Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Tayo Bis Kecil Ramah sang Idola Baru
Sumber: Amazon.com

Tayo Bis Kecil Ramah sang Idola Baru

“Hai…Tayo…hai…Tayo. dia bis kecil ramah…..” lagu yang terdengar sangat riang dan gembira di tengah “fakirnya” Indonesia akan lagu anak-anak. Aku sangat akrab dengan lagu ini. Pasalnya, kedua cucuku sering menyanyikannya.

Tapi ternyata tidak balita saja yang menyenangi si Tayo bus kecil ramah ini. Di sekolah, aku juga sering mendengar siswa-siswaku yang notabene SMA juga menyanyikan lagu ini. Pun, pernah beberapa guru juga terciduk sedang menyanyikan lagu ini.

Awalnya, aku gak “ngeh” dengan si Tayo ini. Hingga suatu hari anakku membeli selop berkarakter Tayo untuk cucuku. “Tayo ini apa sih,” tanyaku saat itu. “Owalaa, uthi gak gaul banget. Tayo itu bis lho, thi, ada filmnya,” anakku menjelaskan.

Aku masih belum mudeng juga tentang si Tayo ini, “Jadi, kalau bis kenapa rupanya?” pikirku. Sementara semakin hari benda-benda yang menampilkan karakter Tayo semakin banyak saja. Baju, selop, tas, termos, sungguh cermat pedagang-pedagang kita ini membaca pangsa pasar.

Hal ini membuatku jadi ingin kenal dengan Tayo . Dalam pikiranku, idola bagi anak-anak haruslah mencontohkan karakter yang baik. Akhirnya aku pun mencari tahu siapa Tayo ini sebenarnya.

Hasil pencarian menunjukkan bahwa ternyata Tayo berasal dari luar negeri. Tayo the little bus adalah serial animasi Korea Selatan yang diproduksi oleh Iconix Entertainment dan Educational Broadcasting System. Film anak-anak bergenre komedi dengan bahasa asli Korea yang kemudian sudah didubbing dalam bahasa Inggris, Rusia, Turki, Spanyol dan Indonesia.

Dalam film ini menampilkan empat karakter bus yaitu :

Ø Tayo (Bus 120, biru) adalah bus yang ceria dan kadang-kadang nakal.

Ø Rogi (Bus 1000, hijau) adalah sahabat Tayo meskipun keduanya sering terlibat konflik. Lucu dan nakal sendiri. Rogi juga memiliki minat dalam pekerjaan detektif.

Ø Lani (Bus 02, kuning). Dia ceria dan baik.Ia kerap sebagai mediator antara Tayo dan Rogi.

Ø Gani (Bus 1339, merah) yang pekerja keras, ramah tamah dan pemalu. (https://id.m.wikipedia.org)

Hampir keseluruhan karakter di film ini bercerita tentang berbagai jenis mobil (taksi, ambulace, pemadam kebakaran, truk, pick up, dan sebagainya) dengan fungsinya masing-masing dalam kehidupan masyarakat Korea Selatan. Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat terutama anak-anak dapat mengenal berbagai jenis kendaraan ini dan menempatkan pada funsinya masing-masing.

Karakter bus dalam film ini akhirnya menginspirasi pemerintah Metropolitan Seoul pada tahun 2014 untuk merancang bus sebagai karakter Tayo, Gani, Rogi dan Lani. Hal ini dilakukan sebagai inisiatif untuk mengajak anak-anak bagaimana menggunakan bus. Program ini sukses besar.

Mengetahui hal ini, rasa penasaranku pun semakin bertambah-tambah jadinya. Akhirnya, aku pun bertayo ria (nonton Tayo). Beberapa episode yang kusaksikan berisi pesan bagaimana berlalu lintas dengan baik. Semoga Tayo sang idola baru ini, mampu mengajarkan anak-anak kita untuk mengetahui bagaimana pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dengan baik dan benar.

Namun demikian, mendampingin anak-anak ketika menonton merupakan satu hal yang sangat bijak. Apalagi jika tontonan itu bersal dari luar yang bisa jadi menampilkan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan yang kita miliki. Maka jika itu terjadi, kita bisa memberi penjelasan pada mereka.

Hai tayo…hai tayo…, dia bis kecil ramah. Melaju…melambat…Tayo selalu senang….”

Wallahu a’lam bishowab

#edisibacalingkungan#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, Awal November 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah ..maju terus Ibu, ditunggu selalu tulisannya yang menginspirasi

02 Nov
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir bu guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bu guru.

03 Nov

Sangat informatif bunda, coba kartun Indonesia muncul yang memiliki nilai pembelajaran/karakter positif. Semoga ibu sehat dan sukses selalu dalam segala aktivitasnya. Barakallah.

01 Nov
Balas

Semoga kartun Indonesia bisa mengambil contoh yang baik dari Tayo. Jazakallah khoir atensinya, pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

01 Nov

Hasna suka sekali nonton Tayo, Uthi. Sandal, baju bahkan bukunya juga minta yang gambar Tayo. Uthi memang luar biasa, saya sudah kenal Tayo lama tapi tidak terpikir untuk ditulis.Barakallah bunda

01 Nov
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir. Assyyiiik...nonton Tayo. Sun sayang buat Hasna dari uthi di Medan. Hai...Tayo...hai...tayo. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

01 Nov

Aku kehabisan kata, tp untaian doa selalu untuk kakak semoga Allah limpahkan rahmatNya utk kk dan barakallah.

01 Nov
Balas

Alhamdulillah, jazakillah khoir kunjungan dan doanya. Jangan kehabisan kata deq, nanti kita gak bisa cerita-cerita lagi dong. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deqquuu.

01 Nov

Mantabs Bunda Rai .. Melalui tulisan Bunda, saya jadi mengetahui karakter masing masing busnya. Selama ini hanya TAYO saja. Sukses dan Barokallah ya Buun ..

01 Nov
Balas

Penggemar Tayo juga rupanya, ya bunda. Jazakillah khoir kunjungannya. Salam sehat dan sukses selalu . Barakallah, bunda.

01 Nov

Tayo... Rogi... Gani.. .Lani.. Indahnya hari ini mari bergembiraaa...

01 Nov
Balas

Hai...Tayo...hai tayo...dia bis kecil ramah. Hehehe...jazakillah khoir bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

01 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali