Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Rumah IPPSU
Pojok Baca IPPSU di MUSPERIN Jalan Brigjen Katamso Medan. ( Dokpri)

Rumah IPPSU

Ketika IPPSU ikut ambil bagian dalam acara bazar dan pameran buku helatan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Medan bulan April yang baru lalu, ada pertanyaan pengunjung yang tak terjawabkan. “Bu, dimana bisa membaca ataupun mendapatkan buku-buku ini?” Maksudnya buku karya guru-guru terbitan MediaGuru yang saat itu dipamerkan.

Terus terang, aku menjawab sebisa dan seadanya. Aku pun menyadari pula jika jawaban itu tidak memuaskan pengunjung. Karena memang tak ada tempat (toko) yang memajang buku-buku tersebut. Kusampaikan pula adanya toko buku on line-nya MediaGuru.

Pertanyaan ini, yang kemudian kubawa dalam rapat kerja IPPSU. Namun hasil rapat pun tak menemukan solusi untuk itu. Banyak pertanyaan yang muncul untuk menjawab satu pertanyaan tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul antara lain :

1. Siapa yang bisa sediakan tempat untuk memajang buku kita secara off line ?

2. Strategis dan menarikkah tempat tersebut sehingga pengunjung berminat mendatanginya?

3. Siapa pula yang punya waktu untuk berjaga di tempat tersebut?

Bagaikan peribahasa pucuk dicinta ulam pun tiba. Ketika IPPSU rapat kerja di pendopo Museum Perkebunan Indonesia (MUSPERIN) Medan tanggal 6 Juli 2019, pertanyaan itu terjawab.

Mungkin ini jawaban yang diberikan Allah karena niat yang tulus dan murni dari IPPSU dalam menggerakkan literasi di negeri bertuah Tanah Deli.

Semua pertanyaan tersebut di atas melalui pimpinan Museum Perkebunan Indonesia Medan, Allah berikan jawabannya. Rasa bahagia juga rasa haru yang membiru memenuhi rongga dada.

Bagaimana tidak, MUSPERIN dengan apresiasi yang tinggi terhadap IPPSU memberikan salah satu ruangan mereka untuk dipergunakan sebagai “Toko Off line” bagi hasil karya anggota IPPSU. Dan buku-buku itu pun terpajang apik di sana.

Maka, semua orang yang berkunjung ke Musperin akan bisa melihat hasil karya IPPSU terpajang di sana. Tidak hanya untuk dibaca, Musperin juga mengizinkan penjualan buku-buku tersebut di tempat itu.

Yang lebih membanggakan lagi, IPPSU diminta siap menggelar berbagai acara di lokasi tersebut demi menggelorakan semangat literasi bagi generasi penerus. Demikian harapan pimpinan museum.

Apresiasi yang diberikan MUSPERIN ini, merupakan anugerah sekaligus tantangan bagi IPPSU untuk semakin semangat berkarya.

Kini, IPPSU telah punya rumah. Dimana masyarakat Sumatra Utara ataupun luar daerah yang berkunjung ke MUSPERIN, bukan hanya dapat melihat sejarah perkebunan dari masa ke masa, tetapi juga dapat menjadi saksi dari jejak literasi yang dibuat IPPSU.

Semoga IPPSU dapat menjawab apresiasi yang diberi. Dari MUSPERIN yang menjadi rumah bagi IPPSU akan terpancar sinar untuk tebarkan energi literasi.

Wallahu a’lam bishowab

#edisisemangatippsu#

Masjid Abidin Simpang Pelangi, 9 Juli 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah walhamdulillah, IPPSU punya rumah tuk simpan dan perkenalkan pada masyarakat untuk dimiliki. Mantaps kali Kak. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

09 Jul
Balas

Alhamdulillah, IPPSU punya rumah sehingga bisa memajang hasil karyanya. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

10 Jul

Ikhtiar dan usaha dulu baru tawakkal. Hasilnya menggembirakan. Barakallah Mbah Uthi selalu sehat

09 Jul
Balas

Insya Allah akan selalu berikhtiar untuk bisa tawakkal. Jazakallah khoir nasehatnya. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, Mbah Buya.

10 Jul

Alhamdulillah.. Allah mengijabah segala doa baik kita semua..

09 Jul
Balas

Alhamdulillah, iya Bu Guru. Niat yang tulus dan murni, itu pemantiknya. Jazakillah khoit untuk kunjungannya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu Guru syantiiiqqq.

10 Jul

Subhanallah. Semangat yang tak terbendung.

09 Jul
Balas

Alhamdulillah, semoga IPPSU istiqomah. Aamiin yaa robbal alaamiin. Jazakillah khoir, Pak Sektum. Barakallah.

10 Jul

Allah mengabulkan doa kita semua Bunda.

09 Jul
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Jazakillah khoir, Bu Guru. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

10 Jul
search