Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Virus Literasi Menyebar dari Lembah DIM
CEO Mohammad Ihsan dalam Pelatihan Sagusabu dan Sasisabu di Lembah DIM ( Dokpri)

Virus Literasi Menyebar dari Lembah DIM

Selama dua hari ini, 25-26 Juni 2019 Perguruan Darul Ilmi Murni (DIM) Medan menjadi tempat yang penuh keberkahan karena dari sana disebar virus-virus literasi. Orang Medan sering menyebut tempat ini dengan Lembah DIM. Karena memang jika kita masuk ke lokasi tersebut, semua gedung berada di bawah (lembah).

Didukung oleh Ikatan Pendidik Penulis Sumatera Utara (IPPSU), ep Production, dan tentunya Perguruan Darul Ilmi Murni Medan, program pelatihan menulis buku sagusabu dan sasisabu pun digelar. Tujuannya untuk menyebar virus-virus literasi sehingga banyak yang terjangkiti.

Kenapa literasi menjadi satu hal yang sangat penting? Mari kita jawab dengan mengacu pada defenisi literasi itu sendiri.

National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai “kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.” Dari defenisi ini, kita bisa memastikan bahwa seluruh sisi kehidupan manusia tak bisa terlepas dari jerat literasi. Bahkan tingkat peradaban suatu negeri berbanding lurus dengan budaya literasi masyarakatnya.

Semoga pelatihan menulis sagusabu dan sasisabu di Lembah DIM ini, akan mampu sebarkan virus-virus literasi ke seluruh daerah Sumatra Utara.

Hal ini diyakini karena daerah asal peserta meliputi hampir seluruh daerah kabupaten dan kota di Sumatra Utara. Dari mulai kota Medan sebagai tuan rumah, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Asahan, Tanjung Balai , Pematang Siantar, Labuhan Batu, hingga Tapanuli Tengah. Dengan demikian nantinya mereka akan menjadi duta bagi pengembangan literasi di daerahnya masing-masing.

Wallahu a’lam bishowab.

#edisisagusasisabudimsumut2019#

Lembah DIM, 25 Juni 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sukses dengan acara sagusabu dan sasusabunya bunda Rai. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

25 Jun
Balas

Aamiin ya robbal alaamiin. Mencoba melestarikan semangat literasi dengan berkumpul bersama teman-teman guru penulis, Pak Mulya. Jazakallah khoir untuk kunjungan dan doanya. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

25 Jun

Mantaps kali Medan nih, bisa ditelikung Bekasi nih. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

25 Jun
Balas

Bekasi ruaarrrr biasahhh. Medan mulai bangkit. Saling menyemangati. Jazakillah khoir untuk kunjungan dan doanya, Deq. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

25 Jun
search