Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
PERAN KITA DALAM KETERSEDIAAN AIR BERSIH

PERAN KITA DALAM KETERSEDIAAN AIR BERSIH

“Bu.., kenapa kita sangat membutuhkan air? Kenapa kita lebih kuat menahan lapar daripada menahan haus ?”. Pertanyaan siswaku ini kusimpan dan kuingat baik-baik. Satu pertanyaan yang muncul dari apa yang dirasakannya sendiri dan juga semua orang.

Sebagian besar (lebih dari 90%) tubuh kita disusun oleh air. Itulah sebabnya kita sangat merasakan akibatnya ketika terjadi kekurangan air. Bahkan darah yang berfungsi sebagai alat transportasi didalam tubuh kita sebahagian besar penyusunnya adalah air.

Pemenuhan kebutuhan air bersih sekarang ini sudah semakin sulit. Apalagi di daerah perkotaan yang penduduknya padat. Sayangnya banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa ketersediaan air bersih di alam ini disebabkan karena tindakan-tindakan kita yang tidak ramah lingkungan.

Air yang ada di alam ini mengalami perjalanan yang sangat panjang. Berawal dari penguapan seluruh permukaan air yang ada di bumi karena penyinaran matahari. Uap-uap air berkumpul di awan dan mengalami kondensasi menjadi embun yang kemudian akan jatuh ke tanah dalam bentuk hujan. Air hujan yang turun ke bumi diserap oleh akar-akar pepohonan yang membantunya hingga sampai ke lapisan dalam tanah dan mencapai gua bawah tanah. Untuk mencapai gua bawah tanah ini, dibutuhkan waktu berbula-bulan. Didalam gua bawah tanah, dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk akhirnya keluar sebagai mata air. (BERSALING 2009).

Apa pelajaran yang dapat kita ambil dari perjalanan air di atas ? Pohon/tumbuhan merupakan salah satu komponen utama yang berperan dalam membantu proses penyerapan air hujan hingga bisa mencapai gua bawah tanah. Penebangan pohon yang dilakukan oleh manusia otomatis membuat air hujan yang jatuh ke bumi tidak akan dapat mencapai gua bawah tanah sehingga membuat mata air pun menjadi kering. Lantas jika mata air kering, kita dapat menjawab sendiri apa akibat yang terjadi. Ketersediaan air di bumi ini semakin lama akan semakin sulit.

Kenapa kita harus mengeluh ketika kebutuhan kita akan air tidak terpenuhi ? Sementara tindakan-tindakan yang kita lakukan ternyata membuat sumber mata air menjadi kering. Menebang pohon contohnya atau melakukan pemborosan dalam penggunaan air. Padahal air membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga dapat menjadi mata air. Maka dalam melakukan pembangunan, kebijakan-kebijakan penyelamatan lingkungan harus tetap diutamakan. Wallahu a’lam bishshowab.

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 10 April 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap ibu

10 Apr
Balas

Airx barokah

10 Apr
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir.....Pak. Baarakallah.

10 Apr

Guru IPA dan Biologi ini sangat cerdas membuat siswanya paham Terima kasih Bu Nana

10 Apr
Balas

Jazakillah khoir...Bunda. Selalu menyemangati. Baarakallah.

10 Apr

mantap b. lanjutkan

10 Apr
Balas

Jazakillaj khoir. Baarakallah.

10 Apr

Berarti kmrn guru2 di sekolah kami pada menanam pohon sdh benar, ya Bu?

10 Apr
Balas

Sangat benar sekali Pak. Selamat dan sukses selalu untuk SMA Negeri 1 Sokaraja. Baarakallah...Pak Kepala Sekolah.

10 Apr

Guru geografi berkomentar tentang gua bawah tanah. Dalam kajian geografi gua terbentuk di daerah kapur karena terjadi pelapukan kimiawi. Reaksi yang melarutkan kapur karena air. Sehingga goa umumnya terdapat didaerah kapur sebagai bentukan akibat pelapukan. Air yang merasap kedalam tanah (infiltrasi) bergerak secara vertikal akan berhenti ketika bertemu dengan lapisan tanah kedap air seperti lempung atau cadas. Sehingga air akan berubah arah secara horisontal (perkolasi). Dimanakah posisi air saat didalam tanah? Berada diatasnya lapisan tanah kedap air yang disebut air resapan (freatik) dan diantara lapisan kedap air umumnya jenis lapisan tanahnya adalah pasir sehingga mampu meloloskan air. Air pada lapisan ini disebut air artesis (air yang berada lapisan pasir yang mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah yang disebut sungai bawah tanah). Faktanya daerah dataran rendah tidak akan pernah kekurangan air tanah atau kasusnya air zam-zam. Andaikan ada goa air dibawah tanah dipicu oleh pengambilan air tanah secara berlebih yang dilakukan oleh manusia secara tidak tanggungjawab. Menggunakan mesin penyedot air dengan kekuatan yang dahsyat. Hal tersebut sangat merugikan sehingga jangka panjang akan mengalami gravitasi, terjatuh, dan akan membuat apapun diatasnya akan terperosok kedalam tanah. Hanya masalah waktu saja. Sangat sepakat kita berhemat air untuk kehidupan lebih baik.

10 Apr
Balas

Subhanallah...,jazakillah khoir sudah memberikan pengetahuan tentang gua bawah tanah. Salam sukses selalu. Saling melengkapi yang sangat baik. Salam sukses selalu. Baarakallah...Pak.

10 Apr

Sama-sama ibu, biar pembacanya dapat utuh

10 Apr

Alhamdulillah...indahnya berbagi di gurusiana.

10 Apr

Sippp Bu. Jadi refleksi diri nih. Baarakallah

11 Apr
Balas

Alhamdulillah...jazakillah khoir. Sukses selalu...Ibu. Baarakallah.

11 Apr

Mantap bu..menarik sekali tulisannya..

11 Apr
Balas

Alhamdulillah..., jazakillah khoir. Baarakallah...Bu.

11 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali