda asing itu dapat disingkirkan dari mata sehingga pandangan dapat menjadi jernih dan cerah kembali.

3. Membunuh mikroorganisme.

Hal ini disebabkan karena adanya zat antibakteri didalam air mata ketika berkedip.

4. Menekan pertumbuhan sel kanker.

Air mata yang terbentuk pada saat mata berkedip akan membantu mendetoksifikasi permukaan bola matadari berbagai jenis toksin yang berasal dari berbagai jenis zat kimia berbahaya. Proses detoksifikasi (penetralan racun) ini, akan membuat jaringan di sekitar mata terbebas dari pertumbuhan sel-sel kanker yang sangat berbahaya.

5. Membersihkan bola mata dari debu.

Ketika mata terbuka kemungkinan terpapar kotoran atau debu bisa saja terjadi. Mengedipkan kelopak mata lebih efektif dilakukan untuk membersihkannya daripada kita menggunakan tissue atau saputangan . Hal ini disebabkan lapisan yang terbentuk dalam tiap kali mata berkedip.

6. Mencegah glaucoma.

Glaucoma adalah kelainan pada mata karena tingginya tekanan di dalam bola mata. Keadaan ini disebabkan karena tersumbatnya aliran keluar dari cairan bola mata. Salah satu faktor penyebab terjadinya hal ini adalah pengaruh lingkungan yang memicu terbentuknya sel-sel tumor sehingga menahan aliran air mata.

7. Mata menjadi segar kembali setelah digunakan beraktivitas.

Jika demikian, aktivitas mengedipkan mata harus dilakukan secara konsisten dalam rangka menjaga kesehatan mata. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi makanan yang sehat bagi mata.

Dengan catatan, lakukan kedipan mata secara santun dan tidak berlebihan. Bisa jadi orang di sekitar kita akan memberi respon yang berbeda dengan kedipan mata yang sedemikian rupa. Alamaaak.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisihidupsehat#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 4 Desember 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jadi ingat..bun!

04 Dec
Balas

Ingat kedipan matanya, njih Pak Guru...? Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

04 Dec

Saya suka bagian akhirnya bunda....

04 Dec
Balas

Alamaaak...gak kuku deh. Bunda Mien bisa aja deh. Jazakillah khoir untuk kunjungannya, bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Dec

Saya membaca tulisan ini sambil berkedip bunda. Terima kasih ilmu yang sangat bermanfaat. Barakallah

04 Dec
Balas

Jazakillah khoir untuk praktik langsungnya. Tapi jangan kebanyakan ya bunda, nanyi ada yang bingung.Alamaak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

04 Dec

Alamaaaak...kedipan matanya.... Makasih ulasannya Bunda, mengingatkan kita agar bisa menjaga optik alami yang diberikan Tuhan...Sehat dan sukses Bunda Rai yang selalu menginspirasi..

04 Dec
Balas

Ahayyyyy....matanya berkedip-kedip. Betul bu guru, harus bisa merawat dan menjaga pemberian Allah. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru.

04 Dec

Waduh, mataku seringkali berkedip, tp basah dan tumpah, hehehe. Pembahasan org biologi, org hukum jadi melotot aja nih. Tapi tetap untaian doa selalu untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya utk kk dan barakallah

04 Dec
Balas

Jangan melotot aja, selain kasihan matanya juga karena orang akan takut ngelihatnya. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deq.

04 Dec

Terimakasih tip sehatnya, Barakallah.

04 Dec
Balas

Sami-sami, bu guru. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru.

04 Dec

Ting..ting...wow gubrak deh lihat kedipan matanya....Sedang mencoba mengedip-ngedipkan mata ini bunda Rai....

04 Dec
Balas

Hihihi...sampa gdubrak. Wong kedipannya pakr ting...ting...ting. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

04 Dec

Masyaallaah, ulasan yang luar biasa bunda. Mata saya sekarang mengalami kekeringan, kelenjar minyak yang terletak di kelopak mata, tepat di bawah di tempat bulu mata tumbuh tidak memproduksi minyak dengan maksimal seperti mata orang normal. Makanya mata saya sering pegal dan terasa sakit. Sehat dan sukses bunda. Barakallaah

05 Dec
Balas

Tapi bunda Nurmalia terus konsultasi ke dokter kan ? Banyak makan sayura, bunda. Mudah-mudahan bisa membantu pemulihan disamping harus rajin konsultasi ke dokter. Hindari faktor-faktor pemicu yang mengganggu kesehatan mata seperti asap, debu, radiasi yang terlalu keras dari cahaya laptop, tv atau juga gawai. Jazakillah khoir untuk kunjungan bunda. Semoga bunda sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

05 Dec

Langsung ku kedipkan mata ini karena laptopan dip... dip... cliingng. Mksh, bun. tips sehatnya. Sehat, semangat dan berkah utk bunda dan sahabat...

04 Dec
Balas

Dip...dip...cling...cling... hehehe. Njih bunda, kasihan matanya jadi lelah melototi laptop terus. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Barakallah, bunda.

04 Dec

Alhamdulillah kita masih dapat merasakan nikmatnya berkedip...sukses selalu

04 Dec
Balas

Alhamdulillah, njih Pak Guru. Jazakallah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak guru.

04 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali