Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Ramadhan Tiba  ( 2 ) : Tarawih Yuuuk...

Ramadhan Tiba ( 2 ) : Tarawih Yuuuk...

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Jika matahari penghujung Sya’ban terbenam, itu artinya Ramadhan telah tiba. Allah telah mengijabah do’a kita untuk bisa bertemu kembali dengan Ramadhan yang mulia, penuh keberkahan dan keampunan. Dengan tekat dan harapan bahwa kesempatan yang kembali diberikan Allah ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Siapa tahu ini Ramadhan kita yang terakhir. Wallahu a’lam bishawab.

Banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk merebut pahala yang berlipat ganda pada malam ataupun siang Ramadhan. Namun satu-satunya amalan yang hanya di lakukan pada malam Ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih hukumnya sunnah yang dianjurkan (sunnah mu’akkad).

Adapaun keutamaan shalat tarawih dijelaskan pada hadits berikut ini :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa melakukan qiyamulail pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR.Bukhari no. 37 dan Muslim no.759)

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menuturkan , “Rasulullah SAW pernah shalat bersama kami di bulan Ramadhan sebanyak 8 rakaat lalu beliau berwitir. Pada malam berikutnya, kami pun berkumpul di mesjid sambil berharap beliau akan keluar. Kami terus menantikan beliau disitu hingga datang waktu fajar. Kemudian kami menemui beliau dan bertanya,”Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami menunggumu tadi malam, dengan harapan engkau akan shalat bersama kami.” Rasulullah SAW menjawab,”Sesungguhnya aku khawatir kalau akhirnya shalat tersebut menjadi wajib bagimu.” (HR. Ath Thabrani, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah)

Shalat tarawih dapat dilakukan sendiri ataupun berjamaah. Tetapi shalat tarawih yang dilakukan berjamaah adalah lebih baik. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW,” Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” Hadits ini merupakan anjuran agar kaum muslimin melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah dan mengikuti imam hingga selesai.

Semua amalan yang kita lakukan haruslah diniatkan lillahi taala hanya karena mengharap keridhaan Allah SWT semata. Jika Allah telah memberikan keridhaanNya kepada kita, maka tidak ada yang mustahil bagi Allah untuk memenuhi permintaan kita. Berikut ini fadilah melaksanakan shalat tarawih di tiap-tiap malam Ramadhan :

1. Malam pertama : diampuni segala dosa-dosa orang yang beriman sehingga ia seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya.

2. Malam kedua : Diampuni dosa kedua orangtuanya.

3. Malam ketiga : Malaikat memanggil dari bawah ‘Arsy ,”Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu!”

4. Malam keempat : Baginya pahala seperti pahala membaca Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an.

5. Malam kelima : Allah memberinya pahala seperti orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha.

6. Malam keenam : Allah memberinya pahala seperti orang yang melakukan thawaf mengelilingi baitul makmur dan bebatuan pun memohonkan ampun baginya.

7. Malam ketujuh : Seakan-akan dia bertemu Musa dan kemenangannya atas Firaun dan Haman.

8. Malam kedelapan : Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah diberikanNya kepada Ibrahim A.S

9. Malam kesembilan : Seakan-akan ia beribadah seperti ibadahnya nabi SAW.

10. Malam kesepuluh : Allah memberikan rezeqy kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.

11. Malam kesebelas : Dirinya keluar dari dunia seperti kelahirannya dari rahim ibunya.

12. Malam kedua belas : Pada hari kiamat dirinya akan datang seperti bulan dimalam purnama.

13. Malam ketiga belas : Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan.

14. Malam keempat belas : malaikat datang untuk menyaksikan shalat tarawih dan kelak Allah tidak akan menghisabnya pada hari kiamat.

15. Malam kelima belas : Para malaikat bershalawat kepadanya.

16. Malam keenam belas : Allah SWT membebaskannya dari api neraka dan memasukkannya kedalam surge.

17. Malam ketujuh belas : Diberikan pahala seperti pahala para nabi.

18. Malam kedelapan belas : Para malaikat memanggil, “Wahai Abdullah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan kedua orangtuamu.”

19. Malam kesembilan belas : allah mengangkat derajatnya ke surge firdaus.

20. Malam keduapuluh : Diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh.

21. Malam keduapuluh satu : Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surge.

22. Malam keduapuluh dua : Pada hari kiamat nanti, selamat dari kesulitan dan kesusahan.

23. Malam keduapuluh tiga : Allah SWT membangunkannya sebuah kota di surge.

24. Malam keduapuluh empat : Permintaannya dikabulkan oleh Allah SWT.

25. Malam keduapuluh lima : Allah mengangkatnya dari siksa kubur.

26. Malam keduapuluh enam: Allah SWT mengangkatnya dari siksa kubur.

27. Malam keduapuluh tujuh : Ia akan melewati jembatan Shirothol Mustaqim pada hari kiamat kelak seperti halilintar yang menyambar.

28. Malam keduapuluh delapan : Allah mengangkat baginya seribu derajat di surga.

29. Malam keduapuluh Sembilan : Allah memberinya pahala seribu haji yang mabrur.

30. Malam ketiga puluh : Allah SWT berfirman ,”Hai hambaku, makanlah buah-buahan didalam surge dan mandilah engkau dengan air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar, Aku tuhanmu dan engkau hambaku.”

( Sumber Hadits dari Kitab Duratun Nasihin, Bab Keistimewaan Bulan Ramadhan). https://garigeneration.wordpress.com

Wallahu a’lam bishawab.

Rumahku, Menanti Malam Pertama Ramadhan 1439 H, 16 Mei 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali