Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Tanaman Sukulen dan Kaktus Solusi bagi Pemilik Lahan dan Waktu yang Sempit
Tanaman Sukulen (Sumber: ilmubudidaya.com)

Tanaman Sukulen dan Kaktus Solusi bagi Pemilik Lahan dan Waktu yang Sempit

Jangan pernah sekalipun menapikan kehadiran tumbuhan di lingkungan kita. Sekecil apapun tumbuhan, kehadirannya sebagai pemasok oksigen sangat penting bagi kehidupan. Karena di dalam klorofil yang ada padanya berlangsung proses fotosintesis yang akan menghasilkan oksigen bagi mahluk hidup di sekitarnya. Teori ini kiranya telah dipahami. Namun dalam praktiknya, masih banyak orang yang tetap saja tidak menunjukkan sikap bersahabat pada tumbuhan.

Bukan tidak banyak tumbuhan di tepi jalan ataupun taman-taman kota yang mengalami nasib tragis karena kurangnya kesadaran warga kota untuk menjaga dan merawatnya. Ntahlah karena ini sebagai indikasi rendahnya pengetahuan masyarakat atau kesadaran untuk memelihara lingkungan yang sangat minim sekali jika tidak mau dikatakan tidak peduli.

Bagi pemilik lahan sempit (seperti diriku) dan juga kegiatan yang padat merayap, tidak menghalangi untuk tetap bisa memiliki tumbuhan yang selain berfungsi sebagai pemasok oksigen tetapi juga punya nilai estetika yang tinggi. Untuk itu diperlukan kecermatan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi di atas.

Kemajuan teknologi, menjanjikan kemudahan-kemudahan pada kita untuk memperoleh informasi apapun yang kita butuhkan. Termasuk memilih jenis tanaman yang sesuai dengan syarat-syarat hidup yang tersedia di tempat kita.

Sukulen dan kaktus menjadi pilihan terbaik bagi kondisi lahan sempit dan waktu yang sempit pula. Sukulen sebenarnya bukanlah nama dari species tanaman tetapi suatu keadaan tanaman yang memiliki beberapa bagian yang lebih dari biasanya menebal dan berdaging untuk menahan air di iklim kering. Secara fisik sukulen memiliki kelopak seperti daun. Sementara kaktus adalah tanaman yang mengganti jaringan daun dengan duri untuk mengurangi penguapan air. Jadi semua kaktus adalah sukulen . namun tidak semua sukulen adalah kaktus.

Lantas mengapa sukulen dan kaktus menjadi pilihan bagi pemilik lahan dan waktu yang sempit? Tidak lain disebabkan karena jenisnya yang sangat beraneka ragam dengan ukuran yang imut-imut. Tidak memerlukan lahan yang luas, hanya ditempatkan di wadah-wadah yang unik maka keindahan sukulen dan kaktus dapat dinikmati. Selain itu jika tidak sempat menyiramnya, tidak jadi masalah. Karena tanaman ini hanya butuh penyiraman seminggu sekali.

Silahkan mencoba menanamnya dengan media yang gampang didapatkan yaitu sekam padi, pupuk kandang dan pasir yang dicampur rata. Bibitnya pun mudah didapatkan dengan rentangan harga yang murah dan bisa kita peroleh pada nursery ataupun secara online.

Hal lain yang perlu diingat, sukulen merupakan tumbuhan yang memerlukan intensitas cahaya yang tinggi. Tapi bukan berarti harus di tempat yang langsung terkena paparan sinar matahari. Sebaiknya ditempatkan pada tempat yang terang namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Manjakan mata dan pikiran yang lelah setelah rutinitas kerja yang padat dengan menikmati keindahannya. Disamping itu, paru-paru pun memperoleh pasokan oksigen pula darinya.

Akupun sedang beralih pada jenis tanaman ini setelah kulihat tanaman Aglonemaku merana karena intensitas penyiraman yang kurang. Sesungguhnya semua jenis tanaman akan memancarkan keindahan yang didamba jika kita memberikan perlakuan yang sesuai baginya.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisicintalingkungan#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 28 November 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Segala jenis tanaman akan memancarkan keindahan yang didamba, jika kita memberikan perlakuan yang sesuai baginya. Perlakuan sesuailah yang membuatnya indah, tak kurang tak lebih. Keterbatasan lahan tak selamanya munculkan putus asa untuk sumbangsih paru-paru dunia, tetapi justru terpacu kreativitas dalam pemanfaatan lahan yang ada. Penataan beberapa jenis bunga dalam satu pot sungguh luar biasa, karena lazimnya hanya satu jenis bunga. Insya Allah sedang mencoba bertanam bunga, tetapi mempertimbangkan seluruh anggota keluarga adalah para Pandawa dengan Dewi Drupadi seorang diri, maka yang dipilih adalah tanaman hijau rimbun berbunga putih. Terimakasih Ibu..., ditunggu karya-karya hebat berikutnya.

28 Nov
Balas

Cantiknya Dewi Drupadi dikelilingi Pandawa sang ksatrya hati. Menawan indah di antara rimbunan hijau berbunga putih. Meneduhkan mata dan menentramkan hati. Melegakan paru-paru sebagai alat respirasi. Jazakillah khoir, bu guru telah berkunjung di sini. Semoga sehat dan sukses selalu. Barfkallah.

29 Nov

Subhanallah bunda, indah sekali. Perlu dicoba nih untuk saya yang malas menyiram tanaman. Terima kasih tipsnya bunda.

29 Nov
Balas

Monggo dicoba, bunda. Terutama bagi yang sudah membuat pengakuan "malas nyiram"...hehehe. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

29 Nov

cantiiiiiknya Bundaaa.....saya juga memiliki lahan yang sempit, bahkan tidak punya halaman, bisa dicoba nih....makasih tips dan inspirasinya Bunda Rai...semangat pagi, salam sehat dan sukses...Barakallah

29 Nov
Balas

Yuk, kita coba, bunda. Saya pun sedang falling in love dengan sukulen. Semoga berhasil. Jazakillah khoir untuk kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

29 Nov

Owh. Ternyata cantik dan indah yah, di rumah yg ada pohon mangga, jadi gak usah siram siram, hehehe. Teruntai doa utk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kk diberi kesehatan dan barakallah

29 Nov
Balas

Alhamdulillah, jika ada pohon mangga berarti pemasok oksigennya besar. Harus dijaga tu kelangsungan hidup pohon mangganya. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah,deq.

29 Nov

Aaah...saya jadi pingiiiin Bunda.....

29 Nov
Balas

Kalau pingin, yuk kita tanam rame-rame. Jazakillah khoir untuk kunjungan bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

29 Nov

Tanaman imut-imut menarik, bun. Tanaman memberi oksigen pada kita, lebih menyejukkan mata dan rasa.Para ibu biasanya suka tanaman bunga, dipetik saja tdk boleh kasihan bunganya. Mksh,bun katkusnya. Barakallah...

29 Nov
Balas

Betul, bunda Fila. Para ibu memang suka bunga apalagi bunga deposito...eiiitttss... salah...ya. Imut dan indah dipandang mata serta menyegarkan paru-paru pula. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

29 Nov

Subhanallah.. cantik bunda... salut untuk bunda

29 Nov
Balas

Subhanallah, memang cantik bunda. Tapi, saya juga baru coba lho, bun. Jazakillah khoir untuk kunjungan bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

29 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali