Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Ternyata di Hari Sabtu 11 Agustus 2018 Terjadi Gerhana Matahari
Gambar: Gerhana matahari parsial. Sumber: tribunnews.com

Ternyata di Hari Sabtu 11 Agustus 2018 Terjadi Gerhana Matahari

Semua yang ada di langit dan di bumi menggambarkan betapa maha besar dan maha kuasanya Allah SWT. Bumi dengan segala isinya, gunung, laut dan sungai serta berbagai biosfer yang ada di atasnya, membuktikan betapa sang maha karya menciptakan alam ini dengan tiada kesulitan apapun. Baginya tidak ada yang mustahil.

Demikian pula langit yang dipenuhi oleh benda-benda langit berupa planet-planet yang tersusun dan beredar sesuai orbitnya masing-masing. Selain berputar pada sumbunya, planet-planet dengan setianya pun terus beredar mengedari mentari dengan arah yang tiada berganti. Sampai kapan? Sampai sang maha pencipta berkehendak untuk menghacurkannya pada hari kiamat kelak.

Dengan pergerakan yang dilakukan oleh benda-benda langit tersebut, pada suatu saat mereka akan berjajar pada satu garis yang sama. Jika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebahagian atau seluruh cahaya matahari, maka terjadilah gerhana matahari. Sementara itu gerhana bulan terjadi apabila posisi bumi berada diantara matahari dan bulan.

Selain gerhana bulan yang terjadi pada tanggal 31 Januari dan 28 juli 2018 lalu, ternyata tahun ini juga terjadi gerhana matahari. Yang pertama pada 15 Pebruari dan yang kedua pada 13 juli 2018 lalu. Gerhana matahari yang ketiga dan terakhir di tahun ini terjadi pada hari Sabtu 11 Agustus 2018. Namun gerhana yang terjadi merupakan gerhana matahari partial(sebahagian) dan tidak semua negara dapat menyaksikannya.

Bagi kita manusia, fenomena-fenomena alam yang terjadi tentunya dapat dijadikan sebagai petunjuk bahwa betapa maha kuasanya Allah SWT. Dengan demikian semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepadaNya.

Merujuk pada ayat ini, Allah SWT menjelaskan pada kita bahwa matahari dan bulan terus beredar pada orbitnya karena tunduk dan patuh kepada Allah. Apatah lagi kita manusia yang diciptakan Allah dengan sebaik-baik bentuk. Manusia merupakan mahluk ciptaan Allah yang paling tinggi derajatnya. Maka seharusnyalah, manusia selalu tunduk dan patuh kepadaNYa.

Gerhana matahari sebahagian yang terjadi pada Sabtu 11 Agustus 2018 ini, hanya dapat terlihat dari Rusia, Kanada, Greenland, Norwegia, Svalbard, Jan Mayen, Mongolia dan Tiongkok. Wilayah terbaik untuk mengamati gerhana parsial ini adalah Rusia bagian utara. Gerhana matahari partial ini berlangsung sekitar pukul 13.40 WIB dan akan berakhir pada pukul 19.38 WIB.

Sejatinya, semua fenomena alam yang kita saksikan akan menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Wallahu a’lam bishawab

Dikumpulkan dari berbagai sumber.

#edisibelajarmembacasekitar#

Rumahku, Menggapai Mardhatillah, 11 Agustus 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali