Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Ramadhan Tiba  (1) :  Islam Agama Ilmu Pengetahuan

Ramadhan Tiba (1) : Islam Agama Ilmu Pengetahuan

"Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa diantara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah beginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Hadits tentang awal Ramadhan.

Apabila bulan telah masuk keduapuluh Sembilan malam(dari bulan Sya’ban).maka janganlah kalian berpuasa hingga melihat hilal. Dan apabila mendung sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tigapuluh hari.”

“Orang-orang berusaha untuk melihat hilal, kemudian aku beritahukan kepada RasulullahSAW bahwa aku telah melihatnya. Kemudian beliau berpuasa dan memerintahkan orang-orang agar berpuasa.”

Penentuan awal Ramadhan didasarkan kepada hasil Hisab dan rukyat. Hisab secara harfiah adalah perhitungan. Dalam dunia Islam istilah hisab sering digunakan dalam ilmu falak(astronomi) un tuk memperkirakan posisi matahari dan bulan terhadap bumi. Posisi matahari menjadi penting karena menjadi patokan ummat Islam dalam menentukan waktu shalat. Sementara posisi bulan diperkirakan untuk mengetahui terjadinya hilal sebagai penanda masuknya periode bulan baru dalam kalender hijriyah.Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender hijriyah.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilai, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak(konjungsi)`. Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optic seperti teleskop yang dilakukan setelah matahari terbenam. Namun tidak selamanya hilal dapat terlihat. Saat ini rukyat juga dilakukan dengan menggunakan peralatan canggih.(https://id.m.wikipedia.org)

Disinilah sangat jelas terlihat untuk menentukan awal Ramadhan dibutuhkan ilmu Falak dan astronomi serta peralatan yang canggih. Sangat jelas tergambar kesemuanya ini membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai. Itulah artinya bahwa Islam adalah agama ilmu pengetahuan. Wallahu a’lam bishawab.

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, Penghujung Sya’ban 1439 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat informatif dan kaya akan refrerensi terima kasih bunda, salam literasi

16 May
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir...pak guru. Mohon maaf lahir dan bathin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallh.

16 May

SubhanaAllah. Terima kasih bu, wawasan saya akhirnya bertambah. Benar adanya bahwa islam adalah agama ilmu pengetahuan dan sumber dari segala ilmu pengetahuan tersebut ada di Al-Qur'an. Semoga ibu sehat selalu dan tidak lelah untuk berbagi ilmu lewat tulisan-tulisan yang inspiratif. BarakaAllah..

18 May
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir. Aamiin ya robbal alaamiin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

19 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali