Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
SERUNYA  TGT  ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) PECAHKAN  KEBOSANAN

SERUNYA TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) PECAHKAN KEBOSANAN

Mengajar di jam terakhir butuh strategi khusus agar siswa yang memang sudah lelah dan mulai bosan dapat dibangkitkan lagi semangatnya. TGT (Teams Games Tournament) satu dari model pembelajaran yang aku terapkan di jam terakhir kali ini. Namun TGT yang kugunakan sudah kuramu dan kusederhanakan sedemikian rupa. Tujuan utamaku adalah menciptakan suasana belajar yang santai dengan kerja sama yang tinggi dan memacu rasa kompetitif antar kelompok.

Hari ini materi pelajaran di kelas X IPA2 adalah Klassifikasi Tumbuhan ANGIOSPERMAE. Didalam mata pelajaran Biologi materi klassifikasi terasa membosankan karena berisi nama-nama mahluk hidup tambah lagi dalam bahasa Latin pula. Itulah sebabnya aku memilih model pembelajaran TGT ini . Adapun sintaknya sebagai berikut :

1. Pembagian kelompok siswa.

Jumlah siswa di kelas X IPA2 ini adalah 36 orang. Aku membagi mereka dalam 6 kelompok .

2. ( Pada pertemuan sebelumnya aku sudah menugaskan mereka untuk membuat kartu-kartu yang berisi nama-nama kelompok tumbuhan dan juga nama-nama species anggota dari tiap kelompok. Misalnya kartu berwarna merah bertuliskan nama Famili dari tumbuhan Angiospermae sedangkan yang berwarna hijau berisi nama species tumbuhan). Kartu-kartu ini kukumpulkan di awal pertemuan dan ini juga bisa kita gunakan untuk salah satu penilaian pada tugas mereka.

1. Kemudian 6 meja di jajarkan di depan kelas dan anggota kelompok berbaris di depan mejanya masing-masing. Usahakan ada jarak antara barisan kelompok siswa dengan meja sehingga tampak ada keteraturan ketika siswa maju satu per satu secara bergantian.

2. Di atas meja-meja tersebut sudah kususun kartu-kartu yang mereka buat tadi secara acak.

3. Berikutnya secara bergantian siswa dari masing-masing kelompok maju ke depan untuk mencari pasangan kartu yang benar. (Waktu ditentukan). Sampai kartu habis.

4. Penilaian diperoleh dengan menghitung pasangan kartu yang benar.

5. Umumkan perolehan tiap-tiap kelompok sehingga menimbulkan rasa kompetisi yang sehat dan memacu kerja sama yang baik sesama anggota kelompok.

6. Begitu seterusnya , bisa kita lanjutkan dengan kartu-kartu yang lain yang berisi ciri-ciri morfologi , cara reproduksi, ataupun manfaat tumbuh-tumbuhan tersebut bagi kehidupan manusia. Wallahu a’lam bishshowab.

Rumahku, Inovasi tiada henti , 12 Februari 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren Bu, sangat menginspirasi Lanjut..

13 Feb
Balas

Alhamdulillah....Terimakasih Bunda. Baarokallah.....

13 Feb

Hebat Bunda, sesuatu banget .....

13 Feb
Balas

Alhamdulillah....terimkasih Pak. Baarokallah....

13 Feb

Ide bagus bu sangat efektif ya sepertinya

13 Feb
Balas

Alhamdulillah...,terimakasih Bunda. Iya Bund..., Insyaa Allah efektif. Baarokallah....Bunda.

13 Feb

Betul2 kreatif. Pantas saja disukai murid.

13 Feb
Balas

Alhamdulillah...terimakasih banyak Pak Edi.Baarokallah....Pak.

13 Feb

inspiratif bun, bisa dicontoh nih. trimakasih bunda. anak-anak pasti senang.

13 Feb
Balas

Alhamdulillah...iya Bunda. Terimakasih kembali. Baarokallah...Bund.

13 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali